Comscore Tracker

Barcelona Akhirnya Temukan Pengganti Ousmane Dembele dari Leganes

Sebelumnya, Barcelona diberi izin untuk transfer pemain

Barcelona akhirrnya menemukan pengganti Ousmane Dembele belum lama ini yakni pemain Leganes, Martin Braithwaite. Sebelum mendapatkan pemain asal Denmark ini, Barcelona telah diberikan izin oleh otoritas La Liga untuk melakukan transfer pemain di luar bursa transfer. Bagaimana awal ceritanya?

1. Martin Braithwaite dikontrak hingga akhir musim 2023/2024

Barcelona Akhirnya Temukan Pengganti Ousmane Dembele dari Leganestwitter.com/FCBarcelona

Dilansir dari goal.com, Barcelona akhirnya sepakat mendatangkan pemain Leganes, Martin Braithwaite, belum lama ini meski dilakukan di luar bursa transfer. Nilai transfer pemain diperkirakan sebesar 18 juta euro atau setara dengan Rp268,6 miliar dan Barcelona memberinya kontrak kepada Braithwaite hingga akhir musim 2023/2024. Dengan demikian, nilai klausul Braithwaite mencapai 300 juta euro atau setara dengan Rp 4,47 triliun usai Braithwaite menandatangani kontrak di Barcelona.

Sebelumnya, Barcelona telah mendapatkan izin dari otoritas La Liga untuk bisa melakukan transfer pemain di luar waktu bursa transfer yang ditentukan. Alasannya, karena Barcelona sedang mengalami krisis striker, di mana Luis Suarez dan Ousmane Dembele mengalami cedera panjang. Meski demikian, opsi Ousmane Dembele diambil menjadi alasan Barcelona untuk membeli Braithwaite karena Dembele harus beristirahat hingga akhir musim sejak bulan November 2019 lalu.

2. Beberapa pemain yang sempat dikaitkan dengan Barcelona

Barcelona Akhirnya Temukan Pengganti Ousmane Dembele dari Leganestwitter.com/cnbarca

Sebelum mendapatkan Braithwaite, beberapa nama pemain sempat diincar oleh Barcelona ketika sedang mencari pengganti Ousmane Dembele di lini depan. Nama-nama tersebut diantaranya Angel Rodriguez (Getafe), Willian Jose (Real Sociedad), Lucas Perez (Deportivo Alaves), dan Roger Marti (Levante). Padahal, nama Braithwaite sebelumnya tidak diprediksi bergabung dengan Barcelona, namun petinggi Leganes mengakui bahwa Braithwaite telah berbicara dengannya sebelum pindah ke Barcelona pada hari Rabu, 19 Februari 2020, lalu.

Baca Juga: Ousmane Dembele, Bintang Barcelona dengan Kaki "Kaca"

3. Kiprah Leganes di La Liga musim ini

Barcelona Akhirnya Temukan Pengganti Ousmane Dembele dari Leganestwitter.com/LaLigaEN

Di musim ini, Leganes tengah berjuang untuk melepaskan diri dari zona degradasi dan saat ini sedang menempati peringkat 19 klasemen sementara La Liga dengan raihan 19 poin. Leganes baru meraih 4 kemenangan dari 24 pertandingan dan terakhir kali Leganes meraih kemenangan saat menghadapi Real Sociedad yang berakhir dengan skor 2-1 pada tanggal 2 Februari 2020 lalu.

Kepindahan Braithwaite ke Barcelona sampai saat ini terbilang kontroversi lantaran Leganes tidak bisa mencari pengganti Braithwaite hingga akhir musim. Tentu ini menjadi sebuah kerugian besar bagi Leganes dalam aturan transfer tersebut meski pihak Leganes sebenarnya mengerti atas kondisi yang dihadapi Barcelona saat ini.

4. Jejak Martin Braithwaite selama berkarier sebagai pesepakbola

Barcelona Akhirnya Temukan Pengganti Ousmane Dembele dari Leganestwitter.com/MartinBraith

Martin Braithwaite memulai kariernya sebagai pesepakbola pada tahun 2009 dengan bergabung bersama klub Denmark, Esbjerg, dan di klub tersebut bertahan selama 5 musim sebelum akhirnya memutuskan pindah ke klub Perancis, Toulouse. Di klub tersebut, Braithwaite bermain selama 4 musim dan selalu dipercaya masuk ke tim utama di Toulouse. Setelahnya, Braithwaite melanjutkan kariernya ke klub Inggris, Middlesbrough, dan klub Perancis, Bordeaux, serta klub Spanyol, Leganes.

Padahal, Braithwaite baru bergabung dengan Leganes di pertengahan musim 2018/2019, tepatnya bergabung pada bulan Januari 2019 lalu setelah didatangkan dengan nilai transfer sebesar 5 juta euro atau setara dengan Rp 74,7 miliar. Kini, Braithwaite resmi mengenakan seragam jersey Barcelona hingga 4 musim ke depan.

5. Statistik Braithwaite bersama Leganes di musim ini

Barcelona Akhirnya Temukan Pengganti Ousmane Dembele dari Leganestwitter.com/MartinBraith

Statistik Braithwaite bersama Leganes di musim ini mencatat ia telah tampil sebanyak 27 kali dengan 8 gol yang dicetak di seluruh kompetisi resmi. Bahkan, Braithwaite menjadi top skorer untuk Leganes di musim ini dengan raihan 6 gol di ajang La Liga. Kini, Braithwaite telah satu tim dengan nama-nama besar seperti Lionel Messi, Antoine Griezmann, Luis Suarez, hingga Ansu Fati dan sudah saatnya menunjukkan ke hadapan para penggemar Barcelona untuk membuktikan bahwa ia layak berada di Barcelona.

Akankah Braithwaite mengesankan pelatih Barcelona, Quique Setien, dengan mencetak gol di setiap pertandingan?

Baca Juga: Messi Cetak Brace, Barcelona Mengalahkan Leganes 5-0

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya