Comscore Tracker

5 Pesepakbola Asal Yunani Terbaik yang Bermain di EPL, Ada Tsimikas!

Deretan pemain underrated yang potensial

Tidak diragukan lagi bahwa Liga Primer Inggris menjadi salah satu liga sepakbola paling kompetitif di dunia. Hal itu jelas karena salah satu faktor, yaitu banyaknya pemain top dunia yang berkarier disana.

Di Liga Primer Inggris sendiri, nama-nama top dari negara Eropa cukup banyak yang mencuri perhatian tak terkecuali pemain dari negeri para dewa yakni Yunani. Salah satu yang disorot kini adalah Kostas Tsimikas yang sukses menjadi pelapis Robertson di lini pertahanan Liverpool.

Termasuk Tsimikas, kami rangkum 5 pemain terbaik asal Yunani yang pernah berkarier di EPL!

1. Stelios Giannakopoulos 

5 Pesepakbola Asal Yunani Terbaik yang Bermain di EPL, Ada Tsimikas!Stelios Giannakopoulos (bwfc.co.uk)

Menjadi salah satu pahlawan Yunani di final Euro 2004 sebagai gelandang serang, pria berkepala plontos ini sukses mencuri hati para fans Bolton Wanderers kala itu dibawah asuhan Sam Allardyce. 

Ia memiliki kemampuan untuk berlari ke kotak penalti dan mencetak gol-gol penting. Selama musim pertamanya, ia membantu klub mencapai final Piala Liga dan mencapai posisi liga tertinggi mereka. Bahkan sempat menjadi pencetak gol terbanyak Bolton Wanderers.

2. Jose Halebas 

5 Pesepakbola Asal Yunani Terbaik yang Bermain di EPL, Ada Tsimikas!Jose Holebas (90min.com)

Bermain untuk Watford sebagai bek kiri, ia sukses menajdi salah satu kunci alterantif serangan the hornets dengan kemampuan umpan silangnya yang mematikan. Ia sendiri didatangkan dari AS Roma dengan mahar hanya 2 juta paun atau Rp 39 miliar.

Namun, awal-awal kariernya di Watford banyak dihabiskan di bangku cadangan karena pelatih saat itu lebih menyukai Nathan Ake dan Ikechi Anya untuk bermain diposisinya. Ia kembali menemukan motivasi bermain ketika dilatih Javi Gracia dan berhasil mencetak tiga gol selama musim Liga Premier 2018-19.

Baca Juga: 5 Kapten Aktif Klub Premier League yang Paling Lama Menjabat

3. Nikos Dabizas

5 Pesepakbola Asal Yunani Terbaik yang Bermain di EPL, Ada Tsimikas!Nikos Dabizas (twitter.com/NUFC)

Dabizas sukses menunjukkan ke para penoton EPL bahwa ada bakat potensial yang lahir dari Yunani, sebelum maraknya pemain Yunani hijrah ke Inggris setelah Euro 2004 dimana negaranya berhasil mengalahkan Portugal di final.

Bermain untuk Newcastle United, ia berhasil membawa tim itu ke dua final Piala FA dan bahkan mencetak gol kemenangan dalam derby Tyne-Wear melawan Sunderland. Bek tengah itu mencetak 11 gol  dalam 148 penampilannya di Liga Premier

4. Sokratis Papastathopoulos

5 Pesepakbola Asal Yunani Terbaik yang Bermain di EPL, Ada Tsimikas!Sokratis Papastathopoulos (90min.com)

Pada musim panas 2018 Sokratis resmi menjadi pemain Yunani ke-25 yang bermain di Liga Premier Inggris dan bergabung bersama Arsenal. Ketertarikan Arsenal bukan tanpa alasan karena ia memiliki karier yang sangat baik di Jerman dengan menjadi bek Borussia Dortmund dan melaju ke DFB Pokal pada 2017.

Puncak karirnya di Arsenal datang di babak 32 besar Liga Europa ketika golnya membawa tim lolos ke babak berikutnya. Sokratis sendiri sudah menjadi tembok tangguh bagi the gunners  bersama dengan Laurent Koscielny selama beberapa musim.

5. Kostas Tsimikas

5 Pesepakbola Asal Yunani Terbaik yang Bermain di EPL, Ada Tsimikas!Kostas Tsimikas (thisisanfield.com)

Jurgen Klopp dikenal sebagai salah satu pelatih yang jago dalam memoles pemain-pemain "biasa" menjadi nilai jual yang sangat tinggi. sebut saja Andrew Robertson dan Alexander Arnold yang kini jadi tulang punggung tim dalam meraih beberapa gelar bergengsi.

Dengan cideranya Andrer Robertson di awal musim ini, Tsimikas dipercaya untuk mengisi posisi yang ia tinggalkan yakni bek sayap sektor kiri. Perjudian Klopp dengan pemain "biasa" nya ini cukup membuahkan hasil, karena Tsimikas mampu beradaptasi dan puncaknya menjad MOTM pada laga ke 2 EPL menghadapi Burnley.

Meski berasal dari negara yang pamor nya kurang mentereng dari negara top Eropa lainnya, namun bakat-bakat pemain Yunani berhasil membuktikan bahwa mereka juga bisa bersaing di level tertinggi kompetisi sepakbola.

Baca Juga: Premier League Resmi Hukum The Big 6, Imbas European Super League

Fany Fachri R Photo Verified Writer Fany Fachri R

Mahasiswa biasa yang suka sepakbola @fanyrhamadan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya