Comscore Tracker

5 Gelandang Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Arsenal

Mesut Oezil salah satunya

Arsenal adalah salah satu klub papan atas dengan sejarah panjang di English Premier League (EPL). Mereka pernah diperkuat sejumlah pemain berkualitas di berbagai posisi. Salah satunya pemain yang berposisi gelandang.

Gelandang kaliber bintang silih berganti mengabdi kepada klub berjuluk The Gunners tersebut. Mereka turut menyumbang banyak gol bagi Arsenal. Beberapa gelandang aktif dengan gol terbanyak dalam sejarah Arsenal kini menghiasi daftar yang membanggakan.

1. Aaron Ramsey (65 gol)

5 Gelandang Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalAaron Ramsey (arsenal.com)

Aaron Ramsey masih aktif bermain untuk OGC Nice. Jauh sebelum itu, pria asal Wales ini pernah memperkuat Arsenal pada 2008 hingga 2019.

Ramsey mencapai puncak kariernya pada 2018. Nilai pasarnya meroket hingga 45 juta euro alias Rp671 miliar.

Ramsey sendiri bisa bermain sebagai gelandang tengah, serang, maupun kanan. Ia menjadi gelandang aktif dengan koleksi gol terbanyak bersama Arsenal dengan torehan 65 gol. Selain itu, pemain yang kini berusia 31 tahun ini rutin membela Timnas Wales dengan 75 caps dan 20 gol.

2. Cesc Fabregas (57 gol)

5 Gelandang Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalCesc Fabregas (arsenal.com)

Cesc Fabregas menduduki peringkat kedua dalam daftar ini dengan koleksi 57 gol. Meski sudah berusia 35 tahun, ia masih aktif bermain untuk klub Serie B Italia, Como 1907.

Fabregas sendiri menghabiskan 7 tahun (2004--2011) berseragam Arsenal. Dalam kurun waktu itu, ia berhasil menjelma menjadi seorang gelandang kaliber bintang. Bahkan, pria asal Spanyol itu sukses menarik minat klub raksasa Spanyol, Barcelona, yang kemudian merekrutnya dari Arsenal pada 2011.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola yang Punya Saham di Tim Sepak Bola, Tak Hanya Fabregas

3. Mesut Oezil (44 gol)

5 Gelandang Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalMesut Ozil (premierleague.com)

Selanjutnya, ada pemain berkebangsaan Jerman yang namanya tentu sudah tidak asing lagi, Mesut Oezil. Pemain yang sempat menjadi ikon Arsenal dan biasa menjadi gelandang serang ini masih aktif bermain untuk klub Turki, Basaksehir.

Oezil sempat memperkuat klub papan atas LaLiga, Real Madrid, yang melejitkan namanya. Sekitar 3 tahun berselang, Arsenal memboyongnya dengan mahar 47 juta euro alias Rp701 miliar. Pembelian itu terbilang sukses lantaran Oezil menjadi pemain sentral Arsenal kala itu.

4. Lukas Podolski (31)

5 Gelandang Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalLukas Podolski (arsenal.com)

Beberapa dari kamu tentu cukup familier dengan nama Lukas Podolski. Bagaimana tidak, pemain berposisi gelandang serang ini merupakan salah satu andalan Timnas Jerman pada masanya. Podolski sendiri memiliki 130 caps dan 49 gol bersama Timnas Jerman.

Ia juga sempat memperkuat sejumlah klub Bundesliga seperti Bayern Munich dan FC Koeln. Podolski memperkuat Arsenal selama 3 tahun (2012--2015) dan berhasil mencatatkan 31 gol dan 17 assist dalam 82 pertandingan.

5. Santi Cazorla (29 gol)

5 Gelandang Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalSanti Cazorla (arsenal.com)

Terakhir, ada pemain asal Spanyol yang usianya telah menapak 37 tahun bernama Santi Cazorla. Ia kini aktif bermain untuk klub Qatar, Al-Sadd SC.

Jauh sebelum itu, Cazorla sempat memperkuat klub papan atas Eropa, seperti Villarreal dan Arsenal. Ia sendiri menghabiskan 6 tahun (2012--2018) berseragam The Gunners.

Performa pemain berposisi gelandang tengah ini bisa dibilang bagus dengan sumbangan 29 gol dan 45 assist. Ia membukukan itu dalam 180 pertandingan di semua ajang bersama Arsenal.

Meski masih aktif bermain, semua pemain dalam daftar ini bisa dibilang sudah melewati masa keemasannya. Mereka kini bukan sosok sentral di tim masing-masing atau sudah tidak bermain untuk klub top Eropa.

Baca Juga: Oezil hingga Rooney Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya