3 Kunjungan Terakhir Tottenham ke Markas Aston Villa per Maret 2024

Berpeluang memperkecil jarak di klasemen

Setelah mampu meraih kemenangan kala menjamu Crystal Palace di kandang pada pekan ke-27 English Premier League 2023/2024, Tottenham Hotspur akan mendapat lawan yang tidak mudah pada pekan berikutnya. Anak asuh Ange Postecoglou mesti bertandang ke markas Aston Villa, Minggu (10/3/2024) pukul 20.00 WIB.

Laga yang berlangsung di Villa Park tersebut diprediksi berjalan alot. Itu lantaran kedua tim saat ini sedang bersaing ketat di posisi keempat dan kelima klasemen. Dari 27 laga, The Villans telah mengoleksi 55 poin, diikuti The Lilywhites yang baru memainkan 26 laga dengan torehan 50 poin.

Son Heung Min dkk memiliki modal yang cukup bagus ketika bertandang ke Villa Park. Statistik mencatat, mereka mampu mendominasi setidaknya dalam tiga kunjungan terakhir. Berikut tiga kunjungan terakhir Tottenham Hotspur ke markas Aston Villa per Maret 2024 itu.

1. Jose Mourinho membawa Tottenham Hotspur menang 2-0 pada 2020/2021

3 Kunjungan Terakhir Tottenham ke Markas Aston Villa per Maret 2024Aston Villa melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2020/2021. (premierleague.com)

Tottenham Hotspur tampil cukup meyakinkan saat datang ke Villa Park pada pekan ke-18 Premier League 2020/2021. Di bawah asuhan José Mourinho, mereka menang dengan skor 2-0. Dua gol The Lilywhites dicetak Carlos Vinícius dan Harry Kane.

Carlos Vinícius lebih dahulu membuka keunggulan The Lilywhites pada menit 29. Gol itu terlepas dari umpan matang Lucas Moura dari sisi kiri. Pada menit 69, Kane melengkapi kemenangan Tottenham dengan mencetak gol dari titik putih.

Sayangnya, hasil akhir Tottenham pada akhir musim itu jauh dari harapan. Sempat memecat Mourinho jelang musim berakhir, mereka hanya finis di posisi ketujuh klasemen dengan torehan 62 poin. Sedangkan, Aston Villa yang dilatih Dean Smith musim itu finis di posisi ke-11.

Baca Juga: Kiprah 5 Pemain Sayap Tottenham Hotspur pada Paruh Musim 2023/2024

2. Tottenham Hotpur membantai Aston Villa 4-0 pada 2021/2022

3 Kunjungan Terakhir Tottenham ke Markas Aston Villa per Maret 2024Aston Villa melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Setelah meraih hasil kurang memuaskan pada musim sebelumnya, Tottenham Hotspur tampil lebih baik di Premier League 2021/2022. Di bawah arahan Antonio Conte, mereka finis di posisi keempat klasemen. Dari 38 laga, The Lilywhites meraih 71 poin dari hasil 22 kemenangan, 5 seri, dan 11 kekalahan.

Beberapa kemenangan dengan skor telak mampu dicatatkan The Lilywhites pada musim itu. Selain menang 5-0 atas Everton dan Norwich City, mereka juga membantai Aston Villa dengan skor 4-0 pada pekan ke-32.  Bintang Korea Selatan yang kini menjadi kapten The Lilywhites, Son Heung Min, tampil luar biasa pada laga itu dengan mencetak hattrick.

Awalnya, The Lilywhites hanya mampu unggul 1-0 pada babak pertama lewat gol cepat Son pada menit 3. Pada babak kedua, Tottenham mengamuk dan mencetak tiga gol. Setelah Dejan Kulusevski menggandakan keunggulan pada menit 50, Son membobol gawang Emiliano Martínez dua kali pada menit 66 dan 71.

3. Kunjungan terakhir Tottenham ke Villa Park berakhir dengan kekalahan

3 Kunjungan Terakhir Tottenham ke Markas Aston Villa per Maret 2024Aston Villa melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Setelah mampu menembus empat besar pada musim sebelumnya, Prestasi Tottenham justru merosot di Premier League 2022/2023. Sempat memecat Conte pada Maret 2023, The Lilywhites mengakhiri musim dengan berada di posisi kedelapan. Padahal, Harry Kane dkk sempat tak terkalahkan dalam enam laga awal.

Salah satu kekalahan Tottenham pada musim itu didapat saat bertandang ke markas Aston Villa pada pekan ke-36. Menurunkan Son, Kane, dan Richarlison di lini serang, mereka kesulitan untuk menembus ketatnya pertahanan tim tuan rumah. The Lilywhites akhirnya pulang dengan tangan kosong lantaran kalah 1-2.

The Lilywhites tak mampu mencetak satu gol pun pada babak pertama. Bahkan, mereka tertinggal 0-1 oleh gol Jacob Ramsey pada menit 8. Douglas Luiz yang tampil sebagai gelandang sejak menit pertama turut mencatatkan namanya di papan skor untuk The Villans pada menit 72. The Lilywhites hanya mampu mencetak satu gol lewat aksi Kane pada menit 90.

Performa kedua tim sama-sama mencuri perhatian di Premier League musim ini. Aston Villa sempat berada di posisi ketiga selama beberapa pekan sebelum akhirnya kembali turun ke peringkat keempat. Sedangkan, Tottenham sempat menjadi pemuncak klasemen selama beberapa pekan pada paruh pertama.

Baca Juga: 5 Rekrutan U-18 Termahal dalam Sejarah Tottenham Hotspur

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya