Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Tertua Asal Inggris di Kompetisi Premier League

Semuanya adalah legenda yang sudah lama pensiun

Kompetisi Premier League telah ada sejak musim 1992/1993 lalu dan menciptakan berbagai rekor hingga saat ini. Salah satunya adalah lima pemain tertua yang pernah menciptakan gol di sejarah kompetisi tersebut.

Siapa saja nama lima pemain sepak bola yang dimaksud? Berikut penjelasannya seperti dilansir Transfermarkt.

1. Teddy Sheringham (West Ham United) 

5 Pencetak Gol Tertua Asal Inggris di Kompetisi Premier LeagueTeddy Sheringham berkunjung ke markas Tottenham Hotspur. (twitter.com/SpursOfficial)

Mantan pesepak bola asal Inggris, Teddy Sheringham, menjadi pemain tertua yang berhasil mencetak gol di ajang Premier League hingga saat ini. Pertandingan tersebut terjadi ketika Teddy Sheringham masih berseragam West Ham United. Ketika itu, ia berhasil mencetak 1 gol meski klubnya saat itu, West Ham United, takluk 1-2 dari Portsmouth (26/12/2006) di saat usianya menginjak 40 tahun 8 bulan 24.

Semasa aktif sebagai pemain, Teddy Sheringham pernah membela beberapa klub, yakni Milwall (Inggris), Djurgarden (Swedia), Nottingham Forest (Inggris), Tottenham Hotspur (Inggris), Manchester United (Inggris), Portsmouth (Inggris), West Ham United (Inggris), dan Colchester United (Inggris). Dia memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada akhir musim 2007/2008 lalu.

2. Dean Windass (Hull City) 

5 Pencetak Gol Tertua Asal Inggris di Kompetisi Premier LeagueDean Windass melakoni salah satu pertandingan persahabatan. (instagram.com/deanowindass)

Dean Windass juga menciptakan prestasi serupa kala membela klubnya saat itu, Hull City di Premier League musim 2008/2009 lalu. Saat itu, Hull City berhasil menahan imbang Portsmouth dengan skor akhir 2-2 dan Dean Windass menjadi salah satu pencetak gol untuk Hull City. Prestasi itu diukirnya saat berusia 39 tahun 7 bulan 21 hari.

Ia memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada akhir musim 2010/2011 lalu. Beberapa klub yang pernah dibela oleh Dean Windass semasa aktif sebagai pesepak bola di antaranya Hull City (Inggris), Aberdeen (Skotlandia), Oxford United (Inggris), Bradford City (Inggris), Middlesbrough (Inggris), Sheffield Wednesday (Inggris), Sheffield United (Inggris), Oldham Athletic (Inggris), Darlington (Inggris), Barton Town (Inggris), dan Scarborough Athletic (Inggris).

3. Stuart Pearce (West Ham United) 

5 Pencetak Gol Tertua Asal Inggris di Kompetisi Premier LeagueMantan pesepak bola asal Inggris, Stuart Pearce, saat masih tampil membela timnas Inggris. (Twitter.com/England)

Pada musim 2000/2001 lalu, Stuart Pearce masuk jajaran pencetak gol tertua asal Inggris di kompetisi Premier League. Saat itu, Stuart Pearce, yang masih membela West Ham United, membawa klubnya menang 3-2 atas Southampton. Di pertandingan itu, Stuart Pearce sudah
menginjak usia 38 tahun 7 bulan 1 hari.

Selama kariernya, Stuart Pearce pernah membela klub-klub seperti Wealdstone (Inggris), Coventry City (Inggris), Nottingham Forest (Inggris), Newcastle United (Inggris), West Ham United (Inggris), dan Manchester City (Inggris). Ia memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada akhir musim 2001/2002 lalu bersama Manchester City.

Baca Juga: Keluarga Pesepak Bola, 5 Pesepak Bola Kakak Beradik Terbaik Saat Ini

4. Mick Harford (Wimbledon) 

5 Pencetak Gol Tertua Asal Inggris di Kompetisi Premier LeagueMantan pesepak bola asal Inggris, Mick Harford, mendapatkan dukungan dari supporternya melalui tulisan di papan iklan. (Twitter.com/Mickharford)

Salah satu mantan pesepak bola asal Inggris yang satu ini menempati urutan keempat pencetak gol tertua di Premier League asal Inggris saat ini. Saat itu, Mick Harford berhasil mencetak gol untuk Wimbledon ketika klubnya bertemu West Ham United pada musim 1996/1997 lalu dengan skor yang berkesudahan 1-1.

Ketika mencetak gol, Mick Harford telah berusia 38 tahun 1 bulan 16 hari. Selama kariernya, Mick Harford hanya bermain di Inggris dengan membela beberapa klub seperti Lincoln City, Newcastle United, Bristol City, Birmingham City, Luton Town, Derby County, Chelsea, Sunderland, Coventry City, dan Wimbledon. Ia pensiun sebagai pesepak bola pada awal musim 1998/1999 lalu.

5. Paul Scholes (Manchester United) 

5 Pencetak Gol Tertua Asal Inggris di Kompetisi Premier LeagueMantan pesepak bola asal Inggris, Paul Scholes, saat berkunjung ke Old Trafford. (Twitter.com/UEFAcom_de)

Salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Manchester United menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Paul Scholes berhasil melakukannya di musim 2012/2013 lalu saat Manchester United berhasil menang atas Wigan Athletic dengan skor 4-0. Salah satu gol Manchester United terjadi dicetak oleh Paul Scholes saat masih berusia 37 tahun 9 bulan 30 hari.

Sebelumnya, Paul Scholes sempat pensiun di akhir musim 2010/2011 lalu, namun ia memutuskan kembali pada Januari 2012 lalu dan akihrnya benar-benar pensiun di akhir musim 2012/2013 lalu. Semasa aktif sebagai pesepak bola, Paul Scholes hanya membela 1 klub saja, yakni Manchester United.

Itulah lima nama pencetak gol tertua di Premier League asal Inggris hingga saat ini. Adakah yang kalian kenal dari semua nama tersebut?

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya