5 Pemain Al-Shabab yang Membela Negara Mereka di Piala Dunia 2022

Salah satunya adalah kiper utama Korea Selatan

Al Shabab menjadi salah satu klub Liga Pro Saudi yang menyumbang pemain terbanyak ke Piala Dunia. Perlu kita ketahui, Liga Pro Saudi menjadi salah satu kompetisi domestik terbaik di Benua Asia.

Dua pemain asing dan tiga pemain lokal mereka mendapatkan panggilan Timnas untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Siapa saja para pemain Al-Shabab yang membela negara mereka di Piala Dunia kali ini? Berikut daftarnya.

1. Kim Seung Gyu (Korea Selatan)

5 Pemain Al-Shabab yang Membela Negara Mereka di Piala Dunia 2022potret Kim bersama Al-Shabab (instagram.com/alshababsaudifc)

Kiper andalan milik Korea Selatan saat ini, Kim Seung Gyu, berstatus sebagai pemain Al-Shabab setelah pada awal Juli 2022 lalu didatangkan dari Kashiwa Reysol. Di Liga Pro Saudi, ia selalu tampil penuh dan tak tergantikan di bawah mistar.

Sejauh ini, Kim Seung Gyu telah mencatatkan 68 caps bersama Timnas Korea Selatan sejak debutnya pada Agustus 2013. Kiper berusia 32 Tahun ini juga menjadi salah satu pemain paling senior di kubu Taegeuk Warriors yang dibawa ke Piala Dunia 2022 Qatar.

2. Grzegorz Krychowiak (Polandia)

5 Pemain Al-Shabab yang Membela Negara Mereka di Piala Dunia 2022potret Krychowiak (instagram.com/alshababsaudifc)

Grzegorz Krychowiak juga merupakan pemain penting yang dimiliki Timnas Polandia. Pemain 32 tahun yang bermain di posisi gelandang bertahan ini dipinjam oleh Al-Shabab dari klub Rusia, Krasnodar, hingga satu musim ke depan.

Di Liga Pro Saudi musim ini, Krychowiak selalu tampil dalam 8 pertandingan. Bahkan, di level timnas, ia seperti tak pernah absen medapat panggilan. Pemilik nomor punggung 10 di Timnas Polandia ini juga sudah mencatatkan 96 caps dan berhasil menyumbang 5 gol serta 6 assist.

Baca Juga: Klasemen Grup C: Polandia dan Argentina Harus Saling Bunuh

3. Nawaf Al Abed (Arab Saudi)

5 Pemain Al-Shabab yang Membela Negara Mereka di Piala Dunia 2022potret Abed bersama Al-Shabab (instagram.com/nawaf_alabid)

Piala Dunia 2022 Qatar kali ini menjadi Piala Dunia pertama bagi seorang Nawaf Al Abed meskipun ia sudah membuat 56 penampilan bersama Arab Saudi. Bahkan, gelandang 32 tahun tersebut juga telah berhasil mencetak 9 gol selama bermain di level timnas.

Penampilannya bersama Al-Shabab yang tak terlalu mencolok musim ini selalu menjadi pertanyaan mengapa ia dipanggil Herve Renard di Skuad Elang Hijau. Hingga pekan ke 8 Saudi Pro League, Nawaf Al Abed hanya tampil sebanyak 6 kali, bahkan 5 di antaranya bermain sebagai pemain pengganti.

4. Hattan Bahebri (Arab Saudi)

5 Pemain Al-Shabab yang Membela Negara Mereka di Piala Dunia 2022potret Bahbri bersama Arab Saudi (instagram.com/bahbri27)

Berbeda dengan Nawaf Al Abed, Piala Dunia kali ini menjadi yang kedua bagi seorang Hattan Bahebri. Pada pertandingan menghadapi Polandia kemarin, winger 30 tahun ini hanya tampil selama 1 menit di ujung pertandingan kala menggantikan Nawaf Al Abed.

Pemain yang sudah mencatatkan 41 caps serta 4 gol bagi Timnas Arab Saudi ini sudah satu setengah musim membela Al-Shabab. Sebelumnya, ia pernah bermain untuk beberapa klub lokal lainnya, yakni Al-Hilal, Al Ittihad, dan Al-Khaleej.

5. Hassan Tambakti (Arab Saudi)

5 Pemain Al-Shabab yang Membela Negara Mereka di Piala Dunia 2022potret Tambakti bersama Arab Saudi (instagram.com/hos__5)

Hassan Tambakti terhitung merupakan pemain baru di skuad Arab Saudi. Bek tengah berusia 23 tahun tersebut baru memulai debutnya bersama pasukan Elang Hijau pada Agustus 2019. Kini, ia sudah membuat 20 caps, termasuk satu pertandingan Piala Dunia melawan Argentina.

Hassan Tambakti sendiri merupakan pemain asli binaan Al-Shabab. Sempat dipinjamkan ke Al Wehda pada musim 2019/2020, ia kembali dan langsung tampil reguler dalam menjaga pertahanan Al-Shabab. Penampilan impresifnya tersebut yang membawanya ke skuad Piala Dunia Arab Saudi. 

 

Sebagai salah satu klub besar di Arab Saudi, tentu bukan hal yang mengejutkan bagi Al-Shabab ketika menyumbang beberapa pemain untuk Piala Dunia. Kira-kira, bagaimana kiprah mereka di Piala Dunia 2022 Qatar kali ini? Kita tunggu saja!

Baca Juga: Kalah dari Argentina, Meksiko Wajib Menang Telak Lawan Arab Saudi

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya