Comscore Tracker

5 Pemain yang Meninggalkan Real Madrid pada Musim Panas 2022

Ada Luka Jovic hingga Isco

Reputasi Real Madrid sebagai klub papan atas LaLiga Spanyol tentu tak perlu diragukan lagi. Mereka memiliki skuad yang dipenuhi pemain kaliber bintang dan tentunya bernilai cukup mahal. 

Kendati demikian, penurunan performa dan ketatnya persaingan di skuad Real Madrid membuat beberapa pemain harus dilepas pada musim panas 2022. Berikut ini lima pemain yang angkat kaki dari Real Madrid pada musim panas 2022.

1. Luka Jovic

5 Pemain yang Meninggalkan Real Madrid pada Musim Panas 2022Luka Jovic (realmadrid.com)

Luka Jovic bakal menghadapi tantangan untuk beradaptasi di klub barunya, Fiorentina. Pemain asal Serbia berusia 24 tahun ini berseragam Fiorentina setelah dilepas klub lamanya, Real Madrid, pada 8 Juli 2022.

Fiorentina pun bisa dibilang beruntung lantaran tidak perlu membayar sepeser pun untuk memboyong Jovic. Pasalnya, sang pemain berstatus pemain bebas transfer. Selama 3 tahun membela Real Madrid, Jovic gagal tampil sesuai ekspektasi dan hanya membuat 3 gol dan 5 assists.

2. Casemiro

5 Pemain yang Meninggalkan Real Madrid pada Musim Panas 2022Casemiro (realmadrid.com)

Casemiro menjadi penjualan terbesar Real Madrid pada musim panas 2022. Pasalnya, gelandang bertahan asal Brasil ini dilepas ke Manchester United dengan biaya transfer mencapai 70,65 juta euro alias Rp1,1 triliun pada 22 Agustus 2022.

Hal tersebut cukup mengagetkan mengingat usia Casemiro yang telah menginjak 30 tahun. Manchester United tampaknya berani mengambil resiko tersebut karena membutuhkan sosok berpengalaman untuk memperkuat pertahanan mereka.

Baca Juga: Serba-serbi di Balik Transfer Casemiro ke Manchester United

3. Takefusa Kubo

5 Pemain yang Meninggalkan Real Madrid pada Musim Panas 2022Takefusa Kubo (realmadrid.com)

Takefusa Kubo sering disebut sebagai Messi milik Jepang. Sempat menimba ilmu di akademi Barcelona, Kubo dibajak oleh Real Madrid pada 1 Juli 2019. Sayangnya, pemain berusia 21 tahun ini lebih sering dipinjamkan ketimbang dimainkan oleh Real Madrid.

Pada 19 Juli 2022, Kubo pun akhirnya resmi meninggalkan Real Madrid setelah dijual ke Real Sociedad dengan mahar 6,5 juta euro alias Rp105 miliar. Real Sociedad langsung bergerak cepat dengan mengikat Kubo dengan kontrak hingga 2027.

4. Gareth Bale

5 Pemain yang Meninggalkan Real Madrid pada Musim Panas 2022Gareth Bale (realmadrid.com)

Gareth Bale didatangkan Real Madrid dari Tottenham Hotspur pada 2013 silam dengan biaya transfer yang sangat besar. Untuk memboyong pemain asal Wales ini, Real Madrid rela mengucurkan dana hingga 101 juta euro alias Rp1,6 triliun.

Bale yang kini telah menginjak usia 33 tahun pun telah menghabiskan 9 tahun berseragam Real Madrid (2013--2022) sebelum akhirnya dilepas ke klub MLS, Los Angeles FC, pada 7 Juli 2022. Kapten Timnas Wales ini dikontrak selama 1 tahun di sana.

5. Isco

5 Pemain yang Meninggalkan Real Madrid pada Musim Panas 2022Isco (realmadrid.com)

Terakhir, ada pemain asal Spanyol bernama Isco. Pemain berjulukan The Magician ini meninggalkan Real Madrid pada 7 Agustus 2022 untuk merapat ke sesama klub LaLiga Spanyol, Sevilla, dengan status pemain bebas transfer.

Isco yang biasa bermain sebagai gelandang serang sempat memiliki nilai pasar yang cukup tinggi, yakni 90 juta euro alias Rp1,4 triliun. Kendati demikian, performa yang kian menurun membuatnya hanya bernilai 7,5 juta euro alias Rp121 miliar saat dilepas ke Sevilla.

 

Selain Casemiro, semua pemain di atas dilepas oleh Real Madrid karena penurunan performa. Bahkan, Real merugi cukup banyak dengan melepas pemain seperti Gareth Bale yang dulu dibeli sangat mahal dari Tottenham Hotspur.

Baca Juga: Dilepas ke Sevilla, Bagaimana Kiprah Isco selama Membela Real Madrid?

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya