Comscore Tracker

Sergio Perez Menolak Peran Pembalap Kedua di Red Bull

Ingin dapat perlakuan yang sama dengan Verstappen

Meski musim 2021 belum usai, para tim Formula 1 sedang getol menyodorkan kontrak baru kepada para pembalapnya agar bertahan. Ini juga dilakukan oleh Red Bull kepada Sergio Perez.

Namun, ada hal yang membuat pembicaraan kontrak kedua pihak menjadi lebih berat. Pasalnya, pembalap asal Meksiko itu menolak peran sebagai pembalap kedua di Red Bull.

1. Tak ingin menjadi pembalap kedua, Perez berharap dapat perlakuan sama dengan Verstappen

Sergio Perez Menolak Peran Pembalap Kedua di Red BullSergio Perez di sela waktu GP Emilia Romagna (formula1.com)

Dilansir GPBlog, Perez tak ingin menjadi sebagai pembalap nomor dua di bawah bayang-bayang Max Verstappen. Pembalap dengan nomor mobil 11 itu ingin mendapat perlakuan yang sama seperti yang didapat rekan setimnya.

Kondisi ini yang membuat diskusi perpanjangan kontrak Perez jadi lebih sulit. Terlebih, Red Bull sendiri menyukai peran Perez sebagai pembalap kedua yang mampu membantu Verstappen dan tim dalam meraih lebih banyak poin.

2. Perez bisa tolak perpanjangan kontrak, tapi akan membuatnya kesulitan

Sergio Perez Menolak Peran Pembalap Kedua di Red BullPembalap Red Bull Sergio Perez (formula1.com)

Sejatinya, Perez bisa saja menolak perpanjangan kontrak Red Bull untuk musim 2022 yang mencantumkan klausul sebagai pembalap kedua. Akan tetapi, ia akan dihadapkan pada posisi sulit. Tak banyak kursi lowong dari tim lain yang bisa dijajaki.

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, Red Bull pun sudah menyiapkan rencana mencari pengganti Perez. Pembalap AlphaTauri, Pierre Gasly, menjadi kandidat kuat untuk memperkuat tim yang dipimpin Christian Horner itu.

Selain Gasly, ada pula nama Alexander Albon yang masuk daftar pengganti Perez. Pembalap berkebangsaan Thailand itu kini menyandang posisi sebagai pembalap cadangan Red Bull. Ada sedikit kemungkinan Albon mendapat kesempatan kedua di tim tersebut untuk kembali balapan satu musim penuh.

Baca Juga: F1 2021: Perez Butuh 5 Balapan Untuk Bisa Cepat dengan Red Bull

3. Performa Perez bersama Red Bull dalam 11 balapan di musim 2021 terbilang tak terlalu buruk

Sergio Perez Menolak Peran Pembalap Kedua di Red BullSergio Perez kala menangi GP Azerbaijan (formula1.com)

Performa Perez bersama Red Bull di musim 2021 ini sebenarnya tidak terlalu buruk. Ia bertengger di peringkat ke-5 klasemen sementara dengan 104 poin. Meski begitu, ia baru sekali menang dari 11 balapan.

Kemenangan Perez terjadi saat balapan di Baku, Azerbaijan. Ia sukses menyelamatkan muka Red Bull setelah Verstappen gagal finis akibat insiden pecah ban yang membuat balapan sempat dihentikan.

Selepas itu, Perez naik podium usai finis ketiga pada GP Prancis. Namun, pada dua balapan terakhir dirinya gagal meraih poin pada GP Inggris dan Hungaria.

4. Performa Perez mendapat apresiasi dari Christian Horner

Sergio Perez Menolak Peran Pembalap Kedua di Red BullSergio Perez dan Christian Horner (formula1.com)

Performa Perez selama menjalani 11 balapan musim ini juga mendapat apresiasi dari Christian Horner. Menurutnya, Perez mampu memberi kontribusi, khususnya untuk menambah jumlah poin Red Bull di klasemen konstruktor.

“Dia membawa kami pada apa yang diharapkan. Kami melihatnya di Baku ketika dirinya menang dan mendapat poin yang sangat penting untuk klasemen konstruktor. Pada kesempatan lain seperti di Prancis dia bermain sebagai pembalap sejati untuk tim. Kami sangat senang dengan pekerjaan yang dia lakukan,” kata Horner dikutip Motorsport Magazine.

5. Sisa balapan musim 2021 jadi ajang pembuktian Perez kepada Red Bull

Sergio Perez Menolak Peran Pembalap Kedua di Red BullSergio Perez saat berada di belakang kemudi RB16B (formula1.com)

Balapan Formula 1 berikutnya akan berlangsung di Spa-Francorchamps, Belgia, pada 27--29 Agustus mendatang. Pada momen itu, Perez masih punya peluang menunjukkan kapasitasnya untuk meyakinkan tim agar mendapat perlakuan yang sama dengan Verstappen di musim berikutnya.

Masih ada beberapa balapan tersisa di musim ini sebagai panggung baginya untuk menunjukkan kemampuan. Mari kita nantikan akan berakhir seperti apa diskusi kontrak Perez dengan Red Bull.

Baca Juga: 5 Pembalap F1 yang Meraih Kemenangan saat Membalap Bersama Red Bull

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya