Memorable! 5 Pertandingan Community Shield Terbaik Sepanjang Sejarah

Kerap kali berlangsung dengan seru dan dramatis

FA Community Shield atau yang sebelumnya bernama Charity Shield merupakan pertandingan tahunan yang mempertemukan sang juara Premier League dan Piala FA. Meski bertajuk laga amal, pertandingan ini bak piala super dan diakui secara resmi oleh FA dan UEFA.

Sudah dilangsungkan sejak tahun 1908, berikut ini 5 pertandingan FA Community Shield terbaik sepanjang sejarah. Memorable!

1. Wolverhampton Wanderers 4-4 West Bromwich Albion (1954)

Memorable! 5 Pertandingan Community Shield Terbaik Sepanjang SejarahDerby yang mempertemukan Wolves vs WBA selalu berlangsung dengan panas. (birminghammail.co.uk)

FA Charity Shield tahun 1954 mempertemukan Wolverhampton Wanderers (Wolves) dan West Bromwich Albion (WBA) dalam balutan Black Country Derby. Saat itu Wolves menjadi juara Football League Divisi 1 dan disusul WBA yang berada di posisi runner-up sekaligus menjadi juara Piala FA.

Dalam laga yang digelar di Molineux Stadium, Wolves berhasil unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Roy Swinbourne dan Norman Deeley sebelum akhirnya disamakan oleh WBA menjadi 2-2 lewat dua gol Ronnie Allen.

Tuan rumah bangkit dan kembali berhasil unggul dengan selisih dua gol. Namun, gol dari Reg Ryan dan hattrick Ronnie Allen membuat skor menjadi sama kuat 4-4. Akhirnya, kedua tim harus puas berbagi gelar pada edisi ini.

2. Leeds United 4-3 Liverpool (1992)

Memorable! 5 Pertandingan Community Shield Terbaik Sepanjang SejarahPotret para pemain Liverpool saat tengah menahan serangan Leeds United yang dimotori oleh Eric Cantona. (dailypost.co.uk)

Musim perdana kompetisi dengan nama Premier League dibuka oleh pertandingan FA Charity Shield yang klasik dan menegangkan. Leeds United yang menjadi juara Football League Divisi 1 bertemu Liverpool yang juara Piala FA dalam laga yang total menghasilkan tujuh gol.

Leeds berhasil unggul dua kali lewat gol Eric Cantona dan Tony Dorigo sebelum disamakan Liverpool menjadi 2-2 lewat gol Ian Rush dan Dean Saunders. Selanjutnya, Cantona berhasil menjadi pahlawan The Whites setelah melesakkan dua gol lagi untuk melengkapi hattrick.

Gol bunuh diri Gordon Strachan di menit-menit terakhir sempat membuat skor menjadi 4-3. Namun, dengan waktu yang tersisa, The Reds tak mampu lagi mencetak gol.

Baca Juga: 5 Pemain Leeds United yang Tampil Impresif Musim Ini

3. Manchester United 4-0 Newcastle (1996)

Memorable! 5 Pertandingan Community Shield Terbaik Sepanjang SejarahManchester United dan Newcastle bertemu di FA Charity Shield 1996. (chroniclelive.co.uk)

Manchester United yang menyelesaikan musim 1995/1996 dengan raihan gelar ganda (Premier League dan FA Cup) bertemu dengan Newcastle United yang kala itu menjadi runner-up Premier League dalam gelaran FA Charity Shield.

Tampil menggila, The Red Devils berhasil menghancurkan The Magpies dengan skor telak 4-0. Eric Cantona mencetak gol pembuka untuk sang juara liga sebelum sundulan brilian Nicky Butt menggandakan keunggulan dan menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Lima menit jelang laga usai, David Beckham dan Roy Keane berhasil mencetak gol dan menyempurnakan kemenangan The Red Devils menjadi 4-0.

4. Liverpool 2-1 Chelsea (2006)

Memorable! 5 Pertandingan Community Shield Terbaik Sepanjang SejarahPotret Steven Gerrard dan John Arne Riise saat mengangkat trofi FA Community Shield 2006. (thisisanfield.com)

Liverpool dan Chelsea kerap kali terlibat persaingan sengit pada awal 2000-an atau sejak The Blues diambil alih oleh Roman Abramovic. The Reds yang menjadi juara Piala FA menantang The Blues yang kala itu berstatus sebagai juara Premier League dalam FA Community Shield 2006 yang digelar di Millenium Stadium, Cardiff.

John Arne Riise membuka skor lewat salah satu gol paling indah sepanjang sejarah kompetisi sebelum disamakan menjadi 1-1 oleh Andriy Shevchenko. Namun, sundulan Peter Crouch 10 menit jelang laga usai berhasil menjadi pembeda di laga ini. Liverpool pun menyegel trofi FA Community Shield lewat kemenangan tipis 2-1.

5. Manchester City 2-3 Manchester United (2011)

Memorable! 5 Pertandingan Community Shield Terbaik Sepanjang SejarahNani menjadi pahlawan Manchester United di FA Community Shield 2011. (talksport.com)

Manchester City telah mengisyaratkan siap menjadi penantang serius di kompetisi sepak bola Inggris setelah memenangkan Piala FA Tahun 2011, trofi pertama mereka setelah 35 tahun. Selanjutnya, dalam gelaran FA Community Shield 2011, Manchester City menantang Manchester United yang musim sebelumnya sukses menjadi kampiun Premier League.

The Citizens unggul lebih dulu lewat gol Joleon Lescott dan Edin Dzeko, sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0. Tak mau kalah melawan "tetangga berisik", 10 menit babak kedua berjalan, The Red Devils berhasil menyamakan kedudukan 2-2 lewat gol dari Chris Smalling dan Nani. Saat laga sepertinya akan berlanjut ke perpanjangan waktu, Nani berhasil memanfaatkan keraguan Vincent Kompany dan Yaya Toure untuk mencetak gol kemenangan.

 

Meski kerap dianggap sebelah mata, pertandingan yang mempertemukan dua juara kompetisi di Inggris ini kerap kali berlangsung dengan seru dan dramatis, ya!

Baca Juga: Jelang Community Shield, Begini Kondisi Manchester City dan Leicester

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya