5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 1 Sebelum Aaron Ramsdale

Petr Cech salah satunya!

Nomor punggung 1 memang selalu identik dengan posisi kiper dalam sepak bola. Di Arsenal, nomor punggung 1 kini menjadi milik Aaron Ramsdale, kiper yang dibeli Arsenal dari Sheffield United pada 2021.

Sebelum dikenakan oleh Ramsdale, nomor punggung 1 juga pernah menjadi milik beberapa kiper Arsenal sebelumnya. Untuk mengetahui siapa saja kiper-kiper itu dan bagaimana kiprahnya, ada baiknya kita langsung simak ulasan berikut. 

1. Bernd Leno

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 1 Sebelum Aaron RamsdaleBernd Leno (arsenal.com)

Bernd Leno adalah pemain berposisi kiper dengan postur mencapai 190 sentimeter. Pria berusia 30 tahun ini pernah berkostum Arsenal selama 4 tahun (2018--2022), sebelum hijrah ke Fulham.

Selama itu, Leno sempat mengenakan nomor punggung 1. Pemain berkebangsaan Jerman ini pernah menjadi kiper utama di Arsenal, sebelum kedatangan Aaron Ramsdale. Hal itu juga menjadi alasan Leno meninggalkan Arsenal. Jika tetap bertahan, ia mungkin lebih sering menjadi cadangan. 

2. Petr Cech

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 1 Sebelum Aaron RamsdalePetr Cech (arsenal.com)

Petr Cech sudah memutuskan gantung sepatu dari lapangan hijau pada 1 Juli 2019. Usia yang sudah tidak prima menjadi salah satu alasannya melakukan itu. Cech sendiri pernah menjadi bagian The Gunners selama 4 tahun (2015--2019), dan sempat memakai nomor punggung 1. 

Arsenal pun menjadi klub yang terakhir dibela pemain asal Republik Ceko ini sebelum pensiun. Berposisi kiper, Cech lebih dikenal saat membela Chelsea, klub yang ia bela selama 11 tahun. Di Arsenal, Cech mencatatkan 54 clean sheets dan 158 kebobolan dalam 139 pertandingan.

Baca Juga: 5 Alasan Aaron Ramsdale Layak Menjadi Kiper Utama Arsenal

3. Wojciech Szczesny

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 1 Sebelum Aaron RamsdaleWojciech Szczesny (arsenal.com)

Selanjutnya, ada pemain asal Polandia bernama Wojciech Szczesny. Pemain yang kini menginjak usia 32 tahun ini adalah produk binaan akademi Arsenal. Wojciech menghabiskan total 9 tahun (2008--2017) berkostum Arsenal.

Kendati demikian, Szczesny sempat beberapa kali dipinjamkan ke klub lain. Nomor punggung 1 pun sempat dikenakan kiper dengan 64 caps bersama Timnas Polandia ini. Kini, Szczesny tengah memperkuat klub papan atas Serie A Italia, Juventus. 

4. Manuel Almunia

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 1 Sebelum Aaron RamsdaleManuel Almunia (uefa.com)

Manuel Almunia adalah pemain Spanyol yang sudah lama gantung sepatu, tepatnya sejak 27 Agustus 2014. Kiper yang kini berusia 45 tahun ini sempat menghabiskan 8 tahun berseragam Arsenal (2004--2012).

Dalam kurun waktu tersebut, nomor punggung 1 di Arsenal jatuh ke tangan Manuel. Ia membukukan 70 clean sheets dan 161 kebobolan dalam 175 pertandingan di semua ajang bersama Arsenal. Sayangnya, ia belum pernah membela negaranya, Spanyol, di level internasional.

5. Jens Lehmann

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 1 Sebelum Aaron RamsdaleJens Lehmann (twitter.com/Arsenal)

Jens Lehmann menjadi pemain tertua dalam daftar ini. Pemain asal Jerman ini kini berusia 52 tahun. Kariernya di lapangan hijau pun telah usai sejak 1 Juli 2011, setelah sang pemain memutuskan gantung sepatu.

Arsenal pun menjadi perhentian terakhir kiper dengan 61 caps bersama Timnas Jerman ini sebelum pensiun. Nomor punggung 1 hanya dikenakan Jens selama 1 musim di Arsenal, yaitu musim 2007/2008.  Lehmann sendiri lebih dikenal saat membela FC Schalke 04 ketimbang Arsenal.

 

Soal prestasi, Petr Cech bisa dibilang menjadi yang terdepan dalam daftar ini. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi Aaron Ramsdale, untuk bisa melampaui prestasi Cech.

Ramsdale pun cukup berpeluang melakukannya mengingat usianya yang baru 25 tahun. Perjalanannya bersama Arsenal masih cukup panjang.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Pemilik Nomor Punggung 11 Sebelum Gabriel Martinelli

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya