5 Gelandang Bertahan Murah yang Bisa Direkrut Barcelona

Ada jebolan akademi Real Madrid

Salah satu legenda Barcelona, Sergio Busquets, memutuskan pergi pada akhir musim 2023 setelah kontraknya habis. Ia dikabarkan menyusul Lionel Messi yang bergabung ke Inter Miami. Hengkangnya Busquets menjadi pukulan berat bagi Barcelona. Sebab, Blaugrana cukup kesulitan dalam mencari penggantinya.

Gelandang bertahan dengan nama besar, seperti Joshua Kimmich dan Martin Zubimendi, dibidik sebagai pengganti Busquets. Namun, transfer tersebut sulit terealisasi karena terganjal biaya yang terlalu mahal serta belum stabilnya finansial Barcelona. Alhasil, Blaugrana harus mencari alternatif dengan biaya yang lebih rendah.

Berikut ini lima gelandang bertahan dengan biaya murah yang bisa direkrut Barcelona.

1. Sofyan Amrabat

5 Gelandang Bertahan Murah yang Bisa Direkrut BarcelonaSofyan Amrabat (instagram.com/sofyanamrabat)

Nama Sofyan Amrabat makin melambung setelah tampil impresif di Piala Dunia 2022 bersama Maroko. Meski memiliki gaya bermain yang berbeda dengan Busquets, Amrabat tetap menjadi kandidat karena memiliki keunggulan fisik. Hal tersebut bisa membuat lini tengah Blaugrana makin berwarna. Sang pemain sendiri menyatakan ingin berseragam Barcelona.

Barcelona belum melakukan pembicaraan serius untuk merekrutnya. Fiorentina dikabarkan mematok harga sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp491 miliar untuk Amrabat. Angka tersebut masih bisa terjangkau Barcelona. Mereka harus bergerak cepat bila ingin mendapatkan jasa pemain 26 tahun itu karena harus bersaing dengan klub lain. Atletico Madrid dan Tottenham Hotspur menjadi klub yang gencar mengincar Amrabat, bahkan selangkah lebih maju daripada Barcelona.

2. Marcelo Brozovic

5 Gelandang Bertahan Murah yang Bisa Direkrut BarcelonaMarcelo Brozovic (instagram.com/marcelo_brozovic)

Pemain tim finalis Liga Champions Eropa 2023, Marcelo Brozovic, juga menjadi kandidat yang sedang dipantau Barcelona. Pengalaman serta kualitasnya dinilai bisa meneruskan peran Sergio Busquets. Barcelona dikabarkan akan menawarkan uang sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp245 miliar kepada Inter Milan untuk memboyongnya.

Langkah Blaugrana untuk memboyong Brozovic tidaklah mudah. Barcelona mendapat pesaing dari klub Arab Saudi, Al Nassr, yang juga tertarik dengan gelandang Kroasia tersebut. Dengan dana melimpah, mereka bisa menawarkan uang lebih banyak kepada Inter Milan dan memberi gaji fantastis untuk Brozovic. Secara materi, proposal dari Al Nassr tentu lebih menarik ketimbang Barcelona.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Barcelona secara Gratis dari Klub Premier League

3. Guido Rodriguez

5 Gelandang Bertahan Murah yang Bisa Direkrut BarcelonaGuido Rodriguez (instagram.com/guiido_rodriguez)

Guido Rodriguez adalah gelandang bertahan andalan Real Betis. Namanya masuk radar Barcelona sebagai pengganti Sergio Busquets. Apabila berlabuh ke Barcelona, ia tidak perlu adaptasi lama karena cukup familier dengan LaLiga Spanyol.

Dengan ciri khas pemain Amerika Latin yang terkenal spartan, Rodriguez bisa membuat lini tengah Blaugrana makin tangguh. Harga gelandang Argentina itu juga tidak terlalu menguras kantong. Dengan setahun kontrak tersisa, Real Betis membanderolnya seharga 12 juta euro atau sekitar Rp197 miliar.

4. Dani Parejo

5 Gelandang Bertahan Murah yang Bisa Direkrut BarcelonaDani Parejo (instagram.com/dani_parejo10)

Dani Parejo merupakan jebolan akademi Real Madrid yang kini bermain bersama Villarreal. Meski Parejo berasal dari produk rival, Barcelona tetap melihatnya sebagai pengganti ideal untuk Busquets. Parejo memiliki kemiripan dengan Busquets dalam hal gaya bermain.

Ia memiliki ketenangan serta kemampuan mendistribusikan bola dengan baik. Pengalaman menterengnya di LaLiga juga menjadi nilai plus bagi Blaugrana. Kontrak Parejo sendiri tinggal setahun lagi di Villarreal. Namun, Parejo memiliki klausul dalam kontrak yang memungkinkannya pergi secara gratis pada musim panas 2023 ini.

5. Oriol Romeu

5 Gelandang Bertahan Murah yang Bisa Direkrut BarcelonaOriol Romeu (instagram.com/gironafc)

Oriol Romeu merupakan jebolan akademi La Masia, Sayangnya, ia tidak berhasil menembus tim utama Barcelona. Romeu lebih banyak berkarier dengan klub papan tengah di liga-liga top Eropa. Romeu kini berkarier bersama Girona, klub yang ia bela sejak musim panas 2022.

Barcelona juga meliriknya sebagai kandidat pengganti Sergio Busquets. Ketertarikan Blaugrana bukan tanpa alasan. Sebab, Romeu tampil cukup apik hingga menjadi pilar penting Girona pada 2022/2023. Kemampuannya makin meningkat berkat pengalaman yang didapatkan. Barcelona dikabarkan berniat membayar klausul rilis Romeu sebesar 10 juta euro atau sekitar Rp164 miliar.

Merekrut gelandang bertahan murni menjadi prioritas Barcelona pada bursa transfer musim panas 2023. Bahkan, Blaugrana rela mengincar pemain dengan biaya rendah asal bisa didatangkan untuk mengisi posisi tersebut. Dari kelima pemain di atas, siapakah yang memiliki kans paling besar untuk bisa bergabung Barcelona?

Baca Juga: 4 Pemain Angkat Kaki dari Barcelona pada Musim Panas 2023

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya