4 Pemain Angkat Kaki dari Barcelona pada Musim Panas 2023

Sergio Busquets hengkang ke Inter Miami

Barcelona tampil perkasa pada 2022/2023. Bukan tanpa alasan, klub asuhan Xavi Hernandez ini menempati peringkat teratas klasemen LaLiga Spanyol 2022/2023. Barcelona tentu ingin meneruskan performa apik mereka pada 2023/2024.

Barcelona tengah membangun skuad yang lebih tangguh dengan mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim panas 2023.  Kebetulan, ada ruang setelah kepergian beberapa pemain lama pada musim panas 2023. Siapa saja pemain yang angkat kaki dari Barcelona pada musim panas 2023 dan bagaimana kiprah mereka di Camp Nou sejauh ini?

1. Arnau Tenas

4 Pemain Angkat Kaki dari Barcelona pada Musim Panas 2023Arnau Tenas (fcbarcelona.com)

Arnau Tenas adalah pemain yang ditempa di akademi Barcelona. Dia sejatinya belum pernah bermain untuk tim utama Barcelona, tetapi hanya di Barcelona Atletic. Pemain dengan postur 185 sentimeter ini biasa menempati posisi kiper.  

Di Barcelona Atletic, Tenas sudah memainkan 58 pertandingan dengan catatan 59 kali kebobolan dan 22 kali  clean sheet. Sayang, pemain berusia 22 tahun ini habis kontrak dengan klub pada 30 Juni 2023. Tenas tidak mendapatkan perpanjangan kontrak dari Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang ke Klub Non-Eropa

2. Ilias Akhomach

4 Pemain Angkat Kaki dari Barcelona pada Musim Panas 2023Ilias Akhomach (fcbarcelona.com)

Karier Ilias Akhomach di Barcelona tidak jauh berbeda dengan Arnau Tenas. Pemain berusia 19 tahun ini merupakan jebolan akademi Barcelona. Akhomach lebih beruntung ketimbang Tenas lantaran pernah bermain untuk tim utama Barcelona meski hanya dalam tiga pertandingan.

Pemain berposisi sayap kanan ini lebih banyak bermain untuk Barcelona Atletic. Kontrak Akhomach di Barcelona habis pada musim panas 2023 dan tidak diperpanjang. Kendati demikian, pemain berusia 19 tahun ini sudah mendapat kontrak dari klub baru, yakni Villarreal.

3. Sergio Busquets

4 Pemain Angkat Kaki dari Barcelona pada Musim Panas 2023Sergio Busquets (fcbarcelona.com)

Sergio Busquets adalah salah satu pemain senior di Barcelona. Pemain veteran berusia 34 tahun ini sudah berkostum Barcelona sejak 2008 silam. Busquets sendiri kerap beroperasi di lini tengah Barcelona lantaran berposisi gelandang bertahan.

Pemain berpaspor Spanyol ini bisa dibilang pemain dengan loyalitas tinggi. Buktinya, Busquets belum pernah membela klub lain selain Barcelona. Selama berkostum Barcelona, pemain setinggi 185 sentimeter ini mencatatkan 18 gol dan 45 assist dalam 722 pertandingan.

Sayang, karier Busquets di Barcelona berakhir setelah kontraknya habis pada musim panas 2023. Kendati demikian, pemain dengan 143 caps dan 2 gol bersama Timnas Spanyol ini belum pensiun. Dia memutuskan untuk bergabung ke Inter Miami untuk setim dengan mantan rekannya di Barcelona, Lionel Messi.

4. Jordi Alba

4 Pemain Angkat Kaki dari Barcelona pada Musim Panas 2023Jordi Alba (fcbarcelona.com)

Setali tiga uang dengan Sergio Busquets, Jordi Alba juga nama lawas di skuad Barcelona. Pemain berusia 34 tahun ini sudah berkostum Barcelona sejak level akademi. Alba sempat bertualang ke beberapa klub berbeda sebelum masuk skuad senior Barcelona pada 2012.

Saat itu, pemain berposisi bek kiri ini ditebus dari Valencia dengan mahar 14 juta euro atau sekitar Rp229 miliar. Alba kemudian menjelma menjadi andalan di lini belakang Barcelona. Selama berkostum Barcelona, dia telah membuat 27 gol dan 99 assist dalam 459 pertandingan.

Sayang, Alba harus meninggalkan Barcelona usai kontraknya habis pada musim panas 2023. Sejauh ini, dia belum mendapat klub baru. Kendati demikian, pemilik 93 caps dan 10 gol bersama Timnas Spanyol ini kabarnya juga diminati Inter Miami.

Empat nama di atas adalah para pemain yang meninggalkan Barcelona pada musim panas 2023. Dua di antaranya, yakni Sergio Busquets dan Jordi Alba, adalah sosok senior yang telah berkontribusi besar bagi klub. Faktor usia yang sudah tidak muda tampaknya membuat Barcelona enggan memperpanjang kontrak mereka.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bela Barcelona dan Manchester City sebelum Gundogan

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya