Jadi Pelatih Barcelona, Ronald Koeman Pastikan Mainkan Total Football

Ronald Koeman sebelumnya adalah pelatih Timnas Belanda

Jakarta, IDN Times - Ronald Koeman resmi diperkenalkan sebagai pelatih anyar Barcelona pada Rabu (19/8/2020). Dia menggantikan Quique Setien, pelatih sebelumnya yang dipecat karena gagal meraih prestasi.

"Legenda Blaugrana, pahlawan Wembley, orang yang memberikan Barca gelar Liga Champions pertama bakal kembali ke Camp Nou. Kali ini, dia kembali sebagai pelatih dengan pengalamannya lebih dari 20 tahun dan koleksi delapan trofi," demikian pernyataan resmi Barcelona dalam situs mereka.

Koeman sebetulnya masih berstatus sebagai pelatih Timnas Belanda. Barcelona pun harus menebusnya dengan uang kompensasi agar dia diizinkan pergi oleh Federasi Sepak bola Belanda (KNVB).

1. Koeman akan terapkan total football ala Belanda di Barcelona

Jadi Pelatih Barcelona, Ronald Koeman Pastikan Mainkan Total FootballRonald Koeman calon pelatih Barcelona. (dailymail.co.uk).

Koeman bukan orang asing bagi Barcelona. Selain pernah menjadi bagian penting, karena berhasil mempersembahkan gelar paling elite di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya bagi Barca, dia juga merupakan asisten pelatih Louis van Gaal saat masih menangani Los Cules.

Dia pun memastikan diri mengusung gaya bermain ala Cruyff, yang dikenal dengan total football. Gaya tersebut mengedepankan penguasaan bola di lapangan dikombinasikan dengan permainan kolektif ala Belanda yang sudah sangat sohor dalam puluhan tahun terakhir ini.

"Saya berasal dari Belanda, dan saya suka memegang tim yang bisa menguasai bola. Saya selalu berpikir mengenai dominasi dalam memegang bola dengan hasil penting meraih kemenangan," kata Koeman.

2. Koeman yakin bisa sukses di Barcelona karena hal ini

Jadi Pelatih Barcelona, Ronald Koeman Pastikan Mainkan Total Footballmarca.com

Dia pun tak khawatir mengenai tekanan publik dalam proyek anyar membangun Barcelona. Secara sesumbar dirinya merasa, apa yang sudah dilakukannya selama ini sudah cukup membuatnya layak melatih klub sekelas Barca dan optimistis bisa mengembalikan kejayaan klub Catalan tersebut.

"Saya sudah menjadi pelatih selama bertahun-tahun. Saya memiliki banyak pengalaman melatih banyak klub dan saya pikir saya pantas melatih Barcelona klub yang sangat besar," ujar mantan pelatih Southampton tersebut.

3. La Masia bakal kembali dimaksimalkan oleh Barca

Jadi Pelatih Barcelona, Ronald Koeman Pastikan Mainkan Total Footballhttps://www.instagram.com/ansufati

Selain itu, dia juga bakal tetap mempertahankan pemain potensial, termasuk Lionel Messi yang masuk dalam proyek besar yang akan dijalaninya. Plus, mengombinasikan pemain muda La Masia yang bakal lebih dimaksimalkan lagi Koeman.

Dia menjamin bakal membuka kesempatan yang besar bagi jebolan akademi Barcelona itu untuk bisa berkembang dan membantu tim berprestasi. Sebab, Koeman punya filosofi yang jelas dalam penggunaan pemain muda.

Selain itu, besar kemungkinan jika Barcelona juga bakal dihuni lebih banyak pemain asal Belanda atau kompetisi domestiknya. Kedekatannya dengan klub di sana dan pernah menukangi Timnas Belanda membuat Barcelona bisa memiliki tim beraroma De Oranje.

Baca Juga: Cuci Gudang, Presiden Barcelona Pastikan 7 Pemain Ini Gak Dijual!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya