5 Penyerang dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester City

Pernah dengar Niall Quinn?

Status Manchester City sebagai klub papan atas di English Premier League (EPL) memang tak terbantahkan. Sudah banyak penghargaan yang diraih klub yang bermarkas di Etihad Stadium ini. Mereka juga berhasil finis di peringkat teratas klasemen akhir EPL musim 2021/2022 lalu.

Dalam sejarahnya, Manchester City pernah memiliki sederet penyerang top yang turut andil dalam kesuksesan City. Berikut ini akan dibahas lima penyerang dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah Manchester City.

1. Sergio Aguero (260 gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester CitySergio Aguero (mancity.com)

Sergio Aguero adalah pemain asal Argentina yang menjadi pencetak gol terbanyak dalam daftar ini. Selama 10 tahun berkarier bersama Manchester City, setidaknya 260 gol dan 73 assist telah dibukukan penyerang berusia 34 tahun ini.

Aguero pun sempat berpindah ke klub raksasa Spanyol, Barcelona, pada 1 Juli 2021, namun tidak bertahan lama lantaran sang pemain mengalami masalah jantung. Karier Aguero pun berakhir setelah ia gantung sepatu pada 15 Desember 2021 akibat masalah jantung yang ia derita.

2. Gabriel Jesus (95 gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester CityGabriel Jesus (mancity.com)

Selanjutnya, ada pemain asal Brasil bernama Gabriel Jesus. Pria berusia 25 tahun ini kini membela klub Premier League lain, Arsenal. Gabriel sendiri baru meninggalkan Manchester City pada 4 Juli 2022 lalu.

Kiprah pemain dengan 56 caps dan 19 gol bersama Timnas Brasil ini di Arsenal bisa dibilang cukup gemilang. Bagaimana tidak, ia sukses membukukan 95 gol dan 46 assist  dalam 236 pertandingan di semua ajang bersama Manchester City.

Baca Juga: Gabriel Jesus Mendapatkan Kebebasan di Arsenal

3. Shaun Goater (81 gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester CityShaun Goater (mancity.com)

Shaun Goater memiliki latar belakang yang cukup menarik. Pemain yang kini telah berusia 52 tahun ini sejatinya merupakan jebolan akademi Manchester United. Kendati demikian, Shaun berhasil dibajak oleh rival abadi United, Manchester City, yang menjadi klub terlama yang diperkuat Shaun.

Shaun sendiri bermain untuk Manchester City selama 5 tahun (1998--2003). Dalam kurun waktu itu, penyerang berkebangsaan Bermuda ini membukukan 81 gol dan 1 assist dalam 161 pertandingan bersama Manchester City.

4. Edin Dzeko (72 gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester CityEdin Dzeko (skysports.com)

Edin Dzeko adalah pemain tertua yang masih aktif dalam daftar ini dengan usia yang telah menapak 36 tahun. Jauh sebelum itu, Pria asal Bosnia ini sempat menjadi ujung tombak Manchester City pada 2011 hingga 2015.

Ketajaman Dzeko sebagai seorang penyerang sudah terbukti dengan 72 gol plus 38 assist  yang telah ia bukukan dalam 189 pertandingan bersama Manchester City. Dzeko juga patut diapresiasi lantaran masih mampu tampil kompetitif di Serie A Italia bersama Inter Milan di usia yang sudah tidak muda.

5. Niall Quinn (60 gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester CityNiall Quinn (twitter.com/ManCity)

Niall Quinn merupakan pria asal Irlandia yang sudah gantung sepatu sejak 2002 silam. Pria berusia 56 tahun ini menjadi andalan di lini serang Timnas Irlandia pada masanya. Hal itu terbukti dari 91 caps dan 21 gol Niall bersama Timnas Irlandia.

Di level klub, Niall pernah berkiprah bersama Manchester City. Ia menghabiskan 6 tahun berseragam City (1990--1996) serta mencatatkan 60 gol dan 18 assist dalam 202 pertandingan. Selain itu, Niall juga pernah bermain untuk klub Inggris lain, yakni Sunderland dan Arsenal.

 

Sergio Aguero bisa dibilang yang tersukses dalam daftar ini jika melihat sumbangan golnya bagi Manchester City. Koleksi gol Gabriel Jesus sebagai pesaing terdekatnya juga memiliki gap cukup jauh dengan milik Aguero. Nampaknya, nama Aguero akan bertahan di puncak untuk waktu yang cukup lama.

Baca Juga: 5 Gelandang Manchester City pada 2022/2023, Kunci Moncernya Haaland!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya