Comscore Tracker

Sarat Gengsi, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Spanyol

Gak cuma El Clasico, nih!

Liga Spanyol menjadi salah satu liga yang terkenal karena banyaknya pemain berlabel bintang yang bermain di dalamnya. Hadirnya dua klub sepak bola terbaik di dunia, Real Madrid dan Barcelona menjadi salah satu daya tarik untuk pesepak bola berkarier di Spanyol.

Sama seperti liga lainnya, persaingan antar klub yang dibalut dalam derby kerap berlangsung seru. Sarat akan gengsi, berikut ini tujuh derby terpanas di ranah sepak bola Spanyol. Keep scrolling!

1. El Clasico (Barcelona vs Real Madrid) 

Sarat Gengsi, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Spanyolghanasoccernet.com

Semua penggemar sepak bola pasti setuju bahwa pertemuan antara Barcelona dan Real Madrid dalam El Clasico menjadi yang terpanas dan legendaris di Spanyol, bahkan dunia. Tidak jarang, pertemuan keduanya menyajikan laga antar pemain bintang dengan tensi yang tinggi, baik di dalam maupun luar lapangan.

2. Madrid Derby (Real Madrid vs Atlético Madrid) 

Sarat Gengsi, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Spanyolmarca.com

Madrid Derby antara Real Madrid kontra Atletico Madrid menjadi ajang pembuktian soal siapa yang paling hebat di ibu kota Spanyol, Madrid. Persaingan keduanya sudah berlangsung panas sejak lama, namun puncaknya adalah medio 2010-an semenjak Atletico Madrid meningkat menjadi kekuatan sepak bola Spanyol dan berhasil lolos ke final Liga Champions.

3. Seville Derby (Sevilla vs Real Betis)

Sarat Gengsi, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Spanyolthetotallyfootballshow.com

Selanjutnya ada Seville Derby yang melibatkan Sevilla dan Real Betis. Derby ini menjadi salah satu yang paling mencuri perhatian karena berlangsung dengan seru.

Suporter Los Nervionenses selalu membanggakan 5 trofi Europa League yang mereka miliki, sementara itu suporter Beticos selalu mengklaim bahwa mereka memiliki basis penggemar yang lebih besar daripada sang rival.

Baca Juga: Jarang Disorot, 6 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Jerman

4. Basque Derby (Athletic Bilbao vs Real Sociedad) 

Sarat Gengsi, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Spanyolruiksports.com

Basque Derby yang mempertemukan Athletic Bilbao vs Real Sociedad merupakan salah satu derby tradisional yang paling sengit dan kompetitif. Bahkan di medio 1980-an, persaingan keduanya sering sekali menentukan siapa sang juara Liga Spanyol.

5. Derby de la Comunitat (Valencia vs Villarreal)

Sarat Gengsi, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Spanyollalasport.com

Sepanjang abad ke-20, Valencia menjadi kekuatan Liga Spanyol yang selalu bersaing di papan atas. Namun, sejak awal abad 21 mereka memiliki rival yang perlahan mendekati mereka, yakni Villarreal.

Sejak saat itu, persaingan keduanya dalam balutan Derby de la Comunitat menjadi kian panas dan menarik untuk ditunggu.

6. Galician Derby (Celta Vigo vs Deportivo La Coruna)

Sarat Gengsi, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Spanyolvavel.com

Galicia merupakan salah satu kecil di Spanyol yang memiliki iklim dan budaya yang justru bernuansa Celtic. Kota ini merupakan kandang dari kesebelasan Celta Vigo dan Deportivo La Coruna.

Persaingan keduanya dalam Galician Derby sudah berlangsung panas sejak lama, namun bila melihat perolehan trofi, Super Depor sedikit memiliki keunggulan dari Los Celestes.

7. Asturian Derby (Sporting Gijon vs Real Oviedo)

Sarat Gengsi, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Spanyolmemesita.com

Persaingan paling sengit lainnya terjadi di Spanyol Utara. yang mempertemukan antara Sporting Gijon melawan Real Oviedo dalam Asturian Derby. Pertandingan yang melibatkan keduanya terjadi dalam tensi yang tingg,i dan tak jarang bentrok antar suporter kerap terjadi.

 

Nah, itulah tujuh derby sepak bola di Negeri Matador yang berlangsung dengan panas dan sarat gengsi. Mana favoritmu?

Baca Juga: Sarat Sejarah, 7 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Italia

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya