Pandangan Alvaro Bautista Terhadap Kondisi Sulit Marc Marquez

Marc Marquez masih belum tampil maksimal di atas RC213V

Marc Marquez belum tampil maksimal dalam putaran pertama MotoGP 2023. Ia belum meraih kemenangan saat sprint ataupun main race. Pembalap Repsol Honda itu juga beberapa kali absen lantaran mengalami cedera.

Fase-fase sulit yang dialami Marc Marquez menjadi sorotan banyak pihak. Alvaro Bautista termasuk yang mengamati perkembangan kondisi Marc Marquez dalam beberapa waktu terakhir. Menurutnya, berulang kali absen akibat cedera memberi dampak pada mental pembalap asal Spanyol itu.

1. Marc Marquez masih belum tuntaskan puasa kemenangan main race MotoGP

Pandangan Alvaro Bautista Terhadap Kondisi Sulit Marc MarquezMarc Marquez saat menjalani pekan balap GP Jerman 2023. (motogp.com)

Marc Marquez masih belum memutus puasa kemenangan di kelas MotoGP pada musim ini. GP Emilia Romagna 2021 jadi kali terakhir Marc Marquez finis terdepan saat main race. Selepas itu, kakak kandung Alex Marquez itu belum pernah kembali menjejakkan kaki di podium tertinggi.

Pada 2023, Marc Marquez belum sekali pun meraih poin saat main race. Dalam tiga kali main race di GP Portugal, Prancis, dan Italia, Marc Marquez tak mampu menuntaskan balapan karena mengalami insiden. Ia pun juga terpaksa absen saat main race GP Jerman dan Belanda karena kondisi fisiknya yang tidak bugar.

Sebelumnya, Marc Marquez sempat absen dalam tiga pekan balap di GP Argentina, Amerika, dan Spanyol. Itu menyusul cedera tulang metakarpal tangan kanan yang diderita Marc Marquez usai mengalami insiden dengan Miguel Oliviera ketika main race GP Portugal. Alhasil, 15 poin yang diperoleh Marc Marquez di klasemen pembalap seluruhnya berasal dari hasil sprint race. Adapun hasil terbaik Marc Marquez saat sprint race adalah finis ketiga di GP Portugal.

2. Bautista menilai absen panjang karena cedera punya andil dalam kondisi mental Marc Marquez

Pandangan Alvaro Bautista Terhadap Kondisi Sulit Marc Marquezpembalap Repsol Honda Marc Marquez (motogp.com)

Kesulitan yang tengah dialami Marc Marquez mendapat perhatian dari Alvaro Bautista. Pembalap Aruba.it Racing Ducati itu menilai sulit menilai kondisi Marc Marquez karena dirinya berada di sisi pembalap bernomor motor 93 tersebut. Akan tetapi, Bautista yakin ada jejak yang tertinggal dalam diri Marc Marquez akibat berulang kali absen demi memulihkan kondisi fisik yang cedera.

“Aku pikir itu meninggalkan bekas luka mental ketika Anda harus meluangkan banyak waktu di luar trek dan melalui banyak operasi. Itu bahkan ketika Anda berpikir bahwa Anda sepenuhnya pulih. Kondisi fisik adalah satu hal penting, tetapi sisi mental juga adalah hal penting lainnya. Marc Marquez punya banyak bakat, tetapi Anda tak bisa mengandalkan itu saja dalam kondisi seperti saat ini,” kata Bautista dilansir Speedweek.

3. Selain masalah fisik dan mental, Marc Marquez juga dinilai alami kesulitan dari sisi teknis motor

Pandangan Alvaro Bautista Terhadap Kondisi Sulit Marc MarquezMarc Marquez saat menjalani pekan balap GP Jerman 2023. (motogp.com)

Selain masalah mental, Bautista juga menyoroti masalah teknis dari RC213V yang juga memberi kesulitan untuk Marc Marquez. Juara WorldSBK 2022 itu menyarankan Marc Marquez untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi pada motor MotoGP saat ini. Bautisa juga menilai gaya balap agresif yang kerap diperlihatkan Marc Marquez juga tak lagi bekerja optimal.

“Secara teknis, dia tidak berada di posisi terbaik. Honda tak memungkinkannya berkendara sesuai yang dia inginkan. Aku juga berpikir bahwa cara Anda berkendara di MotoGP telah berubah karena aerodinamika, elektronik, dan semua temuan yang telah dibuat. Itu dimulai ketika Marc Marquez cedera.

Saat dia kembali, dia menemukan MotoGP yang benar-benar berbeda, berkendara dengan berbeda, serta kurang agresif. Anda bisa melihat bahwa mereka sedikit melakukan drift sekarang. Marc Marquez selalu agresif, tetapi Anda bisa lihat bahwa hal itu tidak lagi bekerja,” jelas Bautista.

Saat ini Marc Marquez disibukkan dengan latihan fisik di sela liburan musim panas. Ini memberi pertanda bahwa dirinya berpeluang comeback saat GP Inggris yang digelar pada 4–6 Agustus 2023 mendatang. Menarik untuk menantikan seperti apa pencapaian Marc Marquez pada paruh kedua MotoGP musim ini.

Baca Juga: Presiden HRC Tak Ingin Memaksa Marc Marquez Bertahan di Honda

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya