Comscore Tracker

5 Bek Tengah yang Dibawa Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022

Josko Gvardiol baru berusia 20 tahun!

Timnas Kroasia baru memberi kejutan yang tak terduga dengan mengirim pulang tim favorit juara, Brasil. Meski pertandingan berlangsung sengit dengan skor akhir 1-1, Vatreni menang lewat babak adu penalti yang berakhir 4-2.

Jika melihat komposisi skuadnya, Vatreni membawa banyak pemain berposisi bek tengah. Total ada lima bek tengah yang masuk skuad Kroasia di Piala Dunia 2022. Hal ini tampaknya dilakukan Kroasia agar lini belakang mereka aman dari gempuran pemain lawan. Lantas, siapa sajakah bek tengah yang dibawa?

1. Josip Sutalo

5 Bek Tengah yang Dibawa Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022Josip Sutalo (instagram.com/josip.sutalo)

Josip Sutalo kini bermain untuk klub lokal Kroasia, Dinamo Zagreb. Pemain yang baru berusia 22 tahun ini bisa dibilang sangat minim pengalaman di timnas. Bukan tanpa sebab, Sutalo baru debut pada 10 Juni 2022.

Sayangnya, bek tengah berpostur 188 sentimeter ini belum mendapat menit bermain di Piala Dunia 2022. Sutalo kalah bersaing di posisi bek tengah dengan Dejan Lovren dan Josko Gvardiol yang lebih dipercaya.

2. Josko Gvardiol

5 Bek Tengah yang Dibawa Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022Josko Gvardiol (instagram.com/josko_gvardiol)

Secara usia, Josko Gvardiol memang lebih muda ketimbang Josip Sutalo, yakni 20 tahun. Kendati demikian, pemain yang kini berkostum RB Leipzig ini lebih dipercaya untuk mengisi pos bek tengah Kroasia di Piala Dunia 2022.

Gvardiol sendiri sejatinya belum terlalu berpengalaman di level timnas lantaran baru debut pada 2021. Meski merupakan ajang Piala Dunia pertamanya,  Gvardiol tidak gentar dan sukses tampil solid di lini belakang Vatreni, julukan Timnas Kroasia.

Baca Juga: 10 Potret Josko Gvardiol, Bek Muda Kroasia Andalan RB Leipzig

3. Martin Erlic 

5 Bek Tengah yang Dibawa Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022Martin Erlic (instagram.com/martin.erlic)

Setali tiga uang dengan Josip Sutalo, Martin Erlic juga belum dimainkan oleh Zlatko Dalic, pelatih Timnas Kroasia, di Piala Dunia 2022. Pria berusia 24 tahun ini kini memperkuat klub Serie A Italia, US Sassuolo.

Faktor pengalaman yang bisa dibilang kurang nampaknya menjadi salah satu penyebab Erlic belum diturunkan. Dirinya baru debut bersama Vatreni pada 6 Juni 2022. Dengan laga-laga yang semakin krusial, para pemain minim pengalaman sepertinya bakal sulit mendapat menit bermain. 

4. Dejan Lovren

5 Bek Tengah yang Dibawa Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022Dejan Lovren (instagram.com/dejanlovren06)

Dejan Lovren adalah salah satu sosok kunci dalam skuad Kroasia. Bek tengah berusia 33 tahun ini memiliki jam terbang tinggi di level timnas, seiring sudah sebut pada 2009 silam. Tak heran ia dipercaya memakai ban kapten Kroasia di Piala Dunia 2022 ini.

Meski secara usia sudah tidak muda, Lovren masih diandalkan di lini belakang Timnas Kroasia. Ia kerap dipasangkan dengan bek tengah muda Josko Gvardiol sebagai kunci pertahanan Vatreni. 

5. Domagoj Vida

5 Bek Tengah yang Dibawa Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022Domagoj Vida (skysports.com)

Bicara soal pengalaman, Domagoj Vida juga memiliki jam terbang tinggi seperti Dejan Lovren. Sayangnya, pemain berusia 33 tahun ini belum mendapat kesempatan turun di Piala Dunia 2022.

Performa yang semakin menurun seiring bertambahnya usia mungkin menjadi salah satu pertimbangan Zlatko Dalic tidak menurunkan Vida. Bek tengah berpostur 184 sentimeter ini sudah debut bersama Vatreni pada 2010 silam. Dirinya juga mampu menjadi bek kanan.

 

Dari beberapa nama di atas, ada yang belum mendapat kesempatan bermain di Piala Dunia 2022 ini. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan mereka bakal mendapat kesempatan itu seiring Kroasia akan kembali bermain di babak semifinal Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Profil Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Kroasia di Piala Dunia 2022

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya