5 Pemain yang Bela Barcelona dan Manchester City sebelum Gundogan

Termasuk Sergio Aguero dan Yaya Toure 

Ilkay Gundogan resmi mengakhiri petualangannya di Manchester City pada musim panas 2023. Setelah mengabdi selama 7 musim, pemain asal Jerman ini memutuskan tidak memperpanjang kontrak. Alhasil, ia diboyong Barcelona pada musim panas 2023 secara gratis. 

Barcelona dan Manchester City memang memiliki hubungan baik. Cukup banyak kesepakatan transfer yang pernah dilakukan. Setidaknya, ada lima pemain yang pernah berseragam Barcelona dan Manchester City sebelum Ilkay Gundogan. Siapa saja?

1. Yaya Toure 

5 Pemain yang Bela Barcelona dan Manchester City sebelum GundoganYaya Toure (twitter.com/mancity)

Barcelona menjadi klub pertama yang ia bela sebelum pindah ke Manchester City. Pemain asal Pantai Gading ini bergabung ke Barcelona pada musim panas 2007. Ia dibeli dari klub Prancis, AS Monaco. Ia memiliki prestasi gemilang kala berseragam Barcelona. 

Pada musim panas 2010, kiprahnya di Barcelona resmi berakhir. Yaya Toure melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Manchester City. Ia diboyong dengan biaya 31 juta euro atau Rp521 miliar. Ia sukses menorehkan 316 pertandingan dengan mencetak 79 gol dan 49 assist selama membela Manchester City. 

Baca Juga: 5 Bintang yang Direkrut Barcelona secara Gratis dari Klub EPL

2. Claudio Bravo 

5 Pemain yang Bela Barcelona dan Manchester City sebelum GundoganClaudio Bravo (premierleague.com)

Barcelona mendatangkan Claudio Bravo pada musim panas 2014. Ia diboyong dari Real Sociedad dengan mahar 12 juta euro atau Rp208 miliar. Kedatangan sang pemain memang diproyeksikan menjadi kiper pelapis dari Marc-Andre ter Stegen. Usai 2 musim, ia berlabuh ke Premier League untuk membela Manchester City. 

Claudio Bravo ditebus dengan biaya 19 juta euro atau Rp312 miliar. Kehadiran sang pemain lagi-lagi untuk kiper pelapis. Ia menjadi kiper pelapis Ederson saat membela Manchester City. Kiprahnya di Manchester City berakhir pada musim panas 2020. 

3. Eric Garcia 

5 Pemain yang Bela Barcelona dan Manchester City sebelum GundoganEric Garcia (instagram.com/ericg3)

Eric Garcia pernah menimba ilmu di akademi Barcelona dan Manchester City. Namun, debut profesionalnya ia lakukan kala berseragam Manchester City. Sayangnya, pemain berposisi bek tengah ini masih terlalu muda bersaing dengan bek senior di Manchester City. 

Alhasil, ia dilepas ke Barcelona secara gratis pada musim panas 2021. Eric Garcia justru lebih sering mendapatkan menit bermain yang banyak setelah bergabung ke tim utama Barcelona. Kini, namanya digadang sebagai bek muda yang bakal jadi tumpuan Barca dalam beberapa musim ke depan.

4. Sergio Aguero 

5 Pemain yang Bela Barcelona dan Manchester City sebelum GundoganSergio Aguero (fcbarcelona.com)

Sergio Aguero tentunya lebih dikenal sebagai legenda Manchester City. Pasalnya, pemain asal Argentina ini menjadi salah satu saksi era awal kejayaan Manchester City. Ia juga merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Cityzens. 

Sergio Aguero mengabdi 10 musim di Manchester City dengan berbagai prestasi gemilang. Pada musim panas 2021, ia dilepas ke Barcelona secara gratis. Namun, kiprahnya di Barcelona berjalan singkat lantaran ia gangguan kesehatan yang ia alami.

5. Ferran Torres

5 Pemain yang Bela Barcelona dan Manchester City sebelum GundoganFerran Torres (instagram.com/ferrantorres)

Ferran Torres bergabung ke Manchester City pada musim panas 2020. Pemain asal Spanyol ini diboyong dari Valencia dengan mahar 35 juta euro atau Rp582 miliar. Kedatangan sang pemain awalnya diharapkan menjadi proyek jangka panjang Manchester City. 

Namun, Ferran Torres lebih memilih hijrah ke Barcelona pada musim dingin 2022. Ia ditebus dengan biaya 58 juta euro atau Rp955 miliar. Sejauh ini, ia telah mencatatkan 71 pertandingan dengan mencetak 14 gol dan 9 assist selama membela Barcelona. 

Kedatangan Ilkay Gundogan tentunya menjadi amunisi baru di skuad Barcelona. Pengalaman matang yang dimiliki Ilkay Gundogan diharapkan bisa membawa Barcelona tampil lebih baik. Ia juga bisa memberikan ilmunya kepada gelandang muda yang bakal jadi andalan Barcelona beberapa musim ke depan. 

Baca Juga: Gara-gara Lionel Messi, Sofyan Amrabat Tak Jadi ke Barcelona

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya