5 Pekan Terakhir Paling Dramatis Dalam Sejarah Premier League, Seru!

Berlangsung dengan tensi tinggi sampai detik terakhir!

Dalam sejarah Liga Primer Inggris, terkadang penentuan juara, jatah kompetisi Eropa, hingga degradasi harus ditentukan hingga pertandingan terakhir. Bahkan, beberapa pertandingan yang biasanya digelar secara bersamaan, cenderung berlangsung dengan tensi yang tinggi.

Berikut ini deretan pekan terakhir paling dramatis sepanjang sejarah Liga Primer Inggris. Buat yang penasaran, yuk, simak kisahnya!

5. Musim 2005/2006

5 Pekan Terakhir Paling Dramatis Dalam Sejarah Premier League, Seru!Arsenal saat memainkan laga terakhir mereka di Highbury Stadium. (thesun.co.uk)

Setelah bertahun-tahun menjadi klub semenjana, Tottenham Hotspur mulai menunjukkan taji sejak di bawah kepemimpinan Martin Jol musim 2005/2006. Kala itu Spurs hampir saja menggusur rival berat mereka, Arsenal, di posisi terakhir zona Liga Champions.

Namun, The Lilywhites yang sampai pekan ke-37 masih unggul satu poin dari The Gunners, secara mengejutkan tumbang 2-1 dari West Ham United. Di saat yang bersamaan, Arsenal yang termotivasi karena memainkan pertandingan terakhir mereka di Highbury sebelum pindah ke Emirates, berhasil bangkit dari ketertinggalan 1-2 menjadi kemenangan 4-2 atas Wigan Athletic.

The Gunners sukses memberikan kado perpisahan manis untuk kandang yang sudah mereka tempati selama 93 tahun tersebut.

4. Musim 2007/2008

5 Pekan Terakhir Paling Dramatis Dalam Sejarah Premier League, Seru!Selebrasi pemain Fulham setelah secara dramatis lolos dari degradasi di musim 2007/2008. (mirror.co.uk)

Pada pekan terakhir musim 2007/2008, terjadi aksi heroik Fulham demi menghindari degradasi. Menjalani misi sulit, saat itu Fulham berhasil menang tipis 0-1 di kandang Portsmouth. Di saat yang bersamaan, pesaing di zona degradasi, Reading, menang 0-4 di kandang Derby County. The Cottagers berhasil lolos dari jeratan degradasi karena unggul selisih gol dari The Royals.

Di jalur perebutan gelar juara, Manchester United juga baru mengunci gelar mereka di pekan ke-38 setelah menang 0-2 dari Wigan Athletic. Di saat bersamaan, pesaing mereka, Chelsea, hanya bermain imbang 1-1 dari klub papan bawah, Bolton Wanderers.

Baca Juga: 5 Hal Besar yang Diubah Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United

3. Musim 2010/2011

5 Pekan Terakhir Paling Dramatis Dalam Sejarah Premier League, Seru!Birmingham jadi salah satu klub yang pernah merasakan degradasi secara menyakitkan. (birminghammail.co.uk)

Hingga pekan terakhir, tercatat lima klub masih berpeluang untuk selamat atau terdegradasi dari Liga Primer Inggris musim musim 2010/2011. Wolves (40 poin), Blackburn Rovers (40 poin), Birmingham City (39 poin), Wigan Athletic (39 Poin), dan Blackpool (39 poin) sama-sama memiliki peluang mempertahankan status mereka di kasta tertinggi.

Pada hari yang sempat disebut sebagai "Survival Sunday", Blackpool bisa dibilang memiliki tugas paling berat karena harus bertandang ke Old Trafford berjumpa Manchester United. Mereka akhirnya kalah 4-2 dan harus rela terdegradasi. Sementara itu, Birmingham juga menderita kekalahan 2-1 dari Spurs yang membuat mereka ikut turun kasta.

Terdegradasinya Blackpool dan Birmingham disebabkan oleh Wigan yang menang dramatis 0-2 di kandang Stoke. Selain itu, Blackburn berhasil mengamankan posisi mereka di Liga Primer Inggris setelah menang mengejutkan 3-2 di kandang sesama pejuang degradasi, Wolves.

2. Musim 1994/1995

5 Pekan Terakhir Paling Dramatis Dalam Sejarah Premier League, Seru!Potret saat Blackburn secara mengejutkan juara Premier League musim 1994/1995. (dailymail.co.uk)

Kejutan Blackburn Rovers saat menjadi kampiun Liga Primer Inggris musim 1994/1995 tak lepas dari drama yang saat itu tercipta. Setelah sempat unggul poin jauh, The Rovers sedikit mengalami penurunan karena kalah tiga kali dari enam laga terakhirnya.

Beruntung, pesaing mereka saat itu, Manchester United, ditahan imbang 1-1 oleh West Ham United di pekan ke-38. Meskipun Blackburn menderita kekalahan 2-1 dari Liverpool, mereka tetap unggul satu poin dari The Red Devils dan mengunci gelar liga pertama mereka sejak tahun 1914.

1. Musim 2011/2012

5 Pekan Terakhir Paling Dramatis Dalam Sejarah Premier League, Seru!Selebrasi Sergio Aguero dan Edin Dzeko untuk Manchester City. (dailymail.co.uk)

Salah satu musim paling menegangkan dalam sejarah Liga Primer Inggris tentunya adalah musim 2011/2012. Hingga pekan terakhir, belum ada tim yang memastikan status juara. Manchester City dan Manchester United yang saat itu memiliki poin sama (86 poin), masih berpeluang menjadi juara di musim tersebut.

United berhasil unggul 1-0 atas Sunderland, sedangkan City masih tertinggal 1-2 hingga menit 90+1 dari QPR. Jika hasil tersebut tidak berubah, The Red Devils akan melangkahi The Citizens untuk menjadi sang juara.

Namun, perjuangan tanpa henti City membuahkan hasil setelah Edin Dzeko membuat skor imbang 2-2 di menit 90+2. Bahkan, City berbalik unggul lewat gol dari Sergio Aguero di menit 90+4. Momen tersebut dinilai menjadi yang terbaik dalam sejarah Liga Primer Inggris.

 

Itulah deretan pekan terakhir paling dramatis sepanjang sejarah Liga Primer Inggris. Tak hanya perebutan gelar juara, penyelamatan dari zona degradasi juga kerap berlangsung seru hingga detik akhir.

Baca Juga: Sergio Aguero Dikontrak Barcelona 2 Musim, Messi Bertahan di Camp Nou?

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya