5 Pemain Termahal Manchester United dari Sesama Klub EPL

Manchester United dikabarkan dekat dengan Mason Mount

Manchester United salah satu klub top English Premier League (EPL). Klub berjuluk The Red Devils itu berhasil finis di posisi ketiga klasemen EPL 2022/2023. Pencapaian ini terbilang meningkat dibanding musim sebelumnya ketika mereka hanya mampu finis di posisi enam klasemen.

Menyambut gelaran EPL 2023/2024, The Red Devils dikabarkan ingin memperkuat skuad dengan mendatangkan beberapa pemain baru. Klub asuhan Erik ten Hag ini berniat untuk memboyong salah satu pemain Chelsea, Mason Mount. Kabar ketertarikan Manchester United terhadap pemain berusia 24 tersebut terus berhembus hingga kini.

Jika Mason Mount pindah ke The Red Devils, maka dia akan menjadi salah satu pemain yang dibeli Manchester United dari sesama klub EPL. Dalam sejarah klub, The Red Devils pernah mendatangkan sejumlah pemain dari sesama klub Liga Inggris. Bahkan, beberapa dari mereka ditebus dengan harga yang tidak murah.

Berikut lima pemain termahal Manchester United dari sesama klub EPL.

1. Harry Maguire

5 Pemain Termahal Manchester United dari Sesama Klub EPLHarry Maguire (instagram.com/harrymaguire93)

Harry Maguire menjadi pemuncak dalam daftar ini. Pemain berusia 30 tahun tersebut diboyong Manchester United dari Leicester City pada musim panas 2017. Saat itu, The Red Devils menebusnya dengan mahar mencapai 87 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

Maguire belum mampu tampil maksimal selama berseragam Manchester United. Bahkan, pemain kelahiran Sheffield tersebut beberapa kali melakukan blunder yang berakibat fatal bagi tim. Meski ditunjuk sebagai kapten di EPL 2022/2023, dia lebih sering duduk di bangku cadangan dengan hanya mencatatkan 16 pertandingan.

2. Romelu Lukaku

5 Pemain Termahal Manchester United dari Sesama Klub EPLRomelu Lukaku (manutd.com)

Romelu Lukaku direkrut Manchester United dari Everton pada musim panas 2017. Pemain berusia 30 tahun tersebut ditebus dengan mahar 84,7 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun setelah tampil gemilang selama berseragam Everton. Selama 3 musim membela The Toffees, dia mencatatkan 166 pertandingan dan mengoleksi 87 gol dan 29 assist.

Lukaku tercatat hanya 2 musim membela The Red Devils. Penampilan yang telah dia tunjukkan pun tak bisa dibilang buruk. Dari 96 penampilan yang dia catatkan, pemain asal Belgia tersebut berhasil mencetak 42 gol dan 13 assist. Pada 2022/2023, dia bermain untuk Inter Milan dan berhasil membawa klubnya melaju hingga ke babak final UEFA Champions League (UCL) alias Liga Champions Eropa 2022/2023.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual Manchester United ke Sesama Klub EPL

3. Aaron Wan-Bissaka

5 Pemain Termahal Manchester United dari Sesama Klub EPLAaron Wan-Bissaka (manutd.com)

Manchester United mendatangkan Aaron Wan-Bissaka pada musim panas 2019 dari Crystal Palace. Pemain yang saat itu masih berusia 21 tahun tersebut ditebus dengan harga 55 juta euro atau sekitar Rp875 miliar. The Red Devils yang saat itu dilatih sang legenda klub, Ole Gunnar Solskjaer, berharap Wan-Bissaka mampu bersaing di skuad meski masih berusia muda.

Pemain kelahiran London, Inggris, tersebut mampu menjadi pilihan utama di lini belakang The Red Devils pada musim pertamanya. Di Premier League 2019/2020, dia berhasil mencatatkan 35 pertandingan dan mengoleksi 4 assist. Sementara, di EPL 2022/2023, dia menjalani persaingan ketat untuk mengisi posisi bek kanan dengan Diogo Dalot.

4. Rio Ferdinand

5 Pemain Termahal Manchester United dari Sesama Klub EPLRio Ferdinand (manutd.com)

Manchester United memecahkan rekor transfer dunia untuk seorang bek pada 2002 dengan mendatangkan Rio Ferdinand. Pemain yang saat itu berusia 23 tahun tersebut diboyong dari Leeds United dengan mahar mencapai 46 juta euro atau sekitar Rp730 miliar. Bersama The Red Devils, dia berhasil membuktikan kualitasnya dan berhak dijuluki sebagai salah satu legenda klub.

Selama 12 musim membela The Red Devils, pemain yang memiliki nama lengkap Rio Gavin Ferdinand tersebut mencatatkan 455 pertandingan dan mengoleksi 8 gol dan 9 assist. Catatan tersebut sekaligus membuatnya termasuk dalam sepuluh pemain dengan penampilan terbanyak bersama The Red Devils sepanjang sejarah klub. Dia juga berhasil memenangi banyak gelar bersama The Red Devils, termasuk UCL 2007/2008.

5. Juan Mata

5 Pemain Termahal Manchester United dari Sesama Klub EPLJuan Mata (instagram.com/juanmatagarcia)

Juan Mata menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Setelah bermain untuk Chelsea selama lebih dari 2 musim pada 2011—2014, dia berlabuh ke Manchester united pada Januari 2014. Untuk mendatangkan pemain berpaspor Spanyol tersebut, The Red Devils harus merogoh kocek sebesar 44,7 juta euro atau sekitar Rp711 miliar. 

Berposisi sebagai gelandang, Juan Mata memiliki catatan yang cukup bagus bersama Manchester United. Dari 285 pertandingan, dia berhasil mengoleksi 51 gol dan 47 assist. Pemenang Piala Dunia 2010 itu juga mempersembahkan trofi UEFA Europa League (UEL) pada 2016/2017 untuk The Red Devils.

Dilansir Sky Sports,  sang juru taktik Manchester United, Erik ten Hag, telah kepincut dengan Mason Mount sejak menukangi Ajax. Penampilan buruk Chelsea pada 2022/2023 bisa menjadi keuntungan bagi The Red Devils untuk merekrutnya. Dengan nilai pasar yang Mount miliki saat ini, kepindahan ke Manchester united akan membuatnya masuk ke dalam daftar para pemain di atas.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Sesama Klub EPL, Ada Mac Allister!

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya