Comscore Tracker

7 Klub Premier League dengan Rekor Tanpa Menang Terlama di Awal Musim

Sebagian besar harus terdegradasi di akhir musim!

Newcastle United masih belum mampu meraih kemenangan di musim 2021/22. Hingga pekan ke-14, The Magpies masih tercecer sebagai juru kunci dengan raihan 7 poin.

Selain Newcastle, tak sedikit klub yang juga menampilkan performa buruk di awal musim dengan rentetan laga tanpa kemenangan. Hasil buruk tersebut membuat sejumlah klub ini harus merasakan pahitnya turun kasta di akhir musim.

Klub apa sajakah itu? Berikut ini 7 klub Premier League dengan rekor tanpa kemenangan terlama di awal musim.

7. Everton - 12 pertandingan (1994/95)

7 Klub Premier League dengan Rekor Tanpa Menang Terlama di Awal MusimMeski tampil buruk di liga, Everton mampu meraih gelar Piala FA di musim 1994/95. (evertonfc.com)

Suporter Everton mungkin sedikit khawatir melihat performa klub mereka di awal musim ini. Mereka saat ini berada di posisi ke-14 klasemen sementara. Namun, sebelum musim ini, The Toffees pernah mengalami awal musim yang jauh lebih buruk, yakni musim 1994/95.

Pada musim itu Everton gagal memenangkan satu pun pertandingan dari 12 laga pembuka. Namun, bak keajaiban, The Toffees sanggup terhindar dari degradasi dan mengakhiri musim di posisi ke-15.

6. Derby County - 13 pertandingan (2000/01)

7 Klub Premier League dengan Rekor Tanpa Menang Terlama di Awal MusimPotret suporter Derby County yang tetap setia mendukung klub kebanggaan mereka. (derbytelegraph.co.uk)

Derby County mungkin lebih dikenal karena menjadi klub dengan raihan poin terendah sepanjang sejarah Premier League. Namun, ternyata mereka juga pernah menjadi salah satu klub tanpa kemenangan terlama.

Pada musim 2000/01, The Rams memulai musim dengan catatan 13 pertandingan awal tanpa kemenangan. Namun, performa gemilang Derby di bulan Desember mampu menghindarkan mereka dari degradasi dan finish di posisi ke-17 klasemen akhir.

5. Norwich City - 13 pertandingan (2004/05)

7 Klub Premier League dengan Rekor Tanpa Menang Terlama di Awal MusimNorwich City kerap tampil kurang maksimal ketika mendapat promosi ke Premier League. (sportinglife.com)

Norwich City musim 2004/05 juga tercatat sebagai salah satu tim terburuk di awal musim. The Canaries mencatatkan 13 pertandingan awal tanpa kemenangan (8 hasil imbang). Setelah mendapat angin segar dengan meraih kemenangan atas Southampton di pekan ke-14, mereka kembali gagal menang di 11 pertandingan berikutnya.

The Canaries akhirnya terdegradasi di musim tersebut dengan hanya bertengger di posisi ke-19 dan mengumpulkan total 33 poin.

Baca Juga: 5 Pemain yang Jadi Momok Paling Menakutkan bagi Norwich City

4. Newcastle United - 14 pertandingan* (2021/22)

7 Klub Premier League dengan Rekor Tanpa Menang Terlama di Awal MusimPelatih anyar Newcastle, Eddie Howe, belum mampu memberikan kemenangan untuk The Magpies. (telegraph.co.uk)

Hasil imbang 1-1 melawan Norwich City membuat Newcastle United harus memperpanjang penantian mereka untuk meraih kemenangan perdana di musim 2021/22 ini. The Magpies kini telah menjalani 14 pertandingan awal musim tanpa kemenangan (7 imbang dan 7 kalah).

Setelah semua kegembiraan dalam menyambut pemilik baru, Newcastle tentunya harus mampu bangkit dan menghindari degradasi di musim ini.

3. Swindon Town - 15 pertandingan (1993/94)

7 Klub Premier League dengan Rekor Tanpa Menang Terlama di Awal MusimKekecewaan suporter Swindon Town. (swindonadvertiser.co.uk)

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa Swindon Town pernah merasakan atmosfer Premier League di awal tahun '90-an. Klub yang kini berkutat di League Two (kasta keempat) ini sempat mendapatkan promosi pada musim 1993/94.

The Robins gagal meraih kemenangan dalam 15 pertandingan pertama mereka di kasta tertinggi. Di akhir musim, mereka hanya mendapatkan total 5 kemenangan dan kembali terdegradasi sebagai juru kunci.

2. Queens Park Rangers - 16 pertandingan (2012/13)

7 Klub Premier League dengan Rekor Tanpa Menang Terlama di Awal MusimKekecewaan suporter QPR di salah satu pertandingan musim 2012/13. (thetotallyfootballshow.com)

Selanjutnya ada klub asal London, Queens Park Rangers (QPR). The R's hingga kini tercatat sebagai klub terburuk kedua di awal musim dengan menjalani 16 pertandingan tanpa kemenangan di musim 2012/13. 

Meskipun memiliki sederet nama besar, QPR baru mencatatkan kemenangan pertama di pekan ke-17 pada bulan Desember saat mengalahkan Fulham di Loftus Road. Kedatangan Mark Hughes sebagai pengganti Harry Redknapp juga tak mampu merubah peruntungan mereka. QPR akhirnya finish sebagai juru kunci di musim tersebut dengan hanya mengumpulkan 25 poin.

1. Sheffield United - 17 pertandingan (2020/21)

7 Klub Premier League dengan Rekor Tanpa Menang Terlama di Awal MusimSheffield United 2020/21 menjadi salah satu tim terburuk sepanjang sejarah Premier League. (examinerlive.co.uk)

Sheffield United memiliki awal musim terburuk sepanjang sejarah Premier League. Mereka gagal menang di 17 pertandingan awal mereka di musim 2020/21. Padahal, tim asuhan Chris Wilder tampil spartan dan hampir lolos ke kompetisi Eropa di musim sebelumnya. The Blades seperti mengalami sindrom musim kedua untuk klub promosi. 

Sheffield United baru mendapat kemenangan di bulan Januari saat menghadapi Newcastle United dan diikuti dengan 3 kemenangan dalam 5 pertandingan selanjutnya. Namun, itu tidak cukup untuk menyelamatkan The Blades dari degradasi di akhir musim lalu.

 

Itulah 7 klub dengan rekor tanpa kemenangan terlama di awal musim sepanjang sejarah Premier League. Mampukah Newcastle United segera meraih kemenangan perdana di musim ini atau justru mereka akan memecahkan rekor milik Sheffield United?

Baca Juga: 5 Pemain Top Sheffield United yang Harus Bermain di Championship

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya