Comscore Tracker

Penggawa Timnas Argentina Jebolan Akademi River Plate

Termasuk Julian Alvarez dan Enzo Fernandez

Setiap negara punya yang namanya El Classico atau derbi sengit yang mempertemukan dua rival terbesar. Di Argentina, istilah yang dipakai adalah Superclasico. Merujuk pada pertandingan yang mempertemukan rival sekota, River Plate dan Boca Juniors. Mereka pula yang jadi pencetak talenta-talenta muda asal Argentina yang kini berkarier di berbagai liga top dunia. 

Pada Piala Dunia 2022 Qatar kali ini, Argentina ternyata memboyong enam pemain jebolan akademi milik River Plate. Siapa saja mereka? Mari cek daftarnya sambil berkenalan dengan klub asal Buenos Aires itu. 

1. Julian Alvarez 

Penggawa Timnas Argentina Jebolan Akademi River PlateJulian Alvarez (instagram.com/juliaanalvarez)

Julian Alvarez adalah salah satu pemain muda menjanjikan asal Argentina. Alvarez merupakan alumni akademi CA Alataya yang bergabung dengan tim muda River Plate pada 2016. Usai menimba ilmu dan mempertebal pengalaman selama tiga musim, Alvarez kemudian promosi ke tim utama River Plate. 

Pada Januari 2022, Manchester City mengakuisisinya dari klub berjuluk Millonarios tersebut. Melansir Reuters, Millonarios diambil dari fakta bahwa River Plate rela menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan sejumlah pemain pada tahun 1930-an.

Meski sudah berstatus pemain Manchester City, kedua klub sepakat untuk tetap membiarkan Alvarez bertahan di River Plate sebagai pemain pinjaman setidaknya untuk sisa musim 2021/22, terutama guna keperluan Copa Libertadores. Alvarez resmi merumput di Manchester City mulai musim 2022/2023. 

2. Exequiel Palacios 

Penggawa Timnas Argentina Jebolan Akademi River PlateExequiel Palacios (instagram.com/exepalaciosok)

Palacios bisa dibilang kakak tingkat Alvarez di tim muda River Plate. Ia terekam sebagai murid akademi yang kemudian bergabung dengan tim kedua River Plate pada 2015 di usia 17 tahun. Ia promosi ke tim utama tahun 2017 dan tiga tahun kemudian dapat tawaran untuk mencicip Bundesliga bersama Bayer Leverkusen. 

Pada musim debutnya, Palacios justru dilanda cedera selama berbulan-bulan. Baru pada musim 2021/2022 ia mulai diturunkan secara reguler. Pada gelaran Piala Dunia 2022 ini, Palacios baru diturunkan sekali sebagai pemain pengganti di laga kedua Grup C lawan Meksiko. 

3. Gonzalo Montiel 

Penggawa Timnas Argentina Jebolan Akademi River PlateGonzalo Montiel (instagram.com/gonzalo_montiel29)

Satu angkatan dengan Palacios, Montiel juga tercatat naik kelas ke tim kedua River Plate pada 2015 dan promosi ke tim utama pada 2017. Selang empat tahun jadi pemain andalan di klubnya, ia dipinang Sevilla dan resmi bergabung dengan klub Spanyol tersebut pada 2021. 

Sayangnya, di Sevilla ia bukan lagi pilihan utama pelatih. Montiel lebih sering menghuni bangku cadangan ketika tidak dilanda cedera. 

Baca Juga: 9 Padu Padan Hoodie ala Pemain Timnas Argentina di Piala Dunia 2022

4. Guido Rodríguez

Penggawa Timnas Argentina Jebolan Akademi River PlateGuido Rodriguez (instagram.com/guiido_rodriguez)

Meski berstatus jebolan akademi River Plate, Rodriguez tidak kebagian jatah bermain reguler ketika bergabung dengan tim utama pada 2014. Ia sempat bertahan selama dua musim di klub masa kecilnya itu, tetapi akhirnya memilih dipinjamkan ke klub papan tengah Defensa y Justicia. 

Tawaran akhirnya datang dari Meksiko lewat Club Tijuana. Usai semusim bersama klub papan bawah tersebut, raksasa Meksiko, Club America menyelamatkannya dari ancaman relegasi. Rodríguez bertahan selama dua setengah tahun di Meksiko, kemudian berstatus pemain Real Betis sejak 2020. 

5. Germán Pezzella 

Penggawa Timnas Argentina Jebolan Akademi River PlateGerman Pezzella (instagram.com/germanpezzella)

Berusia matang, Pezzella tercatat naik pangkat dari akademi ke tim kedua River Plate pada tahun 2010. Usai berkontribusi selama tiga musim di tim utama River Plate, Pezzella hijrah ke Real Betis pada 2015. Hanya bertahan dua musim, ia dipinjamkan ke Fiorentina pada musim 2017/2018. 

Fiorentina sempat membelinya pada musim panas 2018, tetapi kemudian menjualnya kembali ke Betis pada 2021. Otomatis ia disatukan kembali dengan adik tingkatnya di akademi River Plate, Guido Rodríguez.

Di level klub, Pezzella adalah pemain yang rutin dimainkan. Namun, ketika dipanggil memperkuat timnas, ia lebih sering jadi cadangan. 

6. Enzo Fernández 

Penggawa Timnas Argentina Jebolan Akademi River PlateEnzo Fernandez (instagram.com/enzojfernandez)

Enzo Fernandez merupakan salah satu penyumbang gol dalam kemenangan Argentina atas Meksiko pada laga kedua Grup C Piala Dunia 2022. Menariknya, sang pemain muda bisa dibilang minim pengalaman. Ia baru bergabung dengan Benfica pada awal musim 2022/2023 ini.

Semusim sebelumnya, Fernandez bahkan masih berstatus pemain debutan di tim utama River Plate. Fernandez tercatat sebagai alumni akademi River Plate yang promosi ke tim kedua pada 2018. Ia sempat dipinjam Defensa y Justicia selama semusim pada 2020/2021. 

Keenam penggawa Timnas Argentina pada Piala Dunia 2022 Qatar di atas jadi bukti kalau River Plate salah satu pemasok talenta brilian di dunia. Maklum, mereka adalah peraih 35 juara Argentine Primera División dan 4 Copa Libertadores. Alumni mereka termasuk Pablo Aimar, Javier Mascherano, dan Hernan Crespo. 

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir Timnas Argentina sebelum Lionel Scaloni, Gagal?

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya