Resmi Jadi Pelatih, Ini 5 Tantangan Ronald Koeman di Barcelona 

Salah satunya melepaskan pengaruh Lionel Messi

Jakarta, IDN Times - Barcelona berbenah setelah ditekuk secara memalukan oleh Bayern Muenchen dengan skor 2-8 pada perempat final Liga Champions, Sabtu (15/8/2020).

Kekalahan telak tersebut membuat pelatih utama mereka Quique Setien dipecat. Sebagai gantinya Barcelona menunjuk pelatih gaek Ronald Koeman.

Meski telah malang melintang, baik sebagai pemain maupun pelatih, bukan pekerjaan mudah bagi Koeman untuk membesut Barcelona.

Sebab Barcelona disesaki para pemain bintang. Selain itu sederet prestasi yang pernah diraih Barcelona juga akan menjadi beban buatnya.

Nah, berikut beberapa tantangan yang akan dihadapi Koeman di Barcelona.

1. Menghadapi para pemain bintang

Resmi Jadi Pelatih, Ini 5 Tantangan Ronald Koeman di Barcelona Bein Sports

Ada berapa pemain bintang di Barcelona? Banyak. Ada Lionel Messi, Luis Suarez, Gerard Pique, dan lainnya. Rata-rata pemain ini sudah mengoleksi berbagai trofi, mulai dari La Liga hingga Liga Champions Eropa.

Karena itu tak sembarangan pelatih bisa menangani mereka. Setidaknya pelatih tersebut harus punya prestasi yang sama dengan para pemain ini. Untungnya Ronald Koeman memiliknya. Ia pernah membela Barcelona dan pernah memberikan trofi Liga Champions pula.

2. Koeman harus memberi warna permainan Barcelona

Resmi Jadi Pelatih, Ini 5 Tantangan Ronald Koeman di Barcelona twitter.com/OptaJoe

Barcelona selama ini identik dengan tiki-taka atau permainan mengoper bola yang sangat indah. Namun belakangan permainan tersebut mulai pudar.

Tugas Koeman mengembalikan ruh tiki-taka pada permainan Barcelona. Ini bukan tugas yang mudah, tentu saja.

Tapi Koeman punya modal untuk itu. Ia pelatih Timnas Belanda, tim yang indentik dengan total football.

Penguasaan bola adalah poin utama permainan ini, seperti juga tiki-taka. Jadi Koeman seharusnya tak sulit meniupkan kembali tiki-taka ke permainan Barcelona.

3. Jangan lagi bergantung pada Messi

Resmi Jadi Pelatih, Ini 5 Tantangan Ronald Koeman di Barcelona fcbarcelona.com

Setiap pelatih Barcelona agaknya tak pernah bisa melepaskan diri dari ketergantungan terhadap Messi. Wajar sih, sebab Messi adalah mesin gol tim ini.

Bahkan Messi adalah warna permainan Barcelona. Sehingga muncul anggapan Messi adalah Barcelona. Tapi bukan berarti Barcelona adalah Messi.

Koeman setidaknya harus mencoba melepaskan sedikit demi sedikit pengaruh Messi terhadap Barcelona. Sebab, bagaimana pun, Messi mulai menua.

4. Berperan dalam transfer pemain

Resmi Jadi Pelatih, Ini 5 Tantangan Ronald Koeman di Barcelona fcbarcelona.com

Barcelona kabarnya akan melakukan perombakan besar-besaran. Koeman harus memastikan dirinya punya peran besar dalam memilih pemain.

Untuk itu ia harus bisa menentukan siapa pemain yang ingin diboyong dan siapa yang harus didepak dari klub.

Sebab tanpa keleluasaan tersebut, tim yang akan dibentuknya tidak akan sepenuhnya sesuai dengan apa yang ada di kepalanya.

5. Memastikan para pemain tahu otoritasnya

Resmi Jadi Pelatih, Ini 5 Tantangan Ronald Koeman di Barcelona premierleague.com

Koeman juga harus memastikan para pemain, termasuk para bintang, memahami otoritasnya sebagai pelatih: bahwa ia berhak menentukan siapa bermain dan siapa duduk di bangku cadangan.

Untuk mendapatkan otoritas ini, Koeman punya modal yang cukup. Ia telah malang melintang sebagai pemain dan telah melatih klub-klub hebat, termasuk timnas Belanda.

So, semoga berhasil Koeman!

Baca Juga: Jadi Pelatih Barcelona, Ronald Koeman Pastikan Mainkan Total Football

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya