Comscore Tracker

5 Kiper Terbaik Selama Fase Penyisihan Grup Piala Dunia 2022 

Siapa akan raih Golden Gloves?

Penjaga gawang menjadi sosok sentral dalam pertandingan sepak bola. Kiper menjadi motor utama pengatur dan pemimpin pertahanan suatu tim ketika bertanding. Kelalaian kiper bisa berakibat fatal bagi pertahanan. Pun, kelalaian gelandang bertahan bisa ditutup dengan kegemilangan penjaga gawang. 

Pada fase penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar ini, ada beberapa kiper yang tampil apik dan layak dipuji. Kegemilangan itu dibuktikan dengan sumbangan clean sheet dan catatan gol kebobolan yang rendah. 

Siapa saja penjaga gawang yang tengah menjadi sorotan pada Piala Dunia 2022 ini? Berikut daftarnya. 

1. Wojciech Szczęsny

5 Kiper Terbaik Selama Fase Penyisihan Grup Piala Dunia 2022 Wojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Wojciech Szczęsny merupakan penjaga gawang andalan Juventus dan Timnas Polandia. Ia jadi sorotan kala Polandia bersua Meksiko pada fase grup Piala Dunia 2022. Sejak menit awal, ia sudah banyak melakukan penyelamatan krusial yang menyelamatkan timnya dari ketertinggalan. 

Posisinya makin prominen ketika ia berhasil menangkis tendangan penalti Salem Al Dawsari dan Lionel Messi. Berkat keberadaannya, Polandia hanya kebobolan dua gol sepanjang babak penyisihan grup. 

2. Matt Turner

5 Kiper Terbaik Selama Fase Penyisihan Grup Piala Dunia 2022 Matt Turner (instagram.com/headdturnerr)

Matt Turner juga layak jadi sorotan sepanjang babak penyisihan grup. Penjaga gawang Amerika Serikat itu hanya kebobolan satu gol di pertandingan perdana melawan Wales. Itu pun gol yang dicetak melalui titik putih. 

Kala menghadapi Inggris dan Iran, Turner sukses mengamankan gawang tim Negeri Paman Sam dari kebobolan. Performanya yang menawan turut berkontribusi dalam lolosnya Amerika Serikat ke babak gugur Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: 5 Kiper yang Menjadi Kapten di Piala Dunia 2022

3. Alisson

5 Kiper Terbaik Selama Fase Penyisihan Grup Piala Dunia 2022 Alisson (instagram.com/alissonbecker)

Tak bisa dipungkiri, penampilan Alisson bersama Liverpool musim lalu memang luar biasa. Ia sukses menjadi penjaga gawang dengan clean sheet terbanyak di English Premier League (EPL) 2021/2022. Catatan itu hanya disamai oleh rekan senegaranya, Ederson, yang membela Manchester City. 

Pada Piala Dunia 2022 ini, penampilan Alisson terpantau baik. Pada dua laga penyisihan Grup G melawan Serbia dan Swiss, gawang Brasil aman dari kebobolan. Pada laga terakhir kontra Kamerun, ia tidak diturunkan lantaran dirotasi dengan Ederson. 

4. Yassine Bounou

5 Kiper Terbaik Selama Fase Penyisihan Grup Piala Dunia 2022 Yassine Bounou (instagram.com/bounouyassine_bono)

Penampilan ciamik Yassine Bounou pertama kali terlihat ketika mengantarkan klubnya, Sevilla, menjuarai UEFA Europa League 2019/2020. Sejak itu, kiper yang juga punya kewarganegaraan Kanada ini selalu diandalkan menjaga mistar gawang klub asal Andalusia tersebut. 

Performa gemilang tak hanya ditunjukkan di level klub, tetapi juga di Timnas Maroko. Pada Piala Dunia 2022 ini, Bounou berhasil mencatatkan 2 clean sheet dari 3 laga penyisihan Grup F. Berkat jasanya pula, Maroko melenggang ke babak 16 besar sebagai status juara grup. 

5. Dominik Livakovic

5 Kiper Terbaik Selama Fase Penyisihan Grup Piala Dunia 2022 Dominik Livakovic (instagram.com/dominiklivakovic40)

Dominik Livakovic tercatat sebagai penjaga gawang utama Timnas Kroasia sejak 2019. Kiper Dinamo Zagreb ini juga ikut dalam skuad Kroasia pada Piala Dunia 2018. Saat itu, Livakovic hanya berperan sebagai penjaga gawang pelapis. 

Penampian Livakovic di Piala Dunia 2022 patut diacungi jempol. Ia berhasil membuat gawang Kroasia tidak kebobolan dalam dua pertandingan sekaligus, kontra Maroko dan Belgia.

Kelima penjaga gawang di atas terbukti sukses mempertahankan timnya dari hujan gol lawan sepanjang babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Ini membuktikan bahwa peran kiper memang krusial dalam kesuksesan sebuah tim. Bisakah kelima kiper di atas melanjutkan kiprahnya pada fase gugur?

Baca Juga: 3 Kiper yang Sukses Gagalkan Penalti di Piala Dunia 2022

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya