5 Pemain yang Hengkang dari Barcelona pada Musim Panas 2022

Dani Alves telah cukup lama berseragam Blaugrana

Sebagai salah satu klub papan atas yang berkompetisi di LaLiga Spanyol, Barcelona tentu dihuni oleh banyak pemain-pemain berkualitas. Persaingan di skuad Barca tentu sangat ketat.

Atas dasar itu, tak heran telah banyak pemain Barca yang datang dan pergi. Ketatnya persaingan dalam skuad, performa yang menurun, hingga usia yang sudah tak muda menjadi beberapa alasan kepergian para pemain tersebut.

Berikut ini lima pemain yang angkat kaki dari Blaugrana pada musim panas 2022. Bagaimana kiprah mereka dan ke klub manakah mereka menuju? Simak ulasan berikut untuk selengkapnya.

1. Philippe Coutinho

5 Pemain yang Hengkang dari Barcelona pada Musim Panas 2022Philippe Coutinho (fcbarcelona.com)

Philippe Coutinho didatangkan Barcelona dari Liverpool pada 8 Januari 2018 dengan biaya transfer yang sangat fantastis. Bagaimana tidak, Barcelona harus mengeluarkan 135 juta euro alias Rp2,2 triliun untuk mendapatkan tanda tangan pemain asal Brasil ini.

Dengan harga semahal itu, Coutinho tentu diharapkan dapat bersinar di Barca. Sayangnya, ia gagal memenuhi ekspektasi dan akhirnya dilepas ke Aston Villa pada 1 Juli 2022. Barca pun hanya mendapat 20 juta euro alias Rp327 miliar dari penjualan Coutinho.

2. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain yang Hengkang dari Barcelona pada Musim Panas 2022Pierre-Emerick Aubameyang (chelseafc.com)

Kiprah Pierre-Emerick Aubameyang di Barcelona bisa dibilang seumur jagung. Pasalnya, ia baru bermain setengah musim sebelum dilepas Barca ke Chelsea. Kendati demikian, Barca meraup keuntungan yang lumayan besar dari penjualan Auba.

Barca sukses mendatangkan Auba dari Arsenal pada 31 Januari 2022 tanpa mengeluarkan sepeser pun lantaran sang pemain berstatus bebas transfer. Kemudian, penyerang berusia 33 tahun ini dijual seharga 12 juta euro alias Rp196 miliar ke Chelsea pada 1 September 2022.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Barcelona pada 2022/2023, Termasuk Pedri dan Gavi

3. Francisco Trincao

5 Pemain yang Hengkang dari Barcelona pada Musim Panas 2022Francisco Trincao (fcbarcelona.com)

Francisco Trincao tidak sepenuhnya dilepas oleh Barcelona, melainkan hanya dipinjamkan selama 1 musim ke Sporting CP pada 13 Juli 2022. Dengan usia yang masih 22 tahun, Trincao memiliki potensi yang tentu tak ingin disia-siakan Barca.

Atas dasar itu, Barca tidak serta merta menjual Trincao dan lebih memilih meminjamkannya. Pria asal Portugal berposisi sayap kanan ini sudah membukukan 5 gol dan 1 assist dalam 20 pertandingan bersama Sporting sejauh ini.

4. Miralem Pjanic

5 Pemain yang Hengkang dari Barcelona pada Musim Panas 2022Miralem Pjanic (fcbarcelona.com)

Selanjutnya, ada pemain berusia 32 tahun asal Bosnia bernama Miralem Pjanic. Pemain yang kerap mengisi pos gelandang tengah ini dilepas Barcelona ke Sharjah FC pada 7 September 2022 lalu.

Kasus Pjanic mirip dengan Philippe Coutinho, yakni dilepas lebih murah dari harga belinya. Pjanic sendiri dibeli dengan mahar 60 juta euro alias Rp981 miliar pada 2020 dari Juventus. Saat dilepas ke Sharjah, pemilik 108 caps bersama TImnas Bosnia ini dilepas secara gratis.

5. Dani Alves

5 Pemain yang Hengkang dari Barcelona pada Musim Panas 2022Dani Alves (twitter.com/LaLigaBRA)

Dani Alves termasuk pemain yang cukup lama berseragam Blaugrana, julukan Barcelona. Pemain berusia 39 tahun asal Brasil ini membela Barca selama 2 periode, yakni 2008 hingga 2016, dan 2021 hingga 2022.

Pada 23 Juli 2022, Alves akhirnya dilepas Barca ke klub Meksiko yaitu UNAM Pumas. Usia yang sudah tidak muda jelas menjadi alasan Barca melepasnya. Alves sendiri termasuk pemain berpengalaman di level timnas, dengan koleksi 125 caps bersama Timnas Brasil.

 

Dari beberapa pemain yang telah disebutkan di atas, melepas Philippe Coutinho dan Miralem Pjanic tentu menjadi yang paling menyakitkan bagi Barcelona. Pasalnya, Barca harus merugi setelah menjual mereka dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang saat mereka dibeli.

Baca Juga: Dani Alves Jadi Kontroversi Brasil di Piala Dunia 2022

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya