Eks Pemain Chelsea John Obi Mikel, Alami Pelecehan Rasisme di Turki

Kasus rasisme yang dialaminya sudah masuuk ranah pidana

Mantan pemain Chelsea, John Obi Mikel, menjadi sasaran pelecehan rasisme di Turki di media sosial oleh para pendukung Fenerbahce. Akibatnya, kasus yang dialami oleh John Obi Mikel sudah masuk ranah pidana di Turki. Bagaimana awal ceritanya?

1. Pihak klub Trabzonspor mengutuk para pelaku rasisme

Eks Pemain Chelsea John Obi Mikel, Alami Pelecehan Rasisme di Turki90min.com

Dilansir dari goal.com, John Obi Mikel mengalami kejadian tidak mengenakkan yakni pelecehan rasisme yang dilakukan oleh para pendukung Fenerbahce. Saat itu, klub yang dibelanya, Trabzonspor, berhasil menang atas Fenerbahce dengan skor akhir 2-1 pada tanggal 1 Februari 2020 lalu. Namun, para pendukung Fenerbahce melontarkan kalimat rasisme di media sosial.

Hal ini membuat geram pihak Trabzonspor untuk membawa kasus ini ke ranah pidana setempat. Tak hanya itu, Trabzonspor mengutuk para pelaku rasisme terhadap John Obi Mikel.

2. Obi Mikel memilih untuk memposting kemenangan timnya dibanding membahas masalah tersebut

Eks Pemain Chelsea John Obi Mikel, Alami Pelecehan Rasisme di Turkiajansspor.com

Di sisi lain, Obi Mikel justru memilih untuk tidak membahas pelecehan rasisme yang dialaminya ini dan justru memposting kebahagiaannya setelah membawa klubnya menang atas Fenerbahce. Di keterangan foto tertulis "Kemenangan terbaik malam ini, semangat tim yang luar biasa, terima kasih kepada para penggemar yang luar biasa."

Baca Juga: Bosan di Fenerbahce, Van Persie Angkat Koper ke Barcelona

3. Selama pertandingan, Obi Mikel sempat berselisih dengan pemain Fenerbahce

Eks Pemain Chelsea John Obi Mikel, Alami Pelecehan Rasisme di Turkihaber61.net

Pertandingan antara Trabzonspor dengan Fenerbahce dalam lanjutan Super Lig (atau Liga Turki) 2019/2020 berlangsung panas. Bahkan, Obi Mikel sempat berselisih dengan pemain Fenerbahce, Emre Belozoglu. Keduanya pun dilerai oleh banyak pemain dari masing-masing kedua tim sehingga pertandingan keduanya menjadi semakin panas. 

Seperti yang diketahui, Belozoglu merupakan sosok pemain yang kontroversial di negara asalnya dan sebelumnya juga dituduh melakukan pelecehan rasisme. Tak hanya itu saja, pemain Fenerbahce lainnya, Luiz Gustavo, diusir oleh wasit pertandingan karena adanya selisih paham dengan pemain Trabzonspor.

4. Musim ini merupakan musim pertama Obi Mikel di Trabzonspor

Eks Pemain Chelsea John Obi Mikel, Alami Pelecehan Rasisme di Turkinews1.news

Musim 2019/2020 merupakan musim pertama bagi Obi Mikel memulai petualangannya di Trabzonspor. Pemain yang kini berusia 32 tahun itu sebelumnya bermain untuk klub Inggris, Middlebsrough, selama 1 musim. Kedatangan Obi Mikel ke Trabzonspor berpengaruh besar karena saat ini, Trabzonspor masuk ke dalam persaingan gelar Super Lig musim ini dan sementara berada di peringkat ke-3 klasemen sementara. 

5. Statistik Obi Mikel bersama Trabzonspor di musim ini

Eks Pemain Chelsea John Obi Mikel, Alami Pelecehan Rasisme di Turkisoccerblitz.com.ng

Bersama Trabzonspor, Obi Mikel telah bermain sebanyak 22 kali dan 0 gol di seluruh kompetisi resmi. Sayangnya, statistik kurang baik di mana Obi Mikel sering mendapatkan kartu kuning dan total sebanyak 6 kartu kuning didapatkannya. Obi Mikel selalu mendapatkan kepercayaan menjadi starter di setiap pertandingan oleh pelatihnya, Huseiyn Cinsir.

Semoga saja kasus rasisme yang menimpa John Obi Mikel ini dapat membuat para pelaku mendapatkan efek jera agar tidak terjadi kasus serupa lagi ke depannya.

Baca Juga: Liverpool Akhirnya Minta Maaf kepada Patrice Evra Atas Kasus Rasisme

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya