5 Pemain Prancis dengan Koleksi Gol Terbanyak di Ligue 1

Kylian Mbappe tentu masuk daftar ini

Prancis memang dikenal sebagai salah satu negara dengan kualitas sepak bola terbaik. Banyak pemain hebat berasal dari Prancis. Salah dua contohnya Thierry Henry dan Zinedine Zidane.

Di Ligue 1 Prancis sendiri, beberapa pemain Prancis berhasil memuncaki daftar pencetak gol terbanyak. Siapa sajakah para pemain tersebut?

1. Jean-Pierre Papin (156 gol)

https://www.youtube.com/embed/NFI8UpT_Pec

Jean-Pierre Papin lahir pada 5 November 1963 di Prancis. Usianya kini 58 tahun. Ia sudah gantung sepatu sejak 1 Juli 2009. Kendati demikian, namanya masih menduduki peringkat teratas sebagai pemain Prancis dengan koleksi gol terbanyak di Ligue 1 Prancis. Papin sudah mengumpulkan sebanyak 156 gol. 

Papin mencatatkan 156 golnya di Ligue 1 saat membela Olympique Marseille dan FC Girondins Bordeaux. Selain moncer di klub, Papin juga cukup tajam di timnas Prancis. Ia berhasil membukukan 30 gol dari 54 pertandingan yang dilakoni bersama timnas Prancis.

2. Lilian Laslandes (126 gol)

https://www.youtube.com/embed/o1gbDbfEHXY

Lilian Laslandes adalah mantan pemain yang berposisi sebagai penyerang. Ia sudah pensiun sejak 1 Juli 2008. Semasa aktif bermain, Laslandes berhasil mencatatkan total 126 gol di Ligue 1 Prancis.

Pemain kelahiran 4 September 1971 ini terakhir bermain untuk OGC Nice. Namun, Laslandes mengumpulkan gol terbanyaknya di Ligue 1 Prancis saat memperkuat FC Girondins Bordeaux. Torehan golnya saat itu mencapai 71 gol dalam 235 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Senior yang Tampil di Ligue 1 Prancis 2021/2022

3. Kylian Mbappe (122 gol)

5 Pemain Prancis dengan Koleksi Gol Terbanyak di Ligue 1Kylian Mbappe (ligue1.com)

Nama Kylian Mbappe pasti sudah tidak asing bagi semua orang. Bintang muda yang sekarang memperkuat Paris Saint-Germain ini memang tidak diragukan ketajamannya. Sejauh ini, Mbappe sudah mengumpulkan 122 gol di Ligue 1 Prancis.

Pemain yang dikenal dengan kecepatan, kontrol bola, dan kemampuan penyelesaian yang hebat ini sempat bermain untuk AS Monaco sebelum hijrah ke PSG. Mbappe juga menjadi andalan di timnas Prancis. Ia telah mengumpulkan 24 gol dalam 53 pertandingan bersama timnas Prancis.

4. Bafetimbi Gomis (122 gol)

5 Pemain Prancis dengan Koleksi Gol Terbanyak di Ligue 1Bafetimbi Gomis (twitter.com/squawka)

Bafetimbi Gomis mengumpulkan sebanyak 122 gol di Ligue 1 Prancis. Pemain yang sekarang membela klub Galatasaray ini berposisi sebagai penyerang. Gomis mencatatkan gol terbanyaknya di Ligue 1 semasa membela Olympique Lyon dengan torehan 95 gol dalam 244 pertandingan.

Gomis pernah 12 kali membela timnas Prancis dan berhasil mencatatkan 3 gol. Selain di Ligue 1, pemain yang sudah berusia 36 tahun ini pernah membela berbagai klub di liga berbeda, seperti Swansea City (Liga Inggris), Al-Hilal (Liga Arab Saudi), dan Galatasaray (Liga Turki).

5. Wissam Ben Yedder (116 gol)

5 Pemain Prancis dengan Koleksi Gol Terbanyak di Ligue 1Wissam Ben Yedder (ligue1.com)

Wissam Ben Yedder lahir di Sarcelles, Prancis, pada 12 Agustus 1990. Saat ini, ia bermain untuk AS Monaco dan berposisi sebagai striker. Ketajamannya di lini serang sudah terbukti dengan berhasil mengoleksi 116 gol di Ligue 1 Prancis.

Ben Yedder dikontrak AS Monaco hingga 30 Juni 2024 mendatang. Sebelum hijrah ke Monaco, ia sempat membela klub LaLiga Spanyol, Sevilla, selama 3 tahun. Ia juga pernah 16 kali mewakili timnas Prancis dan berhasil mencatatkan 2 gol. 

Akankah Kylian Mbappe, dengan potensi besar yang dimiliki, mampu menduduki peringkat pertama pencetak gol terbanyak di Ligue 1 Prancis? Atau benarkah Mbappe segera meninggalkan PSG dan pindah ke Real Madrid?

Baca Juga: Selain Mbappe, 5 Pemain Ligue 1 Prancis Ini Juga Tampil Impresif

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya