Comscore Tracker

Piala Eropa 2020: Portugal On Fire, Jerman Belum Panas! 

Jerman menelan pil pahit saat menghadapi Prancis

Jakarta, IDN Times - Jerman akan menghadapi Portugal dalam laga kedua babak penyisihan Grup F Piala Eropa 2020 di Allianz Arena, Sabtu (19/6/2020) pukul 23.00 WIB.

Ini akan menjadi duel sengit karena kedua tim sama-sama memperebutkan peluang lolos ke babak 16 besar. Selain itu, kedua tim juga sama-sama dipenuhi para pemain bintang.

1. Portugal cukup percaya diri

Piala Eropa 2020: Portugal On Fire, Jerman Belum Panas! Cristiano Ronaldo ketika membela tim nasional Portugal. (90min.com)

Portugal sebelumnya sukses menekuk Hungaria dengan skor 3-0 di laga pertama babak penyisihan Grup F. Meski Hungaria tak bisa dibilang tim kuat, namun kemenangan besar ini bisa jadi modal buat Portugal melawan Jerman.

Setidaknya kemenangan tersebut akan mendongkrak kepercayaan dan mentalitas para pemain. Apalagi pemain bintang mereka, Cristiano Ronaldo, sedang on fire.

Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Hungaria, menandakan pemain berusia 36 tahun itu belum habis dan karenanya layak diperhitungkan lawan.

Selain itu Portugal juga punya catatan bagus: mereka belum terkalahkan dalam enam laga terakhir di semua kompetisi.

Bahkan, dalam tiga laga terakhir, Portugal sukses mencetak 7 gol tanpa kebobolan satu gol pun. Catatan ini akan menjadi modal apik melawan Jerman.

Baca Juga: Gestur Geser Botol Ronaldo yang Buat Gaduh Piala Eropa 2020

2. Jerman belum sepenuhnya panas

Piala Eropa 2020: Portugal On Fire, Jerman Belum Panas! Twitter.com/@DFB_Team_EN

Jerman sendiri masih belum sepenuhnya panas. Ini bisa dilihat saat mereka ditekuk Prancis dengan skor 0-1 di laga pembuka Grup F Piala Eropa pada 15 Juni 2021.

Selain itu, performa Jerman juga belum stabil benar. Dalam empat laga terakhir di semua kompetisi misalnya, mereka kalah dua kali.

Kelabilan Jerman juga bisa dilihat saat mereka mengalahkan Latvia dengan skor 7-1. Tapi mereka juga pernah dikalahkan North Macedonia dengan skor 1-2.

Hanya saja catatan ini tidak bisa dijadikan alasan memandang rendah Jerman. Sebab mereka bisa tampil dengan sangat mengejutkan.

Karena itu Portugal harus tetap waspada. Sebab, bagaimana pun, Jerman adalah panser. Sekali mesin mereka panas, tak ada apa pun yang bisa menghentikannya.

Tapi Jerman patut membenahi lini belakang mereka. Sebab mereka selalu kebobolan dalam empat laga terakhir, termasuk saat dibobol Prancis.

3. Rekor pertemuan kedua tim, Jerman unggul

Piala Eropa 2020: Portugal On Fire, Jerman Belum Panas! potret Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal(uefa.com)

Tapi, jika melihat catatan pertemuan kedua tim, Jerman boleh tersenyum lebar. Sebab dari lima pertemuan terakhir di semua kompetisi, Jerman memenangi 4 di antaranya.

Portugal terakhir kali mengalahkan Jerman saat kedua tim bertemu pada 20 Juni 2000. Saat itu Portugal menang dengan skor 3-0.

Tapi itu sudah lama sekali. Sementara pertemuan terbaru kedua tim terjadi saat Piala Eropa 2014. Saat itu Jerman menang dengan skor 4-0.

Tapi semua prediksi akan runtuh oleh satu kenyataan. Begitu pula catatan-catatan pertemuan kedua tim bisa berbeda jauh dengan realisasi di lapangan.

So, jangan lewatkan laga menarik ini.

Baca Juga: Ramai Soal Botol Minuman, Yarmolenko Buat Lelucon Sindir Ronaldo 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya