Usai Dipecat, Mourinho Dikabarkan Kembali Ke Real Madrid

Mantan Presiden Real Madrid yakin dengan kabar ini

Pemecatan Jose Mourinho dari posisinya sebagai pelatih Manchester United pada hari Selasa, 18 Desember 2018, lalu menimbulkan spekulasi mengenai kabar Jose Mourinho akan kembali melatih Real Madrid. Mantan Presiden Real Madrid, Ramon Calderon, merasa yakin akan kembalinya Jose Mourinho ke Real Madrid. Bagaimana awal ceritanya?

1. Mantan Presiden Real Madrid juga merasa tidak terkejut dengan kabar pemecatan Mourinho

Usai Dipecat, Mourinho Dikabarkan Kembali Ke Real Madridtwitter.com/iMiaSanMia

Dilansir dari Goal.com, mantan Presiden Real Madrid ini mengakui tidak menyukai metode kepelatihan Jose Mourinho, namun ia merasa yakin dengan Presiden Real Madrid saat ini, Florentino Perez, bisa membawa Mourinho kembali ke Real Madrid. Pelatih asal Portugal ini dikenal suka menempa mentalitas para pemain dan justru berakhir dengan pemecatan  belum lama ini. Ketidakmampuan mengatasi berbagai masalah yang dihadapi Manchester United sehingga selalu terlempar dari 4 besar di klasemen sementara Liga Inggris saat ini menjadi bukti bahwa Mourinho tidak mampu memperbaikinya.

Bahkan, Ramon Calderon sendiri merasa tidak terkejut dengan kabar pemecatan Mourinho karena ia selalu bermasalah untuk jabatan sepert ini. "Saya pikir Mourinho telah menjadi masalah utama ketika dia berada di klub lain. Ketika dia di sini, dia menyalahkan semua orang atas kekalahan.

"Saya pikir itu adalah kesalahan besar. Itu selalu menjadi masalah. Juga membuat konfrontasi dengan para pemain dan itu telah terjadi di Manchester United dengan Paul Pogba serta Eric Bailly," ungkap pernyataan Calderon mengenai kabar pemecatan Mourinho seperti yang dikutip dari Goal.com.

Calderon justru membandingkan Mourinho dengan ZInedine Zidane yang justru melakukan hal sebaliknya ketika berada dalam sebuah masalah di timnya. "Dan, kami memiliki contoh Zinedine Zidane. Dia benar-benar melakukan kebalikannya.

"Di belakang panggung, dia lebih banyak bekerja dengan tim dan begitulah cara pandang saya untuk melatih tim hebat dari pemain hebat. Anda tidak bisa menjadi protagonis," ungkap pernyataan tambahan Calderon yang dikutip dari Goal.com.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United Ini Diprediksi Pindah Ikuti Jose Mourinho

2. Calderon menilai kemungkinan Mourinho akan beristirahat dalam beberapa waktu

Usai Dipecat, Mourinho Dikabarkan Kembali Ke Real Madridtwitter.com/BetPalaceKE

Mengenai kelanjutan karier Mourinho ke depan, Calderon menilai Mourinho kemungkinan akan beristirahat dulu dari kepelatihan. Namun, Calderon menyebut seharusnya Mourinho bisa mengikuti cara kepelatihan Alfredo Di Stefano, yang tak lain adalah legenda Real Madrid.

"Sulit untuk mengetahui bagaimana dia berperilaku. Saya ingat, bagi kami yang terbesar dalam sejarah kami adalah Alfredo Di Stefano. Dia sering memberi tahu saya, tim yang hebat, pelatih yang hebat tidak akan pernah mengeluh tentang wasit, cedera, nasib buruk, perilaku beberapa pemain.

"Itu adalah sesuatu yang dimiliki oleh yang biasa-biasa saja dan saya pikir dia melakukannya. Rekornya luar biasa, sulit untuk dicocokkan dengan pelatih lain, tetapi perilakunya, saya pikir dia melakukan itu berkali-kali dan itu adalah peringatan bagi tim mana pun yang akan mempekerjakannya," ungkap pernyataan Calderon seperti yang dikutip dari Goal.com.

Mantan Direktur Olahraga Real Madrid, Predrag Mijatovic, menilai tidak terkejut jika Mourinho kembali ditunjuk Florentino Perez untuk menangani Real Madrid. Performa klub ini di musim 2018/2019 sendiri sedang mengalami penurunan sejak ditinggalkan oleh Zinedine Zidane serta pemain bintangnya, Cristiano Ronaldo, yang memutuskan pindah ke Juventus.

"Saya tidak tahu tentang peluang persentase, tapi kemungkinan, ada banyak. Mengapa saya mengatakan itu? Karena Florentino mencintai Mourinho dan saya berpikir bahwa setiap kali ada perubahan pelatih dia mendapat kontak dengan dia," ungkap pernyataan Mijatovic seperti yang dikutip dari Goal.com.

3. Jejak kepelatihan Mourinho saat menangani Real Madrid

Usai Dipecat, Mourinho Dikabarkan Kembali Ke Real Madridtwitter.com/TheCr7League

Dilansir dari Soccerway.com, Jose Mourinho pernah menangani Real Madrid sejak awal musim 2010/2011 hingga musim 2012/2013. Di sana, Jose Mourinho justru menemukan  rival di pinggir lapangan yakni Pep Guardiola, yang kala itu menangani Barcelona. Selama melatih Real Madrid, Mourinho berhasil meraih 3 gelar yakni 1 gelar Liga Spanyol, 1 gelar Piala Spanyol, dan 1 Piala Super Spanyol.

Ditargetkan untuk menjuarai Liga Champions Eropa, Mourinho justru gagal menjawab tantangan tersebut setelah selama 3 musim beruntun hanya berakhir di babak semifinal saja. Mourinho akhirnya dipecat oleh Real Madrid setelah gagal meraih 1 gelar pun di musim 2012/2013. Di Real Madrid, Mourinho meraih rekor kemenangan 128 kali menang, 28 kali seri, dan 22 kali kalah dengan tingkat persentase kemenangan sebesar 71,9 persen di seluruh pertandingan resmi.

 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Manchester United Memecat Jose Mourinho

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya