Dikabarkan Gantikan Wenger, Arteta Dulang Dukungan dari Pep Guardiola

Ia pernah bermain untuk Arsenal saat masih menjadi pemain

Asisten pelatih Manchester City, Mikel Arteta, dikabarkan menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan posisi Arsene Wenger yang memutuskan mundur dari Arsenal pada akhir musim ini. Di sisi lain, Pep Guardiola yang merupakan pelatih Manchester City memberikan dukungan kepada Arteta. Bagaimana awal ceritanya?

1. Jabatan asisten Pep Guardiola menjadi alasan kuat bagi Arsenal

Dikabarkan Gantikan Wenger, Arteta Dulang Dukungan dari Pep Guardiolatwitter.com/IndyFootball

Dilansir dari Independent.co.uk, bersama Manchester City, Arteta baru saja membuat rekor dengan menjadikan Manchester City sebagai tim pertama yang berhasil meraih 100 poin di akhir musim. Keberhasilan ini sendiri tak terlepas dari Arteta serta Pep Guardiola yang saling bekerja sama dalam membuat strategi terbaru di tiap pertandingan. Arsenal sendiri memang sedang mengincar mantan pemain mereka untuk menggantikan posisi Wenger yang memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Arsenal.

Kepala eksekutif Arsenal, Ivan Gazidis, merupakan pengagum besar dari Arteta dan ingin sekali mendatangkannya sebagai pelatih. Namun demikian, Pep Guardiola tidak mau menghalangi keinginan Arteta jika benar-benar tertarik mengambil tawaran sebagai pelatih Arsenal. "Kami bekerja sama dengan sangat baik, semua staf, termasuk dengan Mikel. Jadi jika dia tetap bertahan, aku akan menjadi pria paling bahagia di dunia. Jika dia tetap ingin pindah, saya tidak akan mengatakan kepadanya bahwa anda tidak harus pergi (anda tidak boleh pergi)," ungkap Guardiola seperti yang dikutip dari Independent.co.uk.

2. Arteta sudah pernah menjadi bagian dari Arsenal

Dikabarkan Gantikan Wenger, Arteta Dulang Dukungan dari Pep Guardiolatwitter.com/ChekiOdds

Nama Arteta tidaklah asing bagi Arsenal. Ia pernah berseragam Arsenal selama 5 musim beruntun, yakni sejak musim 2011/2012 hingga pensiun pada musim 2015/2016. Dan yang pasti Arteta sudah memahami betul apa yang harus diperbaiki di Arsenal. Bersama Arsenal sendiri, Arteta pernah membawa pulang gelar Piala Inggris sebanyak 2 kali dan Piala Community Shield sebanyak 2 kali. Selama sebagai pemain Arsenal, total penampilan Arteta sendiri mencapai sebanyak 209 kali dengan 34 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi.

3. Ada beberapa kandidat lain selain Arteta

Dikabarkan Gantikan Wenger, Arteta Dulang Dukungan dari Pep Guardiolatwitter.com/Hots_Arrival

Beberapa kandidat yang bakal menjadi pelatih Arsenal berikutnya selain Arteta adalah Luis Enrique, Carlo Ancelotti, bahkan mantan pemain Arsenal lainnya, Patrick Vieira. Namun, baik Luis Enrique dan Carlo Ancelotti sama-sama ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi di Arsenal. Namun, sampai saat ini belum diketahui siapa yang layak melatih Arsenal di beberapa musim mendatang.

Pengalaman sebagai asisten Pep Guardiola menjadi keberkahan sendiri bagi Arteta serta Arsenal. Bisa jadi, jika Arteta menerima tawaran tersebut, bukan tak mungkin Arteta menerapkan pola permainan seperti yang dilakukan oleh Manchester City di musim 2017/2018.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya