Malaysia Juara Piala AFF U-19 2022!

Malaysia mengalahkan Laos 2-0

Jakarta, IDN Times - Laos tumbang dalam laga final Piala AFF U-19 2022. Bersua Malaysia di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7/2022) malam, skuad asuhan Hans Michael Weiss itu kalah dengan skor 0-2.

Dua gol kemenangan Malaysia di laga ini dicetak oleh Faiz Amer ('15), Aliff Izwan ('77). Mereka pun sukses menjuarai lagi Piala AFF U-19, setelah terakhir kali juara pada 2018 silam.

Pada awal-awal babak pertama, kedua tim tampak masih meraba-raba permainan. Baik itu Laos maupun Malaysia masih saling membaca. Meski pernah bertemu di babak penyisihan, keduanya tidak gegabah dalam memulai laga.

Seiring laga berjalan, Malaysia coba tampil lebih agresif. Upaya mereka membuahkan hasil pada menit 15. Berawal dari sebuah situasi sepakan bebas, Muhammad Faiz Amer berhasil membobol gawang Laos. Skor berubah 1-0 untuk Malaysia.

Tertinggal satu angka, Laos berusaha untuk mengejar. Alih-alih bertahan, mereka coba menekan pertahanan Malaysia. Akan tetapi, dibandingkan laga fase grup lalu, Malaysia lebih siap di laga ini. Mereka mampu mengunci lini serang Laos.

Peeter Phanthavong, pencetak gol terbanyak Laos, berhasil dikunci di laga ini. Bukan cuma itu, Malaysia juga merapatkan pertahanan mereka, terutama di area sepertiga akhir. Hal itu membuat lini serang Laos kebingungan.

Laos pun memaksa untuk menaikkan garis pertahanan mereka, dengan tujuan meningkatkan tekanan ke lini pertahanan Malaysia. Sialnya, hal itu justru membuat lini pertahanan Laos berlubang, terutama di sisi kanan.

Beruntung bagi Laos, serangan-serangan Malaysia sepanjang babak pertama ini tidak begitu tajam. Dengan kebuntuan yang dialami oleh kedua tim di sisa waktu babak pertama, skor 1-0 untuk Malaysia bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Laos tampil lebih agresif. Mereka benar-benar meninggalkan sepak bola bertahan yang jadi senjata mereka, dan coba untuk memberikan tekanan lebih bagi pertahanan Malaysia. Sisi kanan jadi titik serangan Laos.

Beberapa kali, manuver dilakukan oleh para pemain Laos dari titik tersebut. Kadang, kombinasi dilakukan dengan para pemain yang berada di tengah. Akan tetapi, Laos kesulitan. Lini pertahanan Malaysia masih menunjukkan kerapatannya di babak kedua ini.

Berada dalam posisi unggul, Malaysia tampal bermain dengan santai. Mereka mengatur aliran bola sedemikian rupa dan tidak menggebu-gebu dalam menyerang. Situasi ini terus berlangsung hingga menit 75. Pada menit 77, Malaysia menambah keunggulan.

Berawal dari umpan matang di sisi kanan, Malaysia, sontekan kaki kiri Aliff Izwan berhasil membobol gawang Laos. Keunggulan Malaysia bertambah 2-0. Mereka semakin nyaman melalui laga.

Di sisa waktu babak kedua, Laos masih bersemangat menyerang. Namun, kebuntuan masih menghinggapi mereka. Alhasil, Malaysia berhasil mengunci kemenangan 2-0 di laga ini, sekaligus menahbiskan diri sebagai juara Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga: Laos Menjelma Kekuatan Baru di Piala AFF U-19 2022

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya