Comscore Tracker

Tampil Starter, Haaland Bawa Dortmund Menang atas PSG dengan Skor 2-1

Meski menang, Dortmund masih belum aman pada leg kedua

Klub Jerman, Borussia Dortmund, berhasil mengalahkan klub Prancis, Paris Saint Germain, di hadapan pendukungnya sendiri dengan skor akhir 2-1. Meski menang di leg pertama membuat posisi Borussia Dortmund masih belum aman untuk lolos ke babak perempat final. Bagaimana jalannya laga berlangsung?

1. Kedua tim mengakhiri babak pertama dengan skor imbang tanpa gol

Tampil Starter, Haaland Bawa Dortmund Menang atas PSG dengan Skor 2-1psg.fr

Dilansir dari goal.com, laga kedua tim ini berlangsung sengit sejak babak pertama dimulai. Beberapa peluang yang diciptakan baik Borussia Dortmund maupun Paris Saint Germain ke wilayah pertahanan lawan masih belum membuahkan hasil. Pemain Borussia Dortmund, Erling Haaland, membuat peluang emas di menit ke-35 usai mendapatkan operan dari Emre Can melalui tendangannya dan gagal mengkonversikan menjadi gol saat itu.

Usai peluang tersebut, tak ada lagi peluang emas yang diciptakan oleh kedua tim hingga babak pertama berakhir dan skor 0-0 menutup babak pertama.

2. Seluruh gol tercipta terjadi pada pertengahan babak kedua

Tampil Starter, Haaland Bawa Dortmund Menang atas PSG dengan Skor 2-1twitter.com/BlackYellow

Memasuki babak kedua, Borussia Dortmund kian tampil membaik dan terus melakukan serangan demi serangan ke gawang Paris Saint Germain. Haaland akhirnya membawa Dortmund unggul terlebih dahulu pada menit ke-69 sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Borussia Dortmund. Tak butuh waktu lama, Neymar menyamakan kedudukan di menit ke-75 setelah mendapatkan assist dari Kylian Mbappe sehingga skor menjadi 1-1 untuk kedua tim.

Haaland tampaknya benar-benar menjadi pahlawan bagi Borussia Dortmund usai golnya yang terjadi di menit ke-77 setelah mendapatkan umpan dari Gio Reyna dan Borussia Dortmund kembali unggul 2-1 atas Paris Saint Germain. Tak ada lagi gol tercipta dari kedua tim dan skor tetap 2-1 bertahan hingga babak kedua usai.

Baca Juga: Dortmund Menang Telak, Erling Haaland dan Jadon Sancho Pecahkan Rekor

3. Erling Haaland mencetak gol ke-11 untuk Borussia Dortmund

Tampil Starter, Haaland Bawa Dortmund Menang atas PSG dengan Skor 2-1twitter.com/BVB

Performa Erling Haaland di musim 2019/2020 ini merupakan performa terbaiknya sepanjang karier profesionalnya. Borussia Dortmund menjadi klub yang beruntung mendapatkan jasa Haaland setelah didatangkan dari Red Bull Salzburg, yang notabene klub ini adalah salah satu peserta di UEFA Champions League musim ini, pada bursa transfer musim dingin lalu.

Sejak bergabung pada bulan Januari 2020 lalu, setidaknya Haaland sukses mencetak 11 gol untuk Borussia Dortmund di seluruh kompetisi resmi. Di ajang Bundesliga 2019/2020, Haaland berhasil menggelontorkan 8 gol dan kini berada di urutan kedua pencetak gol terbanyak untuk Borussia Dortmund. Jika performa ini terus terjaga hingga akhir musim, bukan tak mungkin pemain berusia 19 tahun ini bisa berada di puncak top skorer untuk klubnya sendiri bahkan di kompetisi UEFA Champions League.

Sebelumnya bersama Red Bull Salzburg, Haaland berhasil cetak 8 gol di ajang ini dan total sekarang sudah mengemas 10 gol di ajang UEFA Champions League. Total gol tersebut menyamai pencapaian Robert Lewandowski yang juga berhasil cetak 10 gol di ajang yang sama sampai saat ini.

4. Ini adalah pertemuan pertama Thomas Tuchel menghadapi Borussia Dortmund

Tampil Starter, Haaland Bawa Dortmund Menang atas PSG dengan Skor 2-1twitter.com/ActuFoot_

Laga ini sendiri menjadi pertemuan pertama bagi pelatih Paris Saint Germain, Thomas Tuchel, menghadapi mantan klubnya ini di Signal Iduna Park. Seperti yang diketahui, Tuchel bergabung dengan Paris Saint Germain pada awal musim 2018/2019 lalu dan kini Tuchel harus takluk dari mantan klubnya ini di hadapan pendukung mereka. Tuchel kembali bertemu dengan Borussia Dortmund di leg kedua pada tanggal 11 Maret 2020 di stadion Parc des Princes.

Selain itu, fakta-fakta menarik lainnya yang terjadi di laga ini di antaranya.

  • Paris Saint Germain hanya menang 2 kali dari 9 laga away babak knockout UEFA Champions League, dengan rincian 1 kali hasil imbang dan 7 kali kalah.
  • Gio Reyna menjadi pemain termuda ke-2 yang berhasil mencetak assist di UEFA Champions League sepanjang sejarah saat usianya mencapai 17 tahun 97 hari. Rekor tersebut masih dipegang oleh pemain Barcelona saat itu, Bojan Krkic, di musim 2007/2008 saat menghadapi Olympique Lyon pada usia 17 tahun 91 hari.

5. Laga berikutnya bagi Borussia Dortmund dan Paris Saint Germain

Tampil Starter, Haaland Bawa Dortmund Menang atas PSG dengan Skor 2-1twitter.com/BlackYellow

Pada laga berikutnya, Borussia Dortmund dijadwalkan menghadapi Werder Bremen dalam lanjutan Bundesliga 2019/2020 pada tanggal 22 Februari 2020, sedangkan Paris Saint Germain kembali melakoni laga Ligue 1 2019/2020 dengan menghadapi Bordeaux pada tanggal 23 Februari 2020. 

Akankah di leg kedua Borussia Dortmund mempertahankan keunggulannya atau justru Paris Saint Germain yang lolos ke babak perempat final?

Baca Juga: Borussia Dortmund, Habitat Terbaik Calon Pemain Bintang Dunia

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya