5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor 15 sebelum Alex Oxlade-Chamberlain

Daniel Sturridge pernah menjadi penyerang andalan Liverpool

Alex Oxlade-Chamberlain adalah salah satu gelandang yang dimiliki Liverpool saat ini. Dirinya didatangkan dari sesama klub EPL, Arsenal, pada 2017 lalu. Oxlade-Chamberlain pun langsung mantap mengenakan nomor punggung 15 sejak debutnya di Liverpool.

Ternyata, ada beberapa pemain Liverpool sebelumnya yang juga pernah mengenakan nomor punggung tersebut. Semuanya kini sudah tidak berseragam Liverpool dan kebanyakan sudah gantung sepatu. Siapa saja, ya?

1. Salif Diao

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor 15 sebelum Alex Oxlade-ChamberlainSalif Diao (liverpoolfc.com)

Salif Diao adalah pemain berusia 45 tahun yang sudah gantung sepatu sejak 1 Juli 2012 silam. Pria asal Senegal ini menghabiskan 5 tahun berseragam Liverpool (2002--2007). Kendati demikian, Diao lebih sering dipinjamkan oleh Liverpool ketimbang bermain reguler.

Nomor 15 pun menempel di punggungnya pada musim 2003/2004 dan 2004/2005 di Liverpool. Diao sendiri biasa menempati pos gelandang bertahan, namun juga siap dimainkan sebagai bek tengah ataupun bek kanan.

2. Peter Crouch

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor 15 sebelum Alex Oxlade-ChamberlainPeter Crouch (liverpoolfc.com)

Nama berikutnya ialah pemain kelahiran Macclesfield, Inggris, bernama Peter Crouch. Berposisi utama sebagai penyerang, dirinya memiliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh penyerang lain. 

Hal itu adalah postur jangkung yang mencapai 201 sentimeter. Crouch pribadi sudah gantung sepatu dari lapangan hijau pada 12 Juli 2019. Kiprahnya bersama Liverpool pun terjadi selama 3 tahun (2005--2008) dan ia selalu mengenakan nomor punggung 15 selama itu.

Baca Juga: Peter Crouch Masuk Guinness World Record Berkat Gol Tandukannya

3. Yossi Benayoun

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor 15 sebelum Alex Oxlade-ChamberlainYossi Benayoun (liverpoolfc.com)

Yossi Benayoun merupakan pemain asal Israel yang pernah berkelana ke beberapa klub berbeda di English Premier League (EPL). Salah satunya adalah Liverpool yang ia perkuat selama 3 tahun (2007--2010).

Dalam kurun waktu itu, Benayoun setia memakai nomor punggung 15 di Liverpool. Pemain dengan 102 caps dan 24 gol bersama Timnas Israel ini biasa beroperasi sebagai sayap kanan. Dalam 134 pertandingan bersama The Reds, ia membukukan 29 gol dan 19 assists.

4. Alberto Aquilani

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor 15 sebelum Alex Oxlade-ChamberlainAlberto Aquilani (skysports.com)

Satu lagi pemain yang berasal dari Eropa, yakni Alberto Aquilani. Pria berusia 38 tahun ini berasal dari Italia dan sudah pensiun sebagai pemain sepak bola profesional sejak 1 Juli 2019 silam.

Jauh sebelum itu, Aquilani pernah berkarier di EPL bersama Liverpool yang kebetulan menjadi satu-satunya klub EPL yang pernah dibela Aquilani dalam kariernya. Pemain yang memakai nomor 15 pada musim 2011/2012 ini bermain 3 tahun di Liverpool (2009--2012).

5. Daniel Sturridge

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor 15 sebelum Alex Oxlade-ChamberlainDaniel Sturridge (liverpoolfc.com)

Daniel Sturridge menjadi satu-satunya pemain yang belum pensiun dalam daftar ini. Kendati demikian, pria asal Inggris berusia 35 tahun ini belum mendapatkan klub hingga saat ini. Sturridge sendiri mencapai puncak kariernya kala membela Liverpool mulai tahun 2013.

Pemain yang pernah dididik di akademi Manchester City ini membela The Reds selama 6 tahun (2013--2019) dan menggunakan nomor punggung 15 selama itu. Berposisi penyerang, Sturridge telah mengemas 68 gol dan 26 assists dalam 160 pertandingan bersama Liverpool.

 

Daniel Sturridge pernah menjadi ujung tombak andalan Liverpool pada masanya. Kendati demikian, usia yang sudah tidak muda membuatnya kesulitan mendapat kontrak dari klub mana pun. Akankah Sturridge mendapat klub baru atau segera memutuskan pensiun pada musim 2022/2023 ini?

Baca Juga: Disanksi FA, Trabzonspor Putuskan Kontrak Daniel Sturridge

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya