5 Pemain Ini Pergi pada 2022/2023 Usai Belasan Tahun Bersama Klub

Tiga di antaranya eks Barcelona

Membela satu klub dalam kurun waktu yang lama bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan loyalitas serta dedikasi tinggi untuk mewujudkan hal tersebut. Selain itu, mereka perlu menjaga performanya stabil agar tidak dibuang klub.

Karena sulitnya hal tersebut, hanya ada sedikit pemain yang mampu bertahan dengan satu klub hingga belasan tahun lamanya. Namun, sebagaimana sebuah pertemuan, pasti ada pula perpisahan. Hal itulah yang dirasakan kelima pemain di bawah ini.

Pemain ini pergi pada 2022/2023 usai belasan tahun bersama klub. Siapa saja mereka? Tiga di antaranya adalah eks Barcelona.

1. Jordi Alba (11 tahun)

5 Pemain Ini Pergi pada 2022/2023 Usai Belasan Tahun Bersama KlubJordi Alba (instagram.com/jordialbaoficial)

Jordi Alba tidak lagi tampil reguler seiring dengan penampilan impresif Alejandro Balde di sektor bek kiri. Melihat perannya mulai tergantikan, Alba berinisiatif pergi dari Barcelona meski kontraknya masih menyisakan setahun lagi. Blaugrana pun menyetujuinya dan merelakan kepergian pemain 33 tahun tersebut.

Alba sendiri cukup berjasa atas kesuksesan Barcelona. Berkostum Blaugrana selama 11 tahun setelah bergabung pada 2012, ia berhasil membukukan 19 gol dan 99 assist dari 555 pertandingan di semua ajang. Alba juga mengantarkan Barcelona meraih trofi-trofi bergengsi. Bahkan, sebelum memutuskan hengkang, ia lebih dahulu membantu Barcelona menyabet titel juara LaLiga Spanyol 2022/2023.

2. Phil Jones (12 tahun)

5 Pemain Ini Pergi pada 2022/2023 Usai Belasan Tahun Bersama KlubPhil Jones (instagram.com/philjones_4)

Phil Jones harus mengakhiri masa baktinya bersama Manchester United setelah kontraknya habis pada Juni 2023. Faktor usia dan performa yang makin menurun membuat The Red Devils enggan memperpanjang kontraknya. Ia juga kalah bersaing dengan bek lain sehingga sering menjadi penghangat bangku cadangan, bahkan tidak masuk skuad sama sekali.

Meski begitu, pemain berusia 31 tahun itu pernah menjadi bek andalan pada awal kariernya bersama Manchester United setelah bergabung pada 2011. Bahkan, ia membantu mereka merengkuh gelar juara English Premier League (EPL) 2013/2014. Selama 12 tahun membela The Red Devils, Jones telah mencatatkan 229 penampilan dengan torehan 6 gol dan 10 assist.

Baca Juga: Phil Jones Akhirnya Cabut dari Manchester United

3. Karim Bellarabi (12 tahun)

5 Pemain Ini Pergi pada 2022/2023 Usai Belasan Tahun Bersama KlubKarim Bellarabi (instagram.com/karimbellarabi)

Karim Bellarabi cukup setia membela Bayern Leverkusen meski bukan klub terkuat di Jerman, seperti Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Ia berkarier selama 12 tahun bersama Leverkusen. Bergabung pada 2011, kariernya bersama mereka tidak selalu berjalan mulus. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke klub lain pada 2013/2014.

Setelah dipinjamkan, performanya kian meningkat hingga menjadi salah satu pilar penting Bayern Leverkusen. Pemain sayap berusia 33 tahun itu berhasil mengemas 57 gol dan 66 assist di semua ajang bersama Leverkusen. Namun, perjalanannya dengan klub harus berakhir pada akhir musim 2022/2023 lantaran kontraknya habis dan tidak diperpanjang.

4. Sergio Busquets (15 tahun)

5 Pemain Ini Pergi pada 2022/2023 Usai Belasan Tahun Bersama KlubSergio Busquets (instagram.com/5sergiob)

Sebelum Jordi Alba memutuskan hengkang, Sergio Busquets lebih dahulu melakukannya. Busquets memutuskan pergi karena tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada akhir musim 2022/2023. Kepergiannya terasa spesial karena dibarengi dengan Barcelona yang menjuarai LaLiga 2022/2023.

Hengkangnya Busquets tentu sebuah kerugian besar bagi Barcelona. Pasalnya, ia merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik yang mengemban tugas sebagai kapten klub. Selama 18 tahun memperkuat Barcelona, pemain berusia 34 tahun itu telah mencetak 18 gol dan 45 assist dari 755 pertandingan di semua ajang.

Busquets juga salah satu produk La Masia tersukses. Setelah promosi ke klub utama pada 2008, ia membantu Barcelona memenangi 31 trofi, yang terdiri dari 8 trofi LaLiga, 7 Copa del Rey, 7 trofi Super Spanyol, 3 trofi Liga Champions Eropa, 3 trofi Super Eropa, dan 3 Piala Dunia Antarklub.

5. Gerard Pique (14 tahun)

5 Pemain Ini Pergi pada 2022/2023 Usai Belasan Tahun Bersama KlubGerard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Lainnya halnya dengan Jordi Alba dan Sergio Busquets yang hengkang setelah mengantarkan Barcelona menjuarai LaLiga, Gerard Pique justru memutuskan pensiun pada pertengahan musim. Ia pensiun karena faktor usia yang membuat performanya menurun sehingga tidak bisa membantu Barcelona lebih banyak lagi. Barcelona sendiri sudah seperti rumah kedua bagi Pique.

Ia telah menghabiskan kariernya bersama Blaugrana dalam 14 tahun terakhir. Pria berusia 36 tahun itu juga pernah bermain di La Masia semasa mudanya. Bersama Barcelona, Pique sendiri telah mencatat 616 penampilan dan berhasil mencetak 53 gol dan 13 assist. Ia menjadi pemain penting yang telah mempersembahkan berbagai trofi bagi Barcelona.

Pengabdian para pemain di atas sangat berharga bagi klub. Performa impresif hingga trofi bergengsi berhasil mereka persembahkan. Namun, karena berbagai faktor, kelimanya harus pergi dari klub setelah belasan tahun bersama, kecuali Gerard Pique yang memilih pensiun bersama Barcelona.

Baca Juga: Akhir Manis Sergio Busquets di Barcelona

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya