Menang 4-3 atas Valencia, Atalanta Lolos ke Babak Perempat Final

Atalanta menjadi wakil Italia pertama yang berhasil lolos

Pertandingan leg kedua babak 16 besar UEFA Champions League 2019/2020 yang mempertemukan antara wakil Spanyol, Valencia, dengan wakil Italia, Atalanta, berakhir kemenangan Atalanta dengan skor akhir 4-3 sekaligus agregat 8-4.

Hasil ini membuat Atalanta menjadi wakil Italia pertama yang berhasil melaju ke babak 16 besar UEFA Champions League musim ini. Berikut jalannya pertandingan.

1. Saling mengejar di babak pertama yang berakhir keunggulan Atalanta

Menang 4-3 atas Valencia, Atalanta Lolos ke Babak Perempat Finaluefa.com

Dilansir dari goal.com, Atalanta yang datang ke markas Valencia, Mestalla, memiliki modal kemenangan leg pertama. Pertandingan kedua klub ini berlangsung sangat seru dan saling menyerang satu sama lain. Pemain Atalanta, Josip Ilicic, berhasil mencetak gol cepat pada menit ke-3 melalui titik penalti sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Atalanta.

Kevin Gameiro akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-21 sehingga skor kembali imbang 1-1 untuk kedua klub. Atalanta kembali unggul atas Valencia melalui Josip Ilicic melalui tendangan penalti kedua yang diselesaikan dengan sempurna pada menit ke-43 sehingga skor berubah menjadi 2-1 untuk Atalanta. Skor 2-1 tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

2. Josip Ilicic akhirnya berhasil membalikkan keadaan menjelang pertandingan berakhir

Menang 4-3 atas Valencia, Atalanta Lolos ke Babak Perempat Finaluefa.com

Pada babak kedua, Atalanta berusaha mempertahankan keunggulannya sejak babak kedua dimulai. Upaya mempertahankan keunggulan justru berakhir dengan gol yang dicetak oleh Kevin Gameiro pada menit ke-51 setelah mendapatkan assist dari Ferran Torres dan skor berubah menjadi 2-2 untuk kedua klub ini. Setelah berhasil mencetak assist, Ferran Torres akhirnya mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke67 setelah menerima assist dari Dani Parejo dan skor berubah menjadi 2-3 untuk Valencia.

Datang sebagai tamu, Atalanta tampaknya tak mau menyerah begitu saja. Josip Ilicic kembali membuat pertandingan imbang menjadi 3-3 setelah golnya dicetak pada menit ke-71. Kemenangan Atalanta akhirnya ditentukan oleh Josip Ilicic usai mendapatkan operan dari Remo Freuler di menit ke-82 sehingga skor berubah menjadi 4-3 untuk Atalanta. Skor tersebut tetap bertahan hingga babak kedua selesai dan hasil ini memastikan Atalanta melaju ke babak perempat final UEFA Champions League.

Baca Juga: Atalanta Menang Telak dari Valencia, Ini 5 Fakta Menariknya!

3. Ilicic tampil sangat luar biasa dengan 4 gol di pertandingan ini

Menang 4-3 atas Valencia, Atalanta Lolos ke Babak Perempat Finaluefa.com

Pemain Atalanta, Josip Ilicic, mendapatkan sorotan setelah berhasil mencetak 4 gol ke gawang Atalanta hanya dalam 1 pertandingan. Setelah memulai keunggulan Atalanta, Ilicic sukses menyelamatkan Atalanta dari kekalahan atas Valencia. Dengan perolehan 4 gol ke gawang Valencia, Ilicic sukses menyamai pencapaian Lionel Messi (musim 2009/2010 dan 2011/2012), Mario Gomez (2011/2012), dan Robert Lewandowski (2012/2013).

Tak sampai di situ saja, Ilicic di musim ini berhasil mencetak 5 gol di ajang UEFA Champions League dan tak menutup kemungkinan bisa bergabung dengan daftar pencetak gol terbanyak di musim ini. Uniknya, seluruh gol yang dicetaknya terjadi saat menghadapi Valencia di leg pertama dan leg kedua babak 16 besar.

4. Atalanta mengikuti jejak Leicester City

Menang 4-3 atas Valencia, Atalanta Lolos ke Babak Perempat Finaluefa.com

Sebagai debutan di ajang UEFA Champions League, Atalanta berhasil mengikuti jejak Leicester City, yang berstatus sebagai debutan di musim 2016/2017. Namun, Leicester City harus terhenti di babak perempat final UEFA Champions League 2016/2017 setelah dikalahkan oleh wakil Spanyol, Atletico Madrid. Sampai saat ini, Leicester masih belum tampil kembali di ajang ini.

Di babak perempat final, Atalanta tentunya mendapatkan lawan yang lebih berat dibandingkan di babak sebelumnya serta tak menutup kemungkinan Atalanta bisa mencapai babak puncak UEFA Champions League musim ini.

5. Lawan yang dihadapi Atalanta dan Valencia pada pertandingan berikutnya

Menang 4-3 atas Valencia, Atalanta Lolos ke Babak Perempat Finaluefa.com

Setelah pertandingan ini, Atalanta beristirahat selama beberapa pekan karena kompetisi Serie A  2019/2020 berhenti hingga awal April 2020. Jika kompetisi Serie A kembali bergulir, Atalanta akan bertemu Cagliari pada tanggal 4 April 2020 pada lanjutan Serie A. Untuk Valencia sendiri dijadwalkan bertemu Levante pada tanggal 14 Maret 2020 dalam lanjutan La Liga 2019/2020.

Akankah Atalanta kembali melanjutkan kejutan di UEFA Champions League musim ini?

Baca Juga: Atalanta Berhasil Melibas Valencia dengan Skor 4-1

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya