5 Pemain Termahal Berusia di Atas 30 Tahun, Ada Kevin De Bruyne!

Cemerlang meski usia tak lagi muda

Usia adalah salah satu momok bagi pemain sepak bola dalam menapaki kariernya. Hal ini disebabkan fisik pemain makin lama makin menurun. Sementara, dari tahun ke tahun, ada talenta baru yang siap menggantikan posisi mereka.

Meski begitu, hal ini belum berlaku untuk sebagian pemain, di antaranya lima pemain bintang ini. Mereka masih berjaya di lapangan dan dihargai mahal padahal usianya sudah tidak lagi muda.

1. Kevin De Bruyne 

5 Pemain Termahal Berusia di Atas 30 Tahun, Ada Kevin De Bruyne!potret Kevin De Bruyne (instagram.com/kevindebruyne)

Kevin De Bruyne, gelandang Manchester City, tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta sepak bola. Kemampuannya menjadi pengatur serangan tidak diragukan lagi. De Bruyne juga mahir mencetak gol. Pada 2021/2022 ini, ia berhasil menyumbangkan 6 gol dan 3 assist untuk Manchester City.

Diboyong Manchester City dari klub Bundesliga, VfL Wolfsburg, pada musim panas 2015 dengan banderol 45 juta euro, kini nilainya mencapai 90 juta euro atau sekitar 1,47 triliun rupiah. Kevin De Bruyne menjadi yang termahal di antara deretan pemain bintang yang kini sudah berusia di atas 30 tahun.

2. Lionel Messi

5 Pemain Termahal Berusia di Atas 30 Tahun, Ada Kevin De Bruyne!potret Lionel Messi (instagram.com/leomessi)

Siapa yang tidak mengetahui sosok Lionel Messi? Mantan pemain Barcelona yang memperkuat Paris Saint-Germain sejak 2021/2022 ini akan menginjak usia 35 tahun. Pada 2021 lalu, ia berhasil menutup prestasi dengan raihan Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya.

Diboyong PSG dari Barcelona pada musim panas 2021 secara gratis, transfer Messi merupakan salah satu berita menghebohkan. Saat ini, Messi dibanderol dengan harga 60 juta euro atau hampir 983,6 miliar rupiah. Dengan harga tersebut, Messi menempati posisi kedua dalam urutan pemain termahal dunia rentang usia di atas 30 tahun.

Baca Juga: Ada Haaland dan Sancho, 5 Pemain Berusia 21 Tahun Termahal Saat Ini

3. Virgil van Dijk

5 Pemain Termahal Berusia di Atas 30 Tahun, Ada Kevin De Bruyne!potret Virgil Van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Bek asal Belanda, Virgil van Dijk, menempati posisi ketiga. Saat ini, nilai pasar Van Dijk 5 juta di bawah Messi, yaitu 55 juta euro atau setara 901,7 miliar rupiah.

Van Dijk sudah 4 tahun memperkuat Liverpool sejak direkrut dari Southampton pada musim dingin 2018. Ia sempat mengungkapkan lewat akun Twitter bahwa kepindahannya ke Liverpool merupakan salah satu hadiah Natal terbaik. Saat ini, Van Dijk merupakan salah satu bek tertangguh di Liga Inggris.

4. N'Golo Kante

5 Pemain Termahal Berusia di Atas 30 Tahun, Ada Kevin De Bruyne!potret N'Golo Kante (instagram.com/nglkante)

N'Golo Kante adalah pekerja keras yang selalu menampilkan yang terbaik. Gelandang Chelsea yang akan menginjak usia 31 tahun pada maret 2022 ini dibanderol dengan harga 50 juta euro atau 819,8 miliar rupiah.

Pada 2015/2016, saat masih berseragam Leicester City, Kante merupakan pemain penting yang berhasil membawa Leicester City menjuarai Liga Inggris. Berkat prestasi dan talenta individunya, Chelsea memboyongnya pada 2016. Bersama Chelsea, ia pun menjadi salah satu aktor penting saat mereka juara Liga Champions Eropa 2020/2021.

5. Antoine Griezmann

5 Pemain Termahal Berusia di Atas 30 Tahun, Ada Kevin De Bruyne!potret Antoine Griezmann (instagram.com/antogriezmann)

Barcelona meminjamkan Antoine Griezmann ke Atletico Madrid selama satu musim pada awal 2021/2022. Ia baru kembali ke Barcelona pada Juni 2022.

Berumur 31 tahun ini tidak membuat performanya turun. Bersama Atletico Madrid, Griezmann sudah mencetak total 8 gol dan 3 assist di semua kompetisi. Saat ini, ia dihargai dengan nilai 50 juta euro atau setara 819,8 miliar rupiah. 

Kebanyakan pemain sepak bola akan mengalami penurunan banderol jika usianya sudah menginjak 30 atau lebih. Namun, hal ini tidak berlaku bagi semua pemain. Contohnya pemain di atas. Dengan kondisi yang tidak bisa diprediksi, urutan pemain termahal pun bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung prestasi yang berhasil disuguhkan oleh masing-masing pemain. 

Baca Juga: Cabe Rawit! Ini 6 Gelandang Berusia 18 Tahun Termahal Saat Ini

Eka Laura Ferdianti Photo Verified Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya