3 Debutan Timnas Inggris pada Jeda Internasional Maret 2024

Kobbie Mainoo salah satunya

Timnas Inggris melakoni jeda internasional pada Maret 2024 dengan menghadapi Brasil dan Belgia. Kedua negara itu rupanya mampu memberikan perlawanan sengit sehingga hasil kurang memuaskan harus didapat The Three Lions. Inggris takluk 0-1 dari Brasil dan hanya bermain imbang 2-2 dengan Belgia.

Meski begitu, laga tersebut justru menjadi momen spesial bagi beberapa pemain. Pasalnya, mereka berhasil menjalani debut bersama Timnas Inggris. Salah satunya debutan itu ialah Kobbie Mainoo, wonderkid Manchester United yang namanya sedang melambung.

Termasuk sang pemain, inilah tiga debutan Timnas Inggris pada jeda internasional Maret 2024.

1. Ezri Konsa jadi andalan di posisi bek kanan

3 Debutan Timnas Inggris pada Jeda Internasional Maret 2024Ezri Konsa (twitter.com/EzriKonsa)

Ezri Konsa merupakan pemain yang berjasa membawa Aston Villa bersaing di papan atas klasemen Premier League 2023/2024. Konsa tampil tangguh dalam mengawal lini pertahanan The Villans. Berkat performa apiknya itu, sang pemain mendapat panggilan membela Timnas Inggris pada jeda internasional Maret 2024.

Debutnya tercipta saat Inggris melawan Brasil pada Minggu (24/3/2024) di Wembley Stadium. Konsa debut bersama The Three Lions ketika usianya sudah cukup matang, 26 tahun. Kala itu, Konsa masuk dari bangku cadangan untuk menggantikan Kyle Walker yang mengalami cedera pada menit 20. Ia kemudian mengisi posisi bek kanan dan bermain hingga laga berakhir.

Dengan cederanya Kyle Walker, Konsa otomatis menjadi pilihan utama di posisi bek kanan. Ia pun langsung turun sebagai sebagai starter dan bermain penuh saat Inggris berjumpa Belgia pada Rabu (27/3/2024). Konsa memperoleh menit bermain yang begitu banyak pada jeda internasional Maret 2024.

Baca Juga: 3 Catatan dari Hasil Imbang Timnas Inggris Lawan Belgia

2. Anthony Gordon belum optimal bertugas sebagai winger

3 Debutan Timnas Inggris pada Jeda Internasional Maret 2024Anthony Gordon (twitter.com/anthonygordon)

Anthony Gordon merupakan pemain yang beroperasi di sektor winger. Sang pemain terus menunjukkan perkembangan pesat semenjak bergabung Newcastle United pada Januari 2023 lalu. Penampilan Gordon rupanya tidak luput dari perhatian pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Southgate lantas memasukkan namanya dalam daftar pemain terpilih untuk melakoni jeda internasional Maret 2024.

Gordon pun langsung melakoni debut saat berjumpa Brasil pada Minggu (24/3/2024). Ia debut pada usia yang masih cukup muda, 23 tahun. Menariknya lagi, Gordon dipercaya turun sebagai starter dan baru ditarik keluar ketika laga memasuki menit 75.

Kesempatan bermain kembali diperoleh Gordon saat Inggris menghadapi Belgia pada Rabu (27/3/2024). Namun, ia hanya masuk sebagai pengganti dan bermain selama 10 menit. Gordon belum mampu memberikan kontribusi berarti di sektor lini serang Timnas Inggris pada jeda internasional Maret 2024. 

3. Kobbie Mainoo diplot sebagai pengganti Jordan Henderson

3 Debutan Timnas Inggris pada Jeda Internasional Maret 2024Kobbie Mainoo (instagram.com/kobbie)

Kobbie Mainoo tengah menjadi sorotan belakangan ini. Ia tampil memukau bersama klub top Premier League, Manchester United. Meski begitu, Mainoo awalnya tidak masuk skuad Timnas Inggris pada jeda internasional Maret 2024. Namun, keberuntungan sedang berpihak kepada Mainoo. Ia akhirnya dipanggil setelah kondisi Jordan Henderson kurang fit.

Saat laga melawan Brasil pada Minggu (24/3/2024), Mainoo berhasil mencatat debut bersama The Three Lions. Ia masuk pada menit 75 menggantikan Conor Callegher. Melakoni debut pada usia yang baru 18 tahun tentu sebuah capaian istimewa bagi Mainoo.

Mainoo juga mulai mendapat kepercayaan lebih dari Gareth Southgate. Ia dimainkan sejak awal laga saat menghadapi Belgia pada Rabu (27/3/2024). Mainoo bertugas mengisi lini tengah Inggris selama 74 menit sebelum digantikan James Maddison.

Debut ketiga pemain di atas ternodai lantaran Timnas Inggris harus menelan kekalahan dari Brasil. Ezri Konsa, Anthony Gordon, dan Kobbie Mainoo juga gagal membawa The Three Lions menyabet kemenangan saat bersua Belgia pada caps kedua mereka. Namun, ini menjadi modal penting bagi ketiganya agar bisa terus membela Timnas Inggris pada masa-masa mendatang.

Baca Juga: 3 Bukti Pentingnya Kehadiran Kobbie Mainoo bagi MU dan Timnas Inggris

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya