4 Penjualan Termahal Paris Saint-Germain, Mbappe Selanjutnya?

Ronaldinho salah satu penjualan termahal PSG

Kabar mengenai kepergian Mbappe dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2023 masih terus beredar. Meski Mbappe awalnya ingin bertahan hingga kontraknya selesai, PSG bersikeras ingin menjualnya pada musim panas ini. Hal itu lantaran PSG tak ingin Mbappe pergi dari Parc des Princes dengan status bebas transfer pada musim panas 2024. Real Madrid digadang-gadang menjadi kandidat terkuat untuk mendatangkan pemain berusia 24 tahun tersebut.

Jika Mbappe hengkang pada musim panas ini, klub yang merekrutnya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Secara otomatis, pemain Timnas Prancis tersebut juga akan menggeser nama-nama yang berstatus sebagai penjualan termahal PSG hingga saat ini. Siapa saja mereka?

1. Gonçalo Guedes

4 Penjualan Termahal Paris Saint-Germain, Mbappe Selanjutnya?Gonçalo Guedes (instagram.com/goncaloguedes17)

Gonçalo Guedes merupakan pemain termahal yang pernah dijual PSG hingga saat ini. Pada musim panas 2018, ia diboyong klub LaLiga, Valencia, dengan mahar sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp663 miliar. Saat itu, usianya masih 21 tahun.

Pemain asal Portugal tersebut menjadi bagian dari PSG sejak didatangkan dari Benfica pada Januari 2017. Bersama Les Parisiens, ia hanya mencatatkan 13 pertandingan dan mencetak 1 assist. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap tersebut juga tercatat telah mengoleksi 32 caps  dan mencetak 7 gol bersama tim nasional.

2. David Luiz

4 Penjualan Termahal Paris Saint-Germain, Mbappe Selanjutnya?David Luiz (instagram.com/davidluiz23)

Selanjutnya, ada mantan pemain timnas Brasil. Kepindahan David Luiz ke Chelsea pada musim panas 2016 menjadikannya masuk dalam daftar ini. Saat itu, ia diboyong dengan harga 35 juta euro atau sekitar Rp581 miliar.

David Luiz merupakan pemain yang malang-melintang di sepak bola Eropa. Selain PSG dan Chelsea, ia juga tercatat pernah berseragam Arsenal. Beberapa gelar bergengsi juga telah ia menangi, salah satunya ialah trofi Liga Champions 2011/2012 bersama Chelsea.

3. Ronaldinho

4 Penjualan Termahal Paris Saint-Germain, Mbappe Selanjutnya?Ronaldinho (instagram.com/ronaldinho)

Kepindahan Ronaldinho ke raksasa Spanyol, Barcelona, membuatnya masuk ke daftar ini. Pada musim panas 2003, ia diboyong dengan mahar sebesar 32,2 juta euro atau sekitar Rp535 milliar. Harga yang cukup fantastis pada saat itu.

Peraih Ballon d'Or 2005 tersebut bermain untuk Les Parisiens selama 2 musim pada 2001—2003. Selama itu, ia mencatatkan 77 pertandingan dan mencetak 25 gol dan 17 assist. Pada 2018, ia memutuskan pensiun dari dunia sepak bola.

4. Lucas Moura

4 Penjualan Termahal Paris Saint-Germain, Mbappe Selanjutnya?Lucas Moura (instagram.com/lucasmoura7)

Lucas Moura menjadi bagian dari PSG sejak didatangkan dari klub Brasil, Sao Paulo, pada Januari 2013. Saat itu, Les Parisiens dilatih oleh Carlo Ancelotti. Ia diproyeksikan untuk mengisi posisi penyerang sayap.

Setelah 5 musim berseragam PSG, ia hengkang ke Tottenham Hotspur dengan mahar 28,4 juta euro atau sekitar Rp535 milliar, tepatnya pada Januari 2018. Bersama PSG, ia mencatatkan 229 pertandingan dengan mencetak 46 gol dan 48 assist. Kontraknya bersama Lilywhites telah habis pada musim panas 2023 dan belum diketahui ke klub mana ia akan berlabuh.

Setelah Kehilangan Lionel messi yang hengkang ke Inter Miami, PSG juga terancam akan kehilangan pemain bintang lainnya, Kylian Mbappe. Meski begitu, PSG telah mendatangkan beberapa pemain baru untuk menghadapi musim 2023/2024. Nama-nama tenar seperti Marco Asensio, Milan Skriniar, dan Lucas hernandez menjadi rekrutan teranyar mereka.

Baca Juga: 5 Pelatih Paling Sering Memainkan Lucas Moura di Level Klub

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya