Comscore Tracker

Sebelum Werner, 6 Pemain Asal Jerman ini Pernah Bermain di Chelsea

Satu di antaranya merupakan legenda timnas Jerman

Belum lama ini, pemain RB Leipzig, Timo Werner, akhirnya memutuskan bergabung bersama Chelsea dengan nilai mahar sebesar 53 juta poundsterling atau setara dengan Rp940,5 miliar menjelang bursa transfer musim panas ini. Dengan hasil ini, Chelsea berhasil mengalahkan Liverpool dalam perburuan Werner kali ini.

Sebelum Werner, ternyata sudah ada 6 pemain asal Jerman terlebih dahulu yang pernah bermain untuk Chelsea. Berikut daftar 6 pemain asal Jerman yang dimaksud.

1. Sebastian Kneissl

Sebelum Werner, 6 Pemain Asal Jerman ini Pernah Bermain di Chelseatwitter.com/sportpsychos

Pemain pertama asal Jerman yang bergabung bersama Chelsea adalah Sebastian Kneissl. Namanya mungkin tidak sepopuler Timo Werner, akan tetapi pernah direkrut Chelsea pada tahun 2000 saat usianya masih 17 tahun dari Eintracht Frankfurt. Sayangnya, di Chelsea tidak pernah diberikan kesempatan sama sekali bermain di pertandingan resmi hingga pada akhirnya beberapa kali dipinjamkan ke 2 klub Eropa lainnya, seperti Dundee (Skotlandia) dan KVC Westerlo (Belgia).

Pada akhirnya, Kneissl memutuskan hengkang dari Chelsea pada tahun 2005 lalu dengan bermain untuk klub Jerman, SV Wacker Burghausen. Pada akhir musim 2015/2016, Kneissl memutuskan gantung sepatu setelah bermain untuk klub terakhirnya di Jerman, SV Heimstetten II.

2. Robert Huth

Sebelum Werner, 6 Pemain Asal Jerman ini Pernah Bermain di Chelseatwitter.com/IJF_Academy

Robert Huth pernah bermain untuk Chelsea di awal kariernya sejak musim 2003/2004 hingga 2006/2007. Bersama Chelsea, Huth bermain sebanyak 62 kali dengan 2 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi. Meski berasal dari Jerman, uniknya Huth tidak pernah sekalipun bermain di kompetisi Bundesliga sepanjang kariernya dan seluruhnya bermain untuk klub-klub Inggris, seperti Chelsea, Middlesbrough, Stoke City, dan Leicester City. 

Bersama Chelsea, Huth pernah membawa 2 gelar Premier League, 1 gelar Carabao Cup, dan 1 gelar Community Shield. Sebuah prestasi yang paling mencengangkan sepanjang kariernya selepas dari Chelsea yakni keberhasilan membawa Leicester City meraih gelar Premier League pada musim 2015/2016 lalu. Kini, Huth telah pensiun sebagai pesepak bola pada awal tahun 2018 lalu.

3. Michael Ballack

Sebelum Werner, 6 Pemain Asal Jerman ini Pernah Bermain di Chelseatwitter.com/Ballack

Salah satu legenda yang dimiliki timnas Jerman, Michael Ballack, pernah bermain di Chelsea setelah didatangkan dari Bayern Munich pada musim 2006/2007 hingga 2009/2010. Bersama Chelsea, Ballack pernah menorehkan berbagai prestasi penting seperti 1 gelar Premier League, 3 gelar FA Cup, 1 gelar Carabao Cup, dan 1 gelar Community Shield. Pada tahun 2012 lalu, Ballack memutuskan gantung sepatu setelah bermain di klub terakhirnya, Bayer Leverkusen.

Baca Juga: 6 Pemain Jerman Terbaik yang Berkarier di Premier League

4. Marko Marin

Sebelum Werner, 6 Pemain Asal Jerman ini Pernah Bermain di Chelseatwitter.com/UEFAcom_de

Pemain asal Jerman lainnya, Marko Marin, pernah bermain untuk Chelsea dan hanya bertahan selama semusim saja, yakni musim 2012/2013. Ketika itu, Marin digadang-gadang sebagai salah satu calon pemain bintang timnas Jerman. Sayangnya, Marin justru kurang diberikan kesempatan bermain di Chelsea dan hanya bermain sebanyak 16 kali dengan 1 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi.

Meski jarang dimainkan, Marin pernah berhasil membawa Chelsea meraih gelar UEFA Europa League di musim yang sama. Kini, Marin masih aktif bermain dan sedang membela klub asal Arab Saudi, Al-Ahli.

5. Andre Schurrle

Sebelum Werner, 6 Pemain Asal Jerman ini Pernah Bermain di Chelseatwitter.com/Andre_Schuerrle

Pemain timnas Jerman, Andre Schurrle, pernah berseragam Chelsea selama 2 musim, yakni sejak 2013/2014 hingga 2014/2015. Selama di Chelsea, Schurrle ternyata lebih sering dimainkan di Chelsea di berbagai pertandingan resmi dan telah tampil sebanyak 65 kali dan 14 gol di seluruh kompetisi resmi. Bersama Chelsea, Schurrle hanya berhasil membawa 1 gelar saja yakni Premier League di musim 2014/2015.

Kini, Schurrle bermain untuk klub Rusia, Spartak Moskow, dan baru bergabung pada awal musim 2019/2020 lalu.

6. Antonio Rudiger

Sebelum Werner, 6 Pemain Asal Jerman ini Pernah Bermain di Chelseatwitter.com/ToniRuediger

Pemain asal Jerman yang masih aktif bermain di Chelsea, Antonio Rudiger, telah bergabung sejak musim 2017/2018 setelah didatangkan dari klub Italia, AS Roma. Bersama Chelsea, Rudiger berhasil memperoleh kepercayaan dari 3 pelatih sekaligus, yakni Antonio Conte, Maurizio Sarri, dan kini Frank Lampard. Di musim ini, Rudiger telah dimainkan sebanyak 16 kali dengan 2 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi.

Secara keseluruhan, Rudiger telah bermain sebanyak 105 kali dengan 6 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi selama membela Chelsea. Rudiger pernah membawa Chelsea meraih 1 gelar FA Cup dan 1 gelar UEFA Europa League.

Itulah daftar 6 pemain asal Jerman yang telah bergabung bersama Chelsea terlebih dahulu. Akankah Werner mampu melewati pencapaian terbaik rekan-rekan terdahulunya bersama Chelsea di musim berikutnya?

Baca Juga: 4 Pemain Jerman & Meksiko yang Bermain di Liga Inggris, Siapa Unggul?

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya