Comscore Tracker

5 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Main di Klub Luar Negeri

Terdapat nama Marselino Ferdinan

FIFA merilis peringkat terbaru pada 6 Oktober 2022. Brasil memimpin di peringkat pertama, sementara Indonesia naik ke peringkat 153 dari yang sebelumnya 155.

Naiknya peringkat Indonesia tidak lepas dari kemenangan melawan Curacao di laga uji coba saat jeda internasional pada 24 dan 27 September 2022. Timnas Indonesia mampu mengungguli Curacao dengan skor 3-2 dan 2-1 dalam dua pertemuan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Pakansari. 

Tim asuhan Shin Tae Yong ini diperkuat enam pemain yang bermain di luar negeri, seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, dan Saddil Ramdani. Jumlah itu berpotensi bertambah mengingat bintang muda timnas saat ini diincar klub luar negeri.

Siapa saja pemain Timnas Indonesia yang berpotensi main di klub luar negeri?

1. Marselino Ferdinan

5 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Main di Klub Luar NegeriMarselino Ferdinan (instagram.com/marselinoferdinan10)

Nama pertama ada Marselino Ferdinan. Pemain kelahiran Jakarta ini menjadi bagian penting Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia U-19 sampai senior. Marcelino tipe gelandang serang yang memiliki memiliki operan, kontrol bola, menggiring bola, dan distribusi bola yang sama baiknya.

Meski baru berusia 18 tahun, ia selalu menjadi pilihan utama pelatih Shin Tae Yong. Marcelino sudah bermain sebanyak 7 pertandingan dengan mencetak 1 gol bagi Timnas Indonesia.

Gelandang muda Persebaya itu juga masuk daftar 60 pemain muda terbaik 2021 versi media Inggris, The Guardian. Marcelino bergabung dengan agen Level Up Asia yang artinya membuka peluangnya bermain di luar negeri.

2. Rizky Ridho

5 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Main di Klub Luar NegeriRizky Ridho (instagram.com/rizkyridhoramadhani)

Rizky Ridho merupakan bek tengah Timnas Indonesia yang bermain di Persebaya Surabaya. Pemain berusia 20 tahun itu selalu menjadi pilihan Shin Tae Yong di sektor pertahan Timnas Indonesia bersama Elkan Baggott dan Fachruddin Aryanto.

Rizky Ridho tampil disiplin dalam menjaga pertahanan timnas. Ia memiliki tekel bola yang bersih serta mampu memenangi duel udara meski hanya memiliki tinggi 183 cm.

Rizky Ridho sudah mencatatkan 15 penampilan bersama Timnas Indonesia. Di Persebaya, ia menjadi andalan tim Bajul Ijo dalam mengawal pertahanan. Rizky Ridho memiliki ciri khas disiplin dalam penampilan karena selalu memasukkan baju ke dalam celana.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Denmark

3. Muhammad Ferarri

5 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Main di Klub Luar NegeriMuhammad Ferarri (instagram.com/ferarrimuhammad)

Muhammad Ferrari mencatatkan debut di Timnas Indonesia ketika menang 2-1 atas Curacao di laga uji coba yang diselenggarakan di Stadion Pakansari. Shin Tae Yong tak ragu memanggilnya ke tim senior usai membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-19 2023.

Kapten Timnas U-19 ini berposisi sebagai bek tengah yang dikenal lugas dalam mengawal lini belakang serta kerap memenangi duel-duel udara. Ia masih berusia 19 tahun, tetapi menjadi pilihan utama Persija Jakarta di bawah asuhan pelatih asal Jerman, Thomas Doll.

Ferarri berpeluang bermain di Eropa setelah Ondrej Kudela, rekannya di Persija, merekomendasikannya ke liga utama Repulik Ceko. Kudela bahkan membandingkannya dengan David Zima, bek tengah asal Republik Ceko yang bermain bersama Torino. Pujian itu terungkap dalam sesi wawancara bersama media asal Ceko, ISport.cz.

4. Alfeandra Dewangga

5 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Main di Klub Luar NegeriAlfeandra Dewangga (instagram.com/pssi)

Alfeandra Dewangga tidak dipanggil ke dalam skuad Shin Tae Yong saat melawan Curacao. Ia biasanya menjadi andalan pelatih asal Korea tersebut. Posisinya digantikan Muhammad Ferarri yang tampil gemilang bersama Timnas U-19.

Dewangga sendiri merupakan bek multifungsi. Ia tidak hanya bisa bermain di bek tengah, tetapi juga bek kiri dan gelandang bertahan. Ia dikenal sebagai bek yang tidak ragu bermain keras, heading-nya yang baik, dan memiliki kemampuan lemparan jauh seperti Pratama Arhan.

Untuk kembali dipercaya Shin Tae Yong, Dewangga harus tampil ekstra. Apalagi dengan kehadiran Jordi Amat yang proses naturalisasinya tidak lama lagi selesai.

5. Ronaldo Kwateh

5 Pemain Timnas Indonesia yang Berpotensi Main di Klub Luar NegeriRonaldo Kwateh (instagram.com/ronaldokwateh7)

Ronaldo Kwateh merupakan anak dari mantan pemain PSIS Semarang, Roberto Kwateh. Ia berusia 17 tahun dan telah mencatatkan dua penampilan bersama Timnas Indonesia.

Ronaldo bisa bermain di posisi winger kiri dan penyerang tengah. Ia dikenal karena memiliki kecepatan, kegesitan, dan kemampuan melewati lawan.

Dalam beberapa penampilan terakhirnya di Piala AFF U-19 dan Kualifikasi Piala Asia U-19, Ronaldo tampil mengecewakan. Padahal ia tampil apik di turnamen Toulon dan laga uji coba di Turki.

Sempat tersiar kabar Ronaldo menarik minat klub Turki, Antalyaspor. Ia juga diproyeksikan tampil di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023 yang diselenggarakan di Indonesia.

Jika beberapa nama-nama di atas bisa memperkuat klub luar negeri, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia akan lebih berprestasi di kancah Asia. Belum lagi rampungnya naturalisasi.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Brasil, Termasuk Neymar

Fadel Muhammd Simanjuntak Photo Writer Fadel Muhammd Simanjuntak

Penggemar Liverpool

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya