Comscore Tracker

Borussia Dortmund, Habitat Terbaik Calon Pemain Bintang Dunia

Erling Haaland jadi bintang selanjutnya

Dalam urusan trofi Bundesliga, Bayern Munchen adalah jawaranya dengan raihan 29 trofi. Sedangkan Dortmund tertinggal jauh dengan delapan gelar saja. Tapi soal lahirnya pemain bintang, Dortmund adalah tempat yang tepat bagi pemain muda penuh talenta. 

Setiap musimnya, mereka selalu mampu memoles pemain penuh potensi menjadi calon bintang dunia. Alumni Dortmund pun sudah tersebar di berbagai klub top Eropa. Hal ini pun menjadikan Dortmund merupakan habitat terbaik bagi pemain berpotensi untuk menjadi bintang. 

1. Sinar Erling Haaland semakin cerah usai gabung Dortmund

Borussia Dortmund, Habitat Terbaik Calon Pemain Bintang Duniatransfermarkt.com

Erling Braut Haaland menjadi komoditas terpanas di bursa transfer Januari kemarin. Hal itu tak lepas dari performa apiknya bersama RB Salzburg di musim ini. Haaland mencetak 28 gol hanya dari 22 laga di semua ajang. Ia pun menjadi rebutan tim-tim besar seperti Manchester United, Juventus dan Barcelona.

Namun secara mengejutkan Haaland justru gabung Dortmund dengan banderol 20 juta euro. Keputusan tersebut terbukti ampuh, pada laga debutnya ia langsung mencetak hat-trick. Bahkan dalam tiga laga awalnya, Haaland telah sukses cetak tujuh gol.

Dengan perjalanan kompetisi yang masih panjang, bukan tidak mungkin rekening golnya akan semakin menggelembung bersama Dortmund.

2. Terbuang dari Man City, Jadon Sancho bertransformasi jadi winger paling berbahaya

Borussia Dortmund, Habitat Terbaik Calon Pemain Bintang Duniatwitter.com/Squawka

Gagal dapatkan tempat di skuad Manchester City, pada tahun 2017 Jadon Sancho hijrah ke Dortmund hanya dengan mahar 7,8 juta euro. Hebatnya, ia mampu beradaptasi dengan sepak bola Jerman dan semakin berkembang bersama Dortmund dalam dua musim terakhir.

Musim ini menjadi puncak performa pemain berusia 19 tahun itu. Sancho menjadi top skorer klub dengan 15 gol dari 27 laga di semua ajang. Ia pun tercatat sebagai pemberi assist terbanyak Bundesliga dengan total 12.

Sejak gabung dengan Dortmund, kini harga market sang pemain pun melambung hingga 120 juta euro.

Baca Juga: Bukan Manchester United, Erling Braut Haaland Pilih Borussia Dortmund!

3. Tim penuh pemain muda bertalenta

Borussia Dortmund, Habitat Terbaik Calon Pemain Bintang Duniagoal.com

Dortmund merupakan salah satu klub yang paling cerdas dalam urusan mendatangkan pemain. Musim ini mereka sukses datangkan deretan bintang muda penuh talenta dengan harga ekonomis. Juni lalu mereka sukses datangkan dua gelandang hebat, Thorgan Hazard (Monchengladbach) dan Julian Brandt (Bayer Leverkusen).

Sedangkan Januari kemarin Dortmund juga berhasil datangkan Erling Haaland dan Emre Can. Kondisi tim pun diimbangi oleh pemain-pemain penuh pengalaman seperti Marco Reus, Matt Hummels dan Mario Goetze.

Dengan modal tim seperti itu, bukan tak mungkin Dortmund mampu mengejutkan di Bundesliga maupun Eropa di sisa musim ini.

4. Lahirkan banyak bintang, Dortmund dapatkan keuntungan bisnis

Borussia Dortmund, Habitat Terbaik Calon Pemain Bintang Duniatwitter.com/FootTheBall

Kehebatan Dortmund dalam memoles pemain mampu berikan keuntungan besar dari sisi bisnis. Mereka mendapatkan keuntungan tinggi dari penjualan pemain ke klub lain. Berikut ini adalah lima pemain termahal yang pernah dijual Dortmund.

  • Ousmane Dembele (Barcelona) - 105 juta euro
  • Christian Pulisic (Chelsea) - 64 juta euro
  • Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) - 63,7 juta euro
  • Henrikh Mkhitaryan (MU) - 42 juta euro
  • Mario Goetze (Bayern Munchen) - 37 juta euro

Masih banyak pemain lainnya tampil hebat bersama Dortmund seperti Robert Lewandowski, Shinji Kagawa dan Ilkay Gundogan. Dari penjualan pemain-pemainnya, Dortmund dikabarkan dapatkan keuntungan kurang lebih 400 juta euro (Rp6,4 triliun)

5. Performa Dortmund musim ini

Borussia Dortmund, Habitat Terbaik Calon Pemain Bintang Duniatwitter.com/BlackYellow

Performa Dortmund musim ini bisa dibilang belum maksimal. Anak asuh Lucian Favre saat ini berada di urutan ketiga Bundesliga dengan 39 poin. Mereka hanya tertinggal tiga angka dari Bayern Munchen di puncak klasemen.

Sedangkan di ajang Liga Champions Die Schwarzgelben telah lolos ke babak 16 besar, dan akan berhadapan dengan lawan berat, PSG.

Dengan skuadnya yang dipenuhi pemain muda penuh talenta, mampukah musim ini mereka meraih gelar bergengsi?

Baca Juga: Seru! Laga Borussia Dortmund Melawan RB Leipzig Tercipta Enam Gol

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya