5 Pemain Timnas Belanda dengan Caps Terbanyak di Piala Dunia 2022

Virgil van Dijk menjadi kapten Timnas Belanda saat ini

Timnas Belanda berhasil melaju hingga babak perempat final di Piala Dunia 2022 meski akhirnya takluk di tangan Timnas Argentina lewat adu penalti. Kendati demikian, Timnas Belanda boleh berbangga lantaran sudah menembus babak perempat final.

Pasalnya, tidak banyak negara lain yang bisa melakukannya. Jika melihat komposisi skuad Belanda, ternyata ada beberapa pemain berpengalaman yang dibawa di Piala Dunia 2022. Dengan pengalaman panjangnya, mereka diharapkan mampu menjadi pembeda di Piala Dunia 2022 ini. Siapa saja?

1. Daley Blind

5 Pemain Timnas Belanda dengan Caps Terbanyak di Piala Dunia 2022Daley Blind (fifa.com)

Daley Blind menjadi sosok paling senior yang memperkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022. Bagaimana tidak, pemain berusia 32 tahun ini telah mengumpulkan sebanyak 99 caps dan 3 gol bersama Timnas Belanda.

Blind sendiri masih diandalkan di Piala Dunia 2022. Buktinya, pemain yang kerap menjadi bek kiri ini dimainkan dalam setiap pertandingan Timnas Belanda. Pria yang kini merumput bersama Ajax ini turut berkontribusi 1 gol dan 1 assist di Piala Dunia 2022 ini.

2. Memphis Depay

5 Pemain Timnas Belanda dengan Caps Terbanyak di Piala Dunia 2022Memphis Depay (instagram.com/memphisdepay)

Selanjutnya ada pemain yang menjadi tumpuan Timnas Belanda di lini serang, Memphis Depay. Pemain yang kini berseragam Barcelona ini telah mengumpulkan 86 caps dan 43 gol bersama Timnas Belanda sejauh ini.

Kendati demikian, performanya di Piala Dunia 2022 bisa dibilang kurang menonjol. Bukan tanpa sebab, dirinya hanya menyumbang 1 gol dalam 5 pertandingan di Piala Dunia 2022, kalah tajam dari pemain muda Belanda, Cody Gakpo, yang sukses memborong 3 gol.

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Terbanyak Belanda Sepanjang Masa, Memphis Depay Melejit

3. Stefan de Vrij 

5 Pemain Timnas Belanda dengan Caps Terbanyak di Piala Dunia 2022Stefan de Vrij (instagram.com/stefandevrij)

Stefan de Vrij adalah pemain berposisi bek tengah yang kini bermain di Serie A Italia untuk Inter Milan. Sudah debut pada 2012 silam, pemain berpostur 189 sentimeter ini telah mencatatkan 59 caps dan 3 gol bersama Timnas Belanda.

Meski termasuk pemain berpengalaman, De Vrij sama sekali tidak dimainkan di Piala Dunia 2022 ini. Posisi bek tengah utama di Timnas Belanda lebih sering ditempati oleh pemain veteran lainnya, Virgil van Dijk.

4. Virgil van Dijk

5 Pemain Timnas Belanda dengan Caps Terbanyak di Piala Dunia 2022Virgil van Dijk (fifa.com)

Virgil van Dijk merupakan salah satu sosok sentral di Timnas Belanda. Selain kenyang pengalaman dengan koleksi 54 caps dan 6 gol, pria berusia 31 tahun ini juga mengemban ban kapten Timnas Belanda.

Berposisi bek tengah, Van Dijk rutin turun sebagai starter di Piala Dunia 2022. Meski belum bisa berkontribusi gol ataupun assist di Piala Dunia 2022, dirinya memimpin perolehan clearances Timnas Belanda dengan total 49 clearances.

5. Frenkie de Jong

5 Pemain Timnas Belanda dengan Caps Terbanyak di Piala Dunia 2022Frenkie de Jong (fifa.com)

Frenkie de Jong membela klub yang sama dengan Memphis Depay, yakni Barcelona. Pemain berusia 23 tahun ini kerap menjadi andalan Timnas Belanda di lini tengah seiring biasa mengisi pos gelandang tengah.

De Jong sendiri sudah mengumpulkan total 50 caps dan 2 gol bersama Timnas Belanda. Performanya di Piala Dunia 2022 bisa dibilang lumayan bagus. Pasalnya, De Jong sukses menyumbang 1 gol dan 1 assist dalam 5 pertandingan yang dijalani bersama Timnas Belanda.

 

Selain Stefan de Vrij, semua pemain di atas mendapat jatah bermain yang cukup banyak di Piala Dunia 2022 ini. Beberapa juga sukses berkontribusi gol maupun assist. Meski hanya mampu mencapai babak perempat final, para pemain di atas patut diapresiasi atas kontribusi mereka.

Baca Juga: Profil Frenkie de Jong, Pengatur Serangan Belanda di Piala Dunia 2022

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya