6 Pemain yang Pergi dari Hertha Berlin pada Musim Panas 2023

Lukas Ullrich merapat ke Borussia Moenchengladbach

Performa Hertha Berlin pada 2022/2023 bisa dibilang buruk. Bagaimana tidak, mereka menempati peringkat terbawah klasemen Bundesliga Jerman 2022/2023. Hal itu membuat klub asuhan Pal Dardai ini harus terdegradasi ke Bundesliga 2 pada musim depan.

Bersamaan dengan itu, Hertha Berlin juga kehilangan beberapa pemainnya pada musim panas 2023. Para pemain itu hengkang lantaran kontraknya tidak diperpanjang oleh klub. Ada sedikitnya enam pemain yang pergi dari Hertha Berlin pada musim panas 2023.

1. Kevin-Prince Boateng

6 Pemain yang Pergi dari Hertha Berlin pada Musim Panas 2023Kevin-Prince Boateng (bundesliga.com)

Kevin-Prince Boateng memperkuat Hertha Berlin selama dua periode, yakni 2005--2007 dan 2021--2023. Pada periode pertama, Boateng promosi dari akademi Hertha Berlin ke tim senior. Pada periode kedua, dia didatangkan dari AC Monza secara gratis lantaran berstatus bebas transfer.

Boateng sendiri adalah pemain dengan segudang pengalaman. Dia pernah bermain untuk sejumlah klub papan atas Eropa, seperti Barcelona, Tottenham Hotspur, Borussia Dortmund, hingga AC Milan. Sayang, kontrak Boateng bersama Hertha Berlin habis pada 30 Juni 2023. Sang pemain memutuskan pensiun.

2. Rune Jarstein

6 Pemain yang Pergi dari Hertha Berlin pada Musim Panas 2023Rune Jarstein (herthabsc.com)

Rune Jarstein termasuk nama lama di skuad Hertha Berlin. Bagaimana tidak, pemain berposisi kiper ini sudah berkostum Hertha Berlin sejak 2014. Secara usia, Jarstein lebih veteran ketimbang Kevin-Prince Boateng dengan usia yang menginjak 38 tahun.

Selama memperkuat Hertha Berlin, Jarstein mengemas 260 kali kebobolan dan 52 kali clean sheet dalam 179 pertandingan. Sayang, dia harus pergi setelah habis kontrak pada 30 Juni 2023. Posisi yang hanya kiper pelapis dan usia yang sudah tidak muda tampaknya membuat Hertha Berlin enggan memperpanjang kontraknya.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli Hertha Berlin, Mampu Bersinar?

3. Stevan Jovetic

6 Pemain yang Pergi dari Hertha Berlin pada Musim Panas 2023Stevan Jovetic (herthabsc.com)

Selanjutnya, ada pemain berkebangsaan Montenegro bernama Stevan Jovetic. Dia biasa beroperasi di lini depan lantaran berposisi penyerang. Jovetic sendiri sudah berkostum Hertha Berlin sejak musim panas 2021. 

Pemilik 65 caps dan 31 gol bersama Timnas Montenegro ini telah mengemas sedikitnya 11 gol dan 4 assist dalam 40 pertandingan bersama Hertha Berlin. Sayang, dia pergi setelah kontraknya habis pada 30 Juni 2023. Belum diketahui klub mana yang menjadi destinasi Jovetic berikutnya.

4. Peter Pekarik

6 Pemain yang Pergi dari Hertha Berlin pada Musim Panas 2023Peter Pekarik (herthabsc.com)

Peter Pekarik termasuk nama lama di skuad Hertha Berlin. Bukan tanpa sebab, pemain berposisi bek kanan ini sudah berkostum Hertha Berlin sejak 2012. Kontrak Pekarik akhirnya habis pada 30 Juni 2023 dan tidak diperpanjang.

Salah satu alasannya mungkin usia Pekarik yang sudah menginjak 36 tahun. Selama memperkuat Hertha Berlin, dia sendiri telah mengumpulkan 6 gol dan 13 assist dalam 226 pertandingan. Torehan gol dan assist yang tidak banyak dapat dimaklumi lantaran dia adalah seorang bek. 

5. Marvin Plattenhardt

6 Pemain yang Pergi dari Hertha Berlin pada Musim Panas 2023Marvin Plattenhardt (instagram.com/platte21_official)

Kapten Hertha Berlin, Marvin Plattenhardt, juga masuk dalam daftar ini. Bek kiri berusia 31 tahun ini sudah memperkuat klub sejak 2014. Sayang, kontrak Plattenhardt yang habis pada 30 Juni 2023 tidak diperpanjang Hertha Berlin.

Selama memperkuat Hertha Berlin, Plattenhardt mampu mencatatkan 8 gol dan 36 assist  dalam 239 pertandingan. Hertha Berlin mungkin bisa terdampak dengan kepergian pemilik tujuh caps bersama Timnas Jerman ini. Meski bukan pemain inti di skuad, peran Plattenhardt sebagai kapten kesebelasan cukup penting.

6. Lukas Ullrich

6 Pemain yang Pergi dari Hertha Berlin pada Musim Panas 2023Lukas Ullrich (instagram.com/lukas.ullrich_)

Lukas Ullrich menjadi pemain termuda dalam daftar ini dengan usia yang masih 19 tahun. Dia merupakan produk binaan akademi Hertha Berlin yang promosi ke tim senior pada musim panas 2022. Ullrich sejatinya belum masuk tim utama. Dia bermain di Hertha Berlin II.

Sayang, pemain berposisi bek kiri ini bertahan semusim saja di Hertha Berlin II. Kontraknya habis pada 30 Juni 2023. Ullrich sendiri merapat ke sesama klub Jerman, Borussia Moenchengladbach, secara gratis pada 1 Juli 2023 lantaran berstatus pemain bebas transfer.

Selain Lukas Ullrich, semua pemain di atas adalah pemain veteran yang sudah berusia kepala tiga. Performa mereka pun makin menurun seiring bertambahnya usia. Atas dasar itu, tidak heran kontrak mereka tidak diperpanjang Hertha Berlin.

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal Hertha Berlin, Untung Besar!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya