5 Pemain Non-Eropa dengan Gol Terbanyak di Bundesliga

Pierre-Emerick Aubameyang salah satunya

Banyak pemain dari berbagai penjuru dunia pernah bermain di Bundesliga Jerman. Itu termasuk termasuk pemain non-Eropa.

Banyak di antara mereka berhasil menorehkan prestasi. Salah satunya dalam jumlah gol. Lima di antaranya bahkan menjadi pemain non-Eropa dengan jumlah gol terbanyak di Bundesliga.

1. Claudio Pizarro (197)

5 Pemain Non-Eropa dengan Gol Terbanyak di BundesligaClaudio Pizarro (bundesliga.com)

Pertama, ada pemain kelahiran Callao, Peru. Namanya Claudio Pizarro. Pria berusia 44 tahun ini sudah resmi gantung sepatu pada 2020 lalu. Semasa aktif bermain, Pizarro berhasil mengemas banyak gol di Bundesliga Jerman .

Pemain berposisi penyerang ini telah menyarangkan total 281 gol dalam kariernya, di mana 197 di antaranya dilakukan di Bundesliga. Pizarro sendiri pernah bermain untuk tiga klub Bundesliga, yakni Bayern Munich, FC Koeln, dan Werder Bremen.

2. Giovane Elber (133)

5 Pemain Non-Eropa dengan Gol Terbanyak di BundesligaGiovane Elber (fcbayern.com)

Giovane Elber adalah pemain berposisi penyerang yang kini berusia 50 tahun. Dia sudah gantung sepatu sejak 2005. Jauh sebelum itu, pria asal Brasil ini pernah bermain untuk beberapa klub di berbagai liga berbeda, termasuk Bundesliga Jerman.

Elber pernah memperkuat tiga klub Bundesliga, yakni Bayern Munich, VfB Stuttgart, dan Borussia Moenchengladbach. Pemain berpostur 180 sentimeter ini sukses mengemas 133 gol plus 56 assist di sana.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis dengan Gol Terbanyak di Bundesliga Jerman

3. Ailton (106)

5 Pemain Non-Eropa dengan Gol Terbanyak di BundesligaAilton (bundesliga.com)

Tidak seperti dua nama sebelumnya, Ailton masih aktif bermain di lapangan hijau hingga saat ini. Usia yang sudah 49 tahun seolah hanya angka bagi pria asal Brasil tersebut. Ailton kini bermain untuk klub Jerman bernama TSV Bassum III.

Dalam kariernya, penyerang berpostur 177 sentimeter ini sudah mengemas 162 gol. Sebanyak 106 di antaranya ia bukukan di Bundesliga bersama empat klub berbeda, yakni Werder Bremen, Hamburger SV, FC Schalke 04, dan MSV Duisburg. 

4. Pierre-Emerick Aubameyang (98)

5 Pemain Non-Eropa dengan Gol Terbanyak di BundesligaPierre-Emerick Aubameyang (bundesliga.com)

Nama Pierre-Emerick Aubameyang terdengar familier. Bukan tanpa sebab, pemain asal Gabon ini pernah membela sejumlah klub top Eropa. Sebut saja Arsenal, Barcelona, dan Chelsea.

Selain itu, Auba juga pernah bermain di Bundesliga Jerman. Penyerang berusia 33 tahun ini menorehkan total 98 gol di sana. Semuanya dicatatkannya semasa membela Borussia Dortmund.

5. Cha Bum Kun (98)

5 Pemain Non-Eropa dengan Gol Terbanyak di BundesligaCha Bum Kun (bundesliga.com)

Cha Bum Kun menjadi satu-satunya pemain Asia dalam daftar ini. Dia berasal dari Korea Selatan. Pria berusia 69 tahun ini sudah pensiun pada 1989 silam. Bum Kun sendiri memiliki koleksi gol yang sama banyak dengan Pierre-Emerick Aubameyang di BundesligaJerman , yakni 98 gol.

Torehan itu diraih Bum Kun bersama tiga klub, yakni Bayer 04 Leverkusen, SV Darmstadt 98, dan Eintracht Frankfurt. Semasa aktif bermain, penyerang berpostur 179 sentimeter ini menjadi andalan Timnas Korea Selatan. Bum Kun telah mengoleksi 130 caps dan 58 gol bersama Timnas Korea Selatan.

Dari beberapa nama di atas, hanya Pierre-Emerick Aubameyang dan Ailton yang belum pensiun. Ailton mungkin segera pensiun mengingat usianya yang sudah 49 tahun.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli Union Berlin dari Luar Bundesliga

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya