5 Pemain Tertua Barcelona pada 2023/2024, Kaya Pengalaman!

Mereka belum lama bergabung

Skuad Barcelona pada 2023/2024 didominasi pemain muda. Beberapa nama bahkan lulusan akademi Barcelona sendiri, La Masia. Namun, mengandalkan banyak pemain muda yang kualitasnya belum terlalu matang tentu cukup berisiko.

Sadar akan hal itu, Blaugrana mencoba menyeimbangkan skuadnya dengan tetap menghadirkan beberapa pemain senior. Peran para pemain senior akan berguna ketika sedang mengalami situasi sulit. Mereka juga bisa menjadi mentor bagi sederet pemain muda Barcelona.

Inilah lima pemain tertua Barcelona pada musim 2023/2024.

1. Robert Lewandowski (35) jadi ujung tombak andalan Barcelona

5 Pemain Tertua Barcelona pada 2023/2024, Kaya Pengalaman!Robert Lewandowski (fcbarcelona.com)

Robert Lewandowski menjadi sosok menakutkan bagi Barcelona kala masih berseragam Bayern Munich. Untungnya, hal itu tak terjadi lagi setelah Blaugrana berhasil membajak Lewandowski dari Die Roten pada musim panas 2022. Dia malah menjadi tulang punggung Barcelona berkat torehan golnya. Bahkan, Lewandowski langsung meraih gelar top skor LaLiga Spanyol 2022/2023 pada musim pertamanya bersama Blaugrana.

Kini, Lewandowski memasuki musim keduanya 2023/2024. Meski usianya sudah menginjak 35 tahun, Lewandowski tetap tampil tajam. Pemain berkebangsaan Polandia itu sudah mencetak 8 gol dan 4 assist dari 14 pertandingan di semua kompetisi.

2. Ilkay Guendogan (33) memegang peran penting di lini tengah Barcelona

5 Pemain Tertua Barcelona pada 2023/2024, Kaya Pengalaman!Ilkay Guendogan (fcbarcelona.com)

Ilkay Guendogan merupakan pemain anyar Barcelona. Dia baru bergabung pada musim panas 2023 secara bebas transfer. Meski begitu, Guendogan langsung menyegel satu tempat di lini tengah Blaugrana. Dia hampir selalu bermain penuh dalam 17 laga Barcelona di semua kompetisi pada 2023/2024. Sang pemain juga berhasil menciptakan 1 gol dan 5 assist.

Kualitas serta pengalamannya membawa dampak besar bagi permainan Barcelona. Performa gelandang asal Jerman itu tetap konsisten meski usianya sudah cukup tua, 33 tahun. Dia bisa bersaing dengan deretan gelandang muda Barcelona yang masih segar dan energik.

Baca Juga: 5 Eks Barcelona yang Berkiprah di Saudi Pro League pada 2023/2024

3. Oriol Romeu (32) kembali berseragam Barcelona

5 Pemain Tertua Barcelona pada 2023/2024, Kaya Pengalaman!Oriol Romeu (fcbarcelona.com)

Ilkay Guendogan bukanlah satu-satunya gelandang senior yang didatangkan Barcelona pada musim panas 2023. Mereka juga merekrut Oriol Romeu dari Girona. Romeu akan menempati pos gelandang jangkar Barcelona yang ditinggalkan Sergio Busquets. Romeu sendiri bukanlah sosok asing bagi Blaugrana.

Dia merupakan pemain binaan akademi La Masia. Namun, Romeu gagal menembus tim utama Barcelona dan lebih sering membela klub lain. Dia baru dipercaya bermain di tim utama Barcelona saat usianya menginjak 32 tahun. Sejauh ini, Romeu telah mencatatkan 16 laga dengan sumbangan 1 assist di semua kompetisi pada 2023/2024.

4. Inigo Martinez (32), bek senior Spanyol yang baru bergabung dengan Barcelona

5 Pemain Tertua Barcelona pada 2023/2024, Kaya Pengalaman!Inigo Martinez (fcbarcelona.com)

Bursa transfer musim panas 2023 menjadi momen bagi Barcelona untuk memboyong pemain senior. Selain Ilkay Guendogan dan Oriol Romeu, Blaugrana juga mendatangkan Inigo Martinez secara bebas transfer. Hadirnya Martinez menambah kedalaman di sektor bek tengah Blaugrana.

Tak hanya itu, Martinez juga bisa menjadi contoh yang baik bagi bek muda Barcelona. Sebab, gaya bermain Inigo masih cukup lugas dan spartan meski sudah berusia 32 tahun. Pada musim perdananya bersama Blaugrana, Inigo telah mencatatkan 8 pertandingan di semua kompetisi.

5. Marcos Alonso (32) hanya berperan sebagai pemain pelapis

5 Pemain Tertua Barcelona pada 2023/2024, Kaya Pengalaman!Marcos Alonso (instagram.com/marcosalonso28)

Marcos Alonso menjalani musim keduanya bersama Barcelona pada 2023/2024. Pada musim pertamanya, kontribusi Alonso tergolong minim. Sebab, dirinya hanya menjadi pilihan ketiga di posisi bek kiri setelah Alejandro Balde dan Jordi Alba. Namun, kepergian Jordi Alba pada musim panas 2023 membawa angin segar bagi Alonso.

Dia hanya akan bersaing dengan Alejandro Balde. Alonso tentu jauh lebih unggul secara pengalaman. Akan tetapi, performa Alonso yang mulai menurun karena faktor usia memupus harapannya tampil sebagai bek kiri utama. Alonso sendiri sudah berusia cukup tua, 32 tahun. Dia harus rela menjadi pelapis Balde dan baru melakoni empat laga pada 2023/2024.

Kelima pemain tertua di atas baru didatangkan Barcelona dalam 2 musim terakhir. Meski begitu, mayoritas dari mereka sudah memegang peranan penting bagi permainan Barcelona. Keputusan Blaugrana tetap menggunakan jasa pemain senior terbukti tepat.

Baca Juga: Performa 5 Pemain Baru Barcelona Awal 2023/2024, Joao Felix Menonjol!

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya