5 Pemain Newcastle United yang Akan Habis Kontrak pada 2022/2023

Mereka lebih sering menghuni bangku cadangan 

Performa Newcastle United pada 2022/2023 ini patut diacungi jempol. Mereka sukses tampil lebih baik dari 2021/2022 lalu dengan finis di peringkat keempat klasemen English Premier League (EPL). Capaian itu membuat The Magpies berhak lolos ke Liga Champions Eropa musim depan.

Kendati demikian, Newcastle United bakal kehilangan beberapa pemain pada musim panas 2023 nanti. Para pemain tersebut habis kontrak bersama tim dan tampaknya tidak akan dipertahankan. Ada sedikitnya lima pemain The Magpies yang habis kontrak pada musim panas 2023. Siapa saja?

1. Loris Karius

5 Pemain Newcastle United yang Akan Habis Kontrak pada 2022/2023Loris Karius (nufc.co.uk)

Loris Karius sejatinya belum lama berseragam Newcastle United. Kiper berusia 29 tahun ini didatangkan The Magpies secara gratis pada musim panas 2022 lalu. Kebetulan kontrak Karius tidak diperbaharui klub lamanya, Liverpool.

Performa yang bisa dibilang kurang impresif agaknya menjadi penyebab The Reds enggan mempertahankan pemain asal Jerman ini. Newcastle United pun hanya berani mengontrak Karius selama semusim. Kontraknya akan berakhir pada musim panas 2023 nanti.

Selama di Newcastle United, Karius sangat jarang diturunkan. Dia rutin menghuni bangku cadangan dan baru memainkan satu pertandingan bersama The Magpies. Atas dasar itu, kontrak Karius tampaknya tidak akan diperpanjang begitu habis pada musim panas 2023.

2. Matt Ritchie

5 Pemain Newcastle United yang Akan Habis Kontrak pada 2022/2023Matt Ritchie (premierleague.com)

Berikutnya, ada pemain asal Skotlandia bernama Matt Ritchie. Dia termasuk salah satu pemain senior di skuad Newcastle United. Bukan tanpa alasan, Ritchie sudah berkostum The Magpies sejak 2016 silam.

Saat ini, usianya telah menginjak 33 tahun. Pemain berposisi gelandang kanan ini juga bukan pilihan utama di skuad. Atas dasar itu, Newcastle United tampaknya tidak akan memperpanjang kontrak Ritchie yang habis pada musim panas 2023 nanti.

Baca Juga: Kejutan Newcastle dan Brighton di Premier League Musim Ini

3. Mark Gillespie

5 Pemain Newcastle United yang Akan Habis Kontrak pada 2022/2023Mark Gillespie (nufc.co.uk)

Mark Gillespie berposisi sama dengan Loris Karius, yakni kiper. Nasibnya juga tidak jauh berbeda dari Karius. Pasalnya, Gillespie jarang dimainkan dan lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan di skuad.

Sejauh ini, pemain asal Inggris berusia 31 tahun ini baru melakoni tiga pertandingan di semua ajang bersama The Magpies. Dia kesulitan bersaing dengan Martin Dubravka dan Nick Pope yang juga berposisi kiper. Gillespie pun akan pergi pada musim panas 2023.

4. Paul Dummett

5 Pemain Newcastle United yang Akan Habis Kontrak pada 2022/2023Paul Dummett (nufc.co.uk)

Selanjutnya, ada pemain berkebangsaan Wales yang kini berusia 31 tahun. Pemain yang dimaksud adalah Paul Dummett. Bek kiri ini termasuk sosok senior yang sudah lama berkostum Newcastle United.

Bagaimana tidak, Dummett sudah menjadi bagian The Magpies sejak level akademi. Ia promosi ke tim senior pada 2012 silam. Sayang, performanya kini kian menurun seiring dengan bertambahnya usia. Dummett cukup jarang diturunkan dan lebih sering dicadangkan.

Melihat hal itu, Newcastle United tampaknya tidak akan ambil pusing untuk memperpanjang kontraknya yang habis pada musim panas 2023. Kepergian Dummett akan menjadi akhir dari 11 musim pengabdiannya kepada The Magpies. Belum diketahui klub mana yang akan menjadi perhentian sang pemain selanjutnya.

5. Matty Longstaff

5 Pemain Newcastle United yang Akan Habis Kontrak pada 2022/2023Matty Longstaff (nufc.co.uk)

Terakhir, ada pemain yang biasa beroperasi di lini tengah. Namanya adalah Matty Longstaff. Dia menjadi pemain termuda dalam daftar ini dengan usia yang masih 23 tahun. Gelandang tengah ini adalah produk akademi Newcastle United yang promosi ke tim senior pada 2019.

Kariernya di skuad senior tidak berlangsung mulus. Pasalnya, Longstaff lebih sering dipinjamkan ke klub lain oleh Newcastle United. Sejauh ini, dia baru mencatatkan 20 penampilan dengan kontribusi 3 gol bersama The Magpies. Kontraknya agaknya tidak akan diperpanjang tim usai habis pada musim panas 2023.

Para pemain di atas bisa dibilang bukan pemain pilar di Newcastle United. Mereka jarang mendapat menit bermain dan lebih sering mengisi bangku cadangan. Atas dasar itu, The Magpies tampaknya tidak akan terlalu terdampak oleh kepergian mereka pada musim panas 2023 nanti.

Baca Juga: Mantan Rival Evan Dimas Dibidik Spurs dan Newcastle

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya