Comscore Tracker

5 Kandidat Kuat Pemain Bola Peraih Trofi Ballon D'Or 2021

Nomor 5 tak disangka, lho!

Ballon d'Or merupakan penghargaan rutin tiap tahun yang diberikan oleh majalah olahraga Prancis kepada pemain terbaik dari kompetisi sepak bola dunia.

Salah satu jurnalis olahraga yang bernama Gabriel Hanot mencetuskan ide awal untuk penghargaan Ballon d'Or seiring terbentuknya kompetisi Champions Eropa.

Maka dari itu, pada awalnya penghargaan ini diberikan kepada pemain sepak bola asal Eropa yang dianggap memiliki performa terbaik. 

Penentuan pemenang penghargaan ini dilakukan melalui pemungutan suara dari berbagai wartawan olahraga di penjuru Eropa. 

Berikut ini adalah lima kandidat pemain sepak bola peraih trofi Ballon d'Or 2021. Siapa saja, ya? Check this out!

1. Robert Lewandowski (Bayern Munich)

5 Kandidat Kuat Pemain Bola Peraih Trofi Ballon D'Or 2021Robert Lewandowski meraih penghargaan sebagai top skor Bundesliga (dok. Gettyimage/Stefan Matzke)

Lewandowski merupakan pemain bola berkebangsaan Polandia yang pernah meraih sepatu emas Eropa 2020/2021. Bermain bersama Bayern Munich sebagai penyerang tengah, Lewandowski berhasil mengemas 48 gol dari 40 pertandingan yang dimainkannya.

Selain itu, Lewandowski menjadi pemain penting di balik kesuksesan Bayern Munich dalam meraih treble winner di musim 2019/2020. Fakta tersebut membuat Lewandowski menjadi salah satu pemain yang diunggulkan untuk meraih trofi Ballon d'Or 2021.

2. Kylian Mbappe (Paris Saint Germain)

5 Kandidat Kuat Pemain Bola Peraih Trofi Ballon D'Or 2021Kylian Mbappe menerima trofi pencetak goal terbaik di Ligue 1 (dok. Gettyimage/John Berry)

Mbappe merupakan salah satu penyerang muda potensial yang dimiliki Paris Saint Germain. Penyerang asal Prancis itu telah mengemas 42 gol dari 47 pertandingan bersama PSG musim ini. 

Sebelumnya, pemain muda tersebut pernah meraih trofi piala dunia 2018 bersama Prancis. Saat ini, Mbappe tampil kembali bersama Prancis di Piala Euro 2020. Di sisi lain, Mbappe gagal membawa PSG menjuarai Liga Prancis maupun Liga Champions. Apabila Mbappe bisa tampil optimal bersama Prancis di Piala Euro 2020, bukan tak mungkin Mbappe memenangkan gelar Ballon d'Or 2021. 

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Tak Pernah Masuk 3 Besar Ballon d'Or

3. Cristiano Ronaldo (Juventus)

5 Kandidat Kuat Pemain Bola Peraih Trofi Ballon D'Or 2021Cristiano Ronaldo membela timnas Portugal melawan Israel (dok. Gettyimage/Guelter Fatia)

Pemain yang sudah memasuki usia 36 tahun ini menjadi salah satu pemain yang masih layak masuk dari daftar peraih Ballon d'Or 2021 karena penampilannya yang terus konsisten di berbagai kompetisi Liga Domestik. Meski gagal membawa Juventus menjuarai Liga Italia dan Liga Champions, Ronaldo masih menjadi pemain yang menonjol secara individu.

Bermain bersama Juventus, Ronaldo berhasil mengemas 36 gol dari 44 pertandingan. Selain itu, Ia pernah meraih trofi Ballon d'Or 2013 karena mempunyai prestasi individu yang begitu mentereng.

4. Lionel Messi (Barcelona)

5 Kandidat Kuat Pemain Bola Peraih Trofi Ballon D'Or 2021Lionel Messi melakukan selebrasi setelah mencetak goal ke gawang Getafe (dok. Gettyimage/Eric Alonso)

Tak jauh dari Ronaldo, Lionel Messi adalah pemain yang juga memiliki banyak prestasi secara individu. Musim ini, Messi berhasil menempatkan dirinya di papan top skor Liga Spanyol dengan mengemas 38 gol dari 47 pertandingan bersama Barcelona.

Walaupun gagal membawa Barcelona menjuarai Liga Champions. Musim ini, Messi telah berhasil membantu Barcelona dalam menjuarai Copa Del Rey 2020/2021. Dengan prestasi tersebut, Lionel Messi menjadi salah satu pemain yang berkesempatan untuk meraih trofi Ballon d'Or 2021.

5. N'Golo Kante (Chelsea)

5 Kandidat Kuat Pemain Bola Peraih Trofi Ballon D'Or 2021N'Golo Kante menjadi pemain terbaik di semifinal Liga Champions melawan Real Madrid (dok. Gettyimage/Stefan Matzke)

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini berhasil menarik banyak pihak dan layak untuk memenangkan trofi Ballon d'Or 2021. Hal tersebut karena musim ini Kante berhasil membawa Chelsea dalam menjuarai Liga Champions 2020/2021.

Tak hanya itu, N'Golo Kante berhasil menjadi man of the match dan tampil konsisten dalam dua laga semifinal dan final Liga Champions 2020/2021. Ia berhasil mematahkan berbagai serangan Manchester City di final Liga Champions. Sama seperti Mbappe, Kante pernah meraih trofi piala dunia 2018 bersama Prancis.

Dengan segala kemampuan dan pencapaiannya, lima pemain dalam daftar di atas sepertinya memang pantas mendapatkan trofi bergengsi Ballon d'Or 2021. Menurutmu siapa yang berhak memboyong trofi tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Meraih Ballon d’Or setelah Piala Eropa 2020

Faialms Photo Verified Writer Faialms

welcome, happy reading~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya