Comscore Tracker

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Ferguson

Sudah banyak sekali pemain yang pernah dilatih olehnya!

Sir Alex Ferguson dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah ada dalam dunia sepakbola. Bagaimana tidak, berbagai prestasi penting yang ditorehkan untuk Manchester United sejak tahun 1986 hingga 2013 lalu membuat Ferguson dianggap sebagai seorang guru dari beberapa pelatih saat ini.

Selama menjadi pelatih Manchester United, Ferguson tak hanya menghasilkan pemain terbaik saja bahkan ia juga menghasilkan beberapa pelatih yang sebelumnya merupakan mantan anak asuhnya sendiri. Berikut 10 mantan anak asuh Sir Alex Ferguson yang kini menjalani karier sebagai seorang pelatih.

1. Mark Hughes

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/Squawka

Mark Hughes merupakan salah satu mantan anak asuh Sir Alex Ferguson kala membela Manchester United sejak 1988/1989 hingga 1994/1995. Ternyata ini merupakan yang kedua kalinya Mark Hughes membela Manchester United, di mana Hughes juga pernah membela klub tersebut di musim 1979/1980 hingga 1985/1986 sebelum era Ferguson. Bersama Manchester United di era Ferguson, Hughes telah tampil sebanyak 352 kali dengan 116 gol di seluruh kompetisi resmi.

Setelah pensiun di akhir musim 2001/2002, Hughes memutuskan melanjutkan karier sebagai seorang pelatih dengan menangani beberapa klub seperti Blackburn Rovers (Inggris), Manchester City (Inggris), Fulham (Inggris), Queens Park Rangers (Inggris), Stoke City (Inggris), dan Southampton (Inggris). Bahkan, Hughes juga sempat menangani timnas Wales di awal kariernya sebagai pelatih. Saat ini, Hughes belum melatih klub sampai saat ini setelah dipecat dari Southampton pada akhir tahun 2018 lalu.

2. Laurent Blanc

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/Ligue1_ENG

Semasa aktif sebagai pesepakbola, Manchester United merupakan klub terakhir yang dibela Blanc saat itu. Ketika itu, Blanc baru bergabung dengan Manchester United pada musim 2001/2002 hingga 2002/2003 dengan jumlah penampilan sebanyak 75 kali dan 4 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi. Setelah pensiun sebagai pesepakbola, Blanc memutuskan melanjutkan karier sebagai pelatih.

Beberapa tim yang pernah dilatih oleh Blanc seperti Bordeuax (Perancis), timnas Perancis, dan Paris Saint-Germain (Perancis). Tak hanya itu saja, Blanc juga berhasil meraih gelar sebagai pelatih seperti 4 gelar Ligue 1, 2 gelar Coupe de France, 4 gelar Coupe de la Ligue, dan 5 gelar Trophee des Champions. Sejak tahun 2016 hingga saat ini, Blanc masih belum melatih klub atau timnas manapun.

3. Paul Ince

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/Ladbrokes

Nama selanjutnya adalah Paul Ince yang merupakan salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Manchester United. Ince telah membela Manchester United sejak musim 1989/1990 hingga 1994/1995 dan telah tampil sebanyak 281 kali dengan 28 gol yang dicetak di seluruh kompetisi resmi. Pensiun sebagai pesepakbola pada tahun 2007 lalu, Ince langsung melanjutkan karier sebagai pelatih dengan menangani klub Inggris, Macclesfield Town.

Selain klub tersebut, Ince juga menangani Milton Keynes Dons (Inggris), Blackburn Rovers (Inggris), Notts County (Inggris), dan Blackpool. Sejak tahun 2014 lalu, Ince belum pernah melatih klub manapun hingga saat ini.

4. Steve Bruce

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/NUFC

Steve Bruce pernah berada di Manchester United era kepelatihan Sir Alex Ferguson dengan bergabung sejak musim 1987/1988 hingga 1995/1996 dengan jumlah penampilan sebanyak 414 kali dan 51 gol yang dicetak di seluruh kompetisi resmi. Bruce memutuskan pensiun di akhir musim 1998/1999 dengan bermain di klub terakhir, Sheffield United.

Setelah pensiun, Bruce langsung beralih karier sebagai seorang pelatih dengan melatih beberapa klub seperti Sheffield United (Inggris), Huddersfield Town (Inggris), Wigan Athletic (Inggris), Crystal Palace (Inggris), Birmingham City (Inggris), Sunderland (Inggris), Hull City (Inggris), Aston Villa (Inggris), Sheffield Wednesday (Inggris), dan kini Newcastle United (Inggris).

Prestasi terbaik Bruce sebagai pelatih hanya meraih runner-up 2 kali di ajang Football Championship dan 1 kali di ajang FA Cup.

5. Ole Gunnar Solskjaer

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/UnitedNewsHub

Mantan penyerang Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, pernah menjadi bagian dari Manchester United sebagai pemain sejak 1996/1997 hingga 2006/2007. Secara statistik, Solskjaer telah bermain sebanyak 366 kali dengan 126 gol di seluruh kompetisi resmi. Setelah pensiun di Manchester United, Solskjaer mencoba peruntungannya sebagai seorang pelatih dengan menangani beberapa klub seperti Manchester United U-23 (Inggris), Molde FK (Norwegia), Cardiff City (Inggris), dan kini tim utama Manchester United (Inggris).

Prestasi Solskjaer sebagai seorang pelatih ditunjukkan ketika berhasil meraih 2 gelar Tippeligaen dan 1 gelar Norwegian Football Cup bersama Molde FK.

Baca Juga: 10 Pemain Terbaik yang MU Datangkan Setelah Era Sir Alex Ferguson

6. Jaap Stam

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/PaulTenorio

Mantan pesepakbola asal Belanda, Jaap Stam, sempat merasakan didikan Sir Alex Ferguson kala bermain di Manchester United sejak musim 1998/1999 hingga 2000/2001. Kala itu, Stam selalu diandalkan di lini bertahan Manchester United dan telah tampil sebanyak 127 kali dengan 1 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi. Stam sendiri pensiun sebagai pesepakbola pada akhir musim 2007/2008 dengan bermain untuk klub Belanda, Ajax Amsterdam.

Sebagai pelatih usai pensiun, Stam pernah melatih beberapa klub seperti Zwolle (Belanda), Jong Ajax (Belanda), Reading (Inggris), Feyenoord (Belanda), dan kini FC Cincinnati (Amerika Serikat).

7. Ryan Giggs

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/TalkReading

Sosok Ryan Giggs tak pernah terlepas dari klub yang membesarkan namanya, Manchester United. Giggs sendiri telah bermain di Manchester United sejak musim 1990/1991 hingga 2013/2014 dan semusim diantaranya, yang merupakan musim terakhir, merupakan musim pertama Giggs tanpa dilatih Ferguson karena pelatih asal Skotlandia pensiun semusim sebelumnya. Bersama Manchester United, Giggs telah tampil sebanyak 963 kali dengan 168 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi.

Saat masih aktif sebagai pemain, Giggs sempat mengambil alih sebagai pelatih interim Manchester United menggantikan posisi David Moyes yang sudah dipecat sebelumnya, namun hanya bertahan selama beberapa bulan saja. Giggs kini melatih timnas Wales sejak awal tahun 2018 lalu.

8. Bryan Robson

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/LoveSheffieldUK

Bryan Robson sebelumnya datang ke Manchester United sejak musim 1981/1982 dan saat itu masih belum dilatih oleh Sir Alex Ferguson. Kedatangan Ferguson ke Manchester United di pertengahan musim 1986/1987 lalu bertepatan dengan penampilan Robson bersama Manchester United di musim ke-6. Selama di Manchester United, Robson telah tampil sebanyak 461 kali dengan 99 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi dan hengkang dari klub tersebut pada akhir musim 1993/1994.

Setelah pensiun sebagai pesepakbola di akhir musim 1996/1997, Robson telah melatih beberapa klub seperti Middlesbrough (Inggris), Bradford City (Inggris), West Browmich Albion (Inggris), Sheffield United (Inggris), dan timnas Thailand. Sejak 2011 lalu, Robson belum melatih klub atau timnas manapun hingga saat ini.

9. Gabriel Heinze

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/tomrobbo89

Gabriel Heinze pernah membela Manchester United sejak musim 2004/2005 hingga 2006/2007 dengan jumlah penampilan sebanyak 83 kali dengan 4 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi. Mantan pemain asal Argentina ini memutuskan pensiun sebagai pesepakbola pada akhir musim 2011/2012 dan setelahnya langsung melatih beberapa klub seperti Godoy Cruz (Argentina), Argentinos Juniors (Argentina), dan Velez Sarsfield (Argentina).

10. Phil Neville

10 Pelatih Sepak Bola Ini Merupakan Mantan Anak Asuh Sir Alex Fergusontwitter.com/England

Phil Neville juga melanjutkan karier sebagai seorang pelatih setelah pensiun sebagai pesepakbola di akhir musim 2012/2013 lalu. Neville pernah menjadi bagian dari skuad Manchester United di era Sir Alex Ferguson sejak musim 1994/1995 hingga 2004/2005 dengan jumlah penampilan sebanyak 386 kali dan 8 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi. Setelah pensiun, Neville juga pernah menjadi asisten pelatih di Valencia dan Manchester United dan menjadi pelatih di Salford City dan saat ini melatih timnas wanita Inggris.

Itulah 10 nama mantan anak asuh Sir Alex Ferguson yang memutuskan menjadi pelatih saat ini.

Baca Juga: Inilah 11 Pemain yang Paling Sering Dimainkan oleh Sir Alex Ferguson

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya