5 Pemain Termahal yang Dibeli Union Berlin dari Luar Bundesliga

Kebanyakan baru bergabung pada 2022/2023

Union Berlin memang tak setenar Bayern Munich atau Borussia Dortmund. Klub berjuluk Die Eisernen ini juga belum lama berkompetisi di Bundesliga Jerman. Union Berlin baru merasakan atmosfer kasta tertinggi untuk pertama kali pada 2019/2020. 

Sejak keberhasilan itu, Union Berlin mulai disorot sebab mampu menjadi tim kuda hitam. Performa apik ini tak lepas dari strategi transfer mereka yang jitu. Die Eisernen tak ragu memboyong pemain dengan harga mahal, termasuk dari luar Bundesliga.

Inilah lima pemain termahal yang dibeli Union Berlin dari luar Bundesliga.

1. Aissa Laidouni

5 Pemain Termahal yang Dibeli Union Berlin dari Luar BundesligaAissa Laidouni (instagram.com/laids_93)

Aissa Laidouni merupakan rekrutan anyar Union Berlin pada musim dingin 2023. Laidouni diboyong dari klub Hungaria, Ferencvaros. Die Eisernen membawanya ke Berlin dengan mahar 3 juta euro atau sekitar Rp49 miliar.

Laidouni direkrut untuk memperkuat lini tengah Die Eisernen yang butuh tambahan amunisi. Hasilnya pun terlihat. Laidouni dengan cepat menjadi pilar penting Union Berlin. Ia sudah bermain dalam 14 pertandingan di semua kompetisi per 27 April 2023.

2. Morten Thorsby

5 Pemain Termahal yang Dibeli Union Berlin dari Luar BundesligaMorten Thorsby (fc-union-berlin.de)

Setelah 3 musim membela Sampdoria, Morten Thorsby akhirnya pindah. Ia hengkang ke Union Berlin pada musim panas 2022. Die Eisernen merogoh kocek sebesar 3 juta euro atau sekitar Rp49 miliar untuk mendaratkannya ke Stadion An der Alten Foersterei.

Gelandang berpaspor Norwegia itu memberikan warna baru di lini tengah Die Eisernen. Thorsby tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan gaya permainan timnya. Ia sudah bermain dalam 31 penampilan serta mempersembahkan 1 gol dan 1 assist per 27 April 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Union Berlin yang Paling Sering Tampil Membela Timnas

3. Jordan Pefok

5 Pemain Termahal yang Dibeli Union Berlin dari Luar BundesligaJordan Pefok (bundesliga.com)

Musim 2022/2023 merupakan musim perdana Jordan Pefok berseragam Union Berlin. Ia bergabung dari klub Swiss, BSC Young Boys. Pefok dibeli Die Eisernen dengan biaya mencapai 6 juta euro atau sekitar Rp99 miliar.

Pefok direkrut untuk mengisi lini depan Union Berlin yang sempat berlubang. Kontribusinya pun masih belum maksimal sejauh ini. Striker berkebangsaan Amerika Serikat itu baru mengemas 5 gol dan 3 assist dari 37 penampilan per 27 April 2023.

4. Taiwo Awoniyi

5 Pemain Termahal yang Dibeli Union Berlin dari Luar BundesligaTaiwo Awoniyi (twitter.com/taiwoawoniyi18)

Union Berlin berhasil mengembangkan potensi Taiwo Awoniyi setelah tak terpakai di Liverpool. Awoniyi berkembang pesat bersama Die Eisernen. Kualitasnya sebagai mesin gol meningkat sehingga benar-benar menjadi tumpuan Union Berlin.

Awoniyi awalnya bergabung dengan status pinjaman pada musim panas 2020. Karena tampil menjanjikan, jasanya dipermanenkan dengan mahar 9 juta euro atau sekitar Rp149 miliar. Awoniyi mengemas 25 gol selama berseragam klub sekota Hertha Berlin itu. Dia kemudian dibeli Nottingham Forest pada musim panas 2022.

5. Josip Juranovic

5 Pemain Termahal yang Dibeli Union Berlin dari Luar BundesligaJosip Juranovic (twitter.com/fcunion_en)

Josip Juranovic juga berstatus sebagai pemain termahal yang dibeli Union Berlin. Ia merapat ke Die Eisernen pada musim dingin 2023 lalu. Juranovic bergabung dari Celtic dengan biaya 9 juta euro atau sekitar Rp149 miliar.

Juranovic langsung mendapatkan kepercayaan untuk mengisi sisi kanan pertahanan Die Eisernen. Ia membayar lunas semuanya dengan membukukan 14 penampilan di semua kompetisi per 27 April 2023. Ia juga mencetak 4 gol dan 3 assist.

Harga kelima pemain di atas sebenarnya tidak terlalu mahal. Namun, Union Berlin mampu menyulap mereka menjadi pemain penting. Itu berpengaruh kepada performa Die Eisernen yang mampu bersaing di papan atas Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain Bebas Transfer Union Berlin pada 2022/2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya