Comscore Tracker

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FA

Magic of the FA Cup!

Sudah banyak klub sepak bola yang merasakan manisnya menjadi juara kompetisi tertua di dunia, Piala FA. Arsenal menjadi klub yang mengoleksi gelar paling banyak, yakni 14. Dalam sejarah Piala FA, sering terjadi kejutan yang tidak pernah bisa diprediksi. Tak jarang banyak klub besar yang harus menelan pil pahit setelah tersingkir melawan klub yang berasal dari divisi bawah.

Bak dongeng Cinderella, berikut ini sepuluh kejutan terbesar sepanjang sejarah Piala FA. Keep scrolling!

1. Sunderland 1-0 Leeds United (1973)

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAchroniclelive.co.uk

Leeds United merupakan salah satu klub paling dominan pada periode 1970-an. Finis di posisi kedua Liga Inggris musim 1971/1972 dan memenangkan Piala FA di musim yang sama, mereka diprediksi akan mempertahankan mahkota juara musim 1972/1973.

Namun, yang terjadi adalah mereka kalah mengejutkan dari klub divisi dua saat itu, Sunderland, dalam laga final yang disaksikan sekitar 100.000 penonton di Wembley Stadium.

2. Wigan Athletic 1-0 Manchester City (2013)

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAskysports.com

Dihuni oleh sederet nama besar, mulai dari Yaya Toure, Sergio Aguero, hingga Carlos Tevez, Manchester City tentunya diprediksi akan menang mudah atas Wigan Athletic dalam gelaran final Piala FA musim 2012/2013.

Namun, yang terjadi adalah sebaliknya, The Citizens harus menanggung malu setelah kalah lewat gol yang dicetak oleh Ben Watson di masa injury time.

3. Sutton United 2-1 Coventry City (1989)

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAcoventrytelegraph.net

Terbang tinggi di papan atas Liga Inggris musim 1988/1989, Coventry City mendapatkan undian mudah saat bertemu klub nonliga dalam putaran ketiga Piala FA, Sutton United.

Namun, The Sky Blues mendapatkan perlawanan sengit dari The U's dan secara mengejutkan harus menelan kekalahan dengan skor tipis, 2-1.

4. Liverpool 0-1 Wimbledon FC (1988)

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAsportsmole.co.uk

Menjadi salah satu kekuatan yang disegani periode 1980-an, Liverpool bermain luar biasa, baik di kompetisi domestik maupun kompetisi antarklub Eropa.

The Reds yang pada musim 1987/1988 mendapatkan gelar Liga Inggris, diprediksi akan melengkapi trofi mereka dengan gelar Piala FA. Tak disangka, Liverpool harus rela kalah tipis 1-0 dari Wimbledon FC dalam laga yang digelar di Wembley Stadium.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Tak Disangka Pernah Berseragam Liverpool

5. Chelsea 2-4 Bradford City (2015) 

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAskysports.com

Klub kasta ketiga, Bradford City, melakukan misi mustahil dalam putaran keempat Piala FA musim 2014/2015, yakni bertandang ke Stamford Bridge. Berada 49 posisi di bawah Chelsea, The Bantams secara mengejutkan berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor mencolok 4-2.

Meski sudah unggul 2-0, The Blues harus rela tersingkir secara memalukan dan mencatat salah satu sejarah pertandingan tidak terlupakan di Piala FA.

6. Manchester United 0-1 Leeds United (2010)

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAmirror.co.uk

Lebih dari satu dekade lalu, Manchester United yang dilatih oleh Sir Alex Ferguson harus bertekuk lutut dari Leeds United yang saat itu berada di League One (divisi ketiga).

Belum pernah kalah di putaran ketiga Piala FA selama 23 tahun kepemimpinan Sir Alex Ferguson, The Red Devils dibungkam 1-0 di Old Trafford lewat gol Jermaine Beckford di menit ke 19.

7. Hereford United 2-1 Newcastle United (1972)

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAfourfourtwo.com

Salah satu kejutan terbesar sepanjang sejarah Piala FA adalah kemenangan Hereford United 2-1 atas Newcastle United dalam laga ulang setelah hasil imbang 2-2 di St James Park.

Hereford yang berstatus klub nonliga berhasil membuat rekor dengan menjadi klub peringkat terendah yang berhasil mengalahkan klub kasta tertinggi, dalam sejarah sepak bola Inggris.

8. Oldham Athletic 3-2 Liverpool (2013)

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAsportsmole.co.uk

Boundary Park Stadium berhasil menjadi sandungan bagi Liverpool dalam putaran keempat Piala FA musim 2012/2013. Dihuni oleh sebagian besar pemain utama, The Reds harus tersingkir setelah kalah dramatis 3-2 dari Oldham Athletic yang saat itu berada di League One (kasta ketiga).

9. Wrexham 2-1 Arsenal (1992)

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAbbc.co.uk

Sang jawara terbanyak Piala FA, Arsenal, juga pernah mengalami mimpi buruk setelah kalah mengejutkan dari Wrexham yang kala itu berasal dari Divisi Empat dalam putaran ketiga Piala FA musim 1991/1992. Sempat unggul 1-0, namun The Gunners harus tertunduk setelah The Dragons berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1.

10. Burnley 0-1 Lincoln City (2017)

Bak Dongeng Cinderella, 10 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Piala FAtelegraph.co.uk

Dalam putaran kelima Piala FA musim 2016/2017, Burnley secara mengejutkan kalah 0-1 di kandang sendiri dari klub nonliga, Lincoln City. The Clarets tersingkir lewat gol sundulan Sean Raggett di menit ke-89. Bahkan, Lincoln sukses menjadi klub nonliga pertama dalam 103 tahun terakhir yang lolos ke perempat final Piala FA.

 

Well, itulah sepuluh kejutan terbesar dalam sejarah Piala FA. Seperti magic, klub-klub yang berstatus "kuda hitam" di atas sukses menyingkirkan klub yang tentunya lebih mapan daripada mereka. Menurutmu, mana yang paling mengejutkan?

Baca Juga: Bukan dari Inggris, 5 Klub Ini Bermain di Kompetisi Liga Inggris

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya